Yang Menyebabkan Harga Telur Ayam Ras Anjlok

0 Comments

Untuk melengkapi kebutuhan protein, masyarakat Indonesia mengkonsumsi telur ayam sebagai kudapan utama. Dengan manfaatnya bagi kesehatan, permintaan akan telur terus mengalami peningkatan. Di setiap pasar dan toko sembako, keberadaan telur ayam merupakan hal yang wajib ada. Tak mengherankan jika harga jual dari telur ayam selalu diketahui oleh para konsumennya. Meskipun demikian, harga jual telur ayam mengalami perubahan yang sangat drastis. Harga ayam anjlok akibat keberadaan telur ayam HE atau infertil.

Telur ayam yang dijual di pasaran merupakan telur ayam ras. Biasanya, telur ayam jenis ini dijual dengan harga Rp. 21.000 hingga Rp. 30.000. Harga jual telur ayam dapat berubah-berubah sesuai dengan ketentuan pasar. Akibat keberadaan ayam infertil, harga jual telur ayam ras mengalami penurunan yang amat tajam. Di beberapa kota, harga telur dari ayam ras hanya menginjak Rp. 11.000 saja. Harga jual tersebut tentunya akan mendatangkan kerugian bagi pedagang. Untuk harga telur ayam infertil, telur ayam dijual dengan harga Rp. 7.000 hingga Rp. 10.000. Harga jual telur tersebut sangatlah murah dan dapat mengganggu harga pasar. Guna mengeluarkan stok telur ayam di gudang, telur ayam ras dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga normal. Telur dari ayam ras harus bersaing dengan telur ayam infertil.

Telur ayam HE atau telur infertil merupakan telur yang tak layak konsumsi. Telur jenis ini hanya dapat dikonsumsi jika telur tidak melebihi usia 7 hari semenjak telur dikeluarkan oleh peternak. Jika melebihi waktu tersebut, telur ayam tidak berada dalam kualitas yang baik lagi. Perlu untuk diketahui, telur ayam HE merupakan jenis telur yang mudah untuk membusuk. Jika tidak segera dikonsumsi, telur ayam akan mengalami kerusakan dan tak layak konsumsi. Termasuk sebagai telur ayam buangan peternak, telur ayam dijual dengan harga yang amat murah.  Hanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi semata, penjual telur ayam infertil tak segan untuk memasarkannya. Agar terhindar dari hal yang merugikan, kita sebaiknya tidak mengkonsumsi telur ayam infertil.