Wisata Muslim Spanyol, Destinasi Religi Terbaik di Eropa

0 Comments

Spanyol adalah sebuah negara di Eropa bagian barat daya yang berbentuk kerajaan. Negara tersebut dikenal memiliki prestasi yang cukup bagus dalam olahraga sepak bola. Negara dengan ibukota Madrid tersebut juga dikenal dengan aksi matador yang bertarung melawan banteng. Kekhasan dan keunikan tersebut memang menjadi daya tarik dari negara monarki tersebut.

Sedangkan untuk penduduk Spayol mayoritas memeluk agama Katolik, jumlahnya  yaitu sekitar 76%, sisanya adalah mereka pemeluk agama lain. Meskipun mayoritas penduduk Spanyol beragama Katolik namun bukan berarti tidak layak dikunjungi oleh umat muslim. Spanyol juga memiliki cukup banyak destinasi wisata halal yang khusus disediakan untuk wisatawan beragama Islam.

Perjalanan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata halal di Spanyol bisa Anda lakukan bersama paket tour yang disediakan oleh biro travel. Biasanya biro travel terpercaya seperti https://www.hayatuntour.com/ misalnya akan membuatkan paket wisata halal terbaik dengan berbagai negara tujuan. Anda bisa memilih negara Spanyol untuk dikunjungi.

Sebelum melakukan perjalanan wisata halal di Spanyol ada baiknya Anda lihat dulu dimana saja destinasi terbaik untuk umat muslim di negara tersebut. Inilah daftar beberapa tempat tujuan wisata halal terbaik yang ada di Spanyol

Destinasi Wisata Halal Terbaik di Spanyol

Aandalucia atau Andalusia

Bicara tentang wisata halal yang ada di Spanyol memang tidak bisa dilepaskan dari daerah yang disebut dengan Andalusia. Kota ini berada di sisi selatan dari negara Spanyol dengan kultur yang unik sekaligus cantik dan mengesankan. Pada zaman dulu, Andalusia pernah begitu ternama sebagai pusat budaya, seni dan keilmuan di Eropa. Dan di sinilah juga terletak kota-kota saksi sejarah peradaban agama Islam.

Di Andalusia inilah setidaknya terdapat 5 kota yang menjadi bagian dari peradaban dan perkembangan agama Islam. Kelima kota tersebut yaitu Cordoba, Sevilla, Granada, Toledo dan juga Madrid yang merupakan ibukota Spanyol. Kalau kita berkunjung ke sana akan menyaksikan sendiri bagaimana kota-kota di Andalusia tersebut berderet indah seperti muatiara.

Di Granada misalnya kita akan bisa menyaksikan Alhambra, sebuah bangunan istana sekaligus benteng yang arsitekturnya dipengaruhi budaya Islam dan Kristen. Bangunan bergaya renaissance tersebut pasti akan membuat Anda kagum melihatnya.

Museum Nasional Cataluna di Barcelona

Tempat selanjutnya yang bagus untuk dikunjungi dalam perjalanan wisata halal di Spanyol yaitu Museum Nasional Cataluna. Museum tersebut berada di Barcelona, kota yang sangat ternama di Spanyol. Museum yang dalam bahasa aslinya bernama Museu Nacional d’Art de Cataluna. Untuk mempermudah menyebutkannya orang menyingkatnya dengan MNAC saja.

Ada apa saja di dalam MNAC Barcelona tersebut? Di tempat tersebut kita akan menyaksikan hasil karya seni rupa yang indah yang berasal dari berbagai masa. Karya seni rupa yang disimpan di dalam museum tersebut berasal dari masa Baroque hingga zaman modern sekarang ini. MNAC akan menjadi tempat terbaik bagi mereka yang memang sangat mencintai seni rupa.

Jalan-jalan Anda di museum tersebut akan semakin menyenangkan jika berlangsung hingga malam hari. Berbagai atraksi menarik seperti air mancur menari dan kelap-kelip lampu warna-warni ditampilkan di halaman museum. Menarik bukan?

Mezquita del Cristo de la Luz

Ini adalah sebuah masjid jami pertama yang ada di Kota Toleda, Andalusia. Masjid tersebut didirikan pada zaman Moor dengan kontruksi yang dikenal dengan nama Mez quita Bab-al-Mardum. Pada bagian ujung barat daya dari masjid tersebut kita akan bisa melihat tulisan dengan huruf Arab. Tulisan tersebut menceritakan perkembangan masjid dari masa ke masa.

Gaya arsitektur yang digunakan pada masjid Mezquita del Cristo de la Luz sangat unik karena mengusung perpaduan beberapa budaya. Gerbang bergaya tapak kuda yang melengkung terdiri dari 9 bagian yang rumit. Begitu juga dengan pilar-pilar atau tiang yang terdapat pada masjid tersebut.

La Madrasa di Granada

La Madrasa yang berada di Kota Granada tersebut merupakan bangunan yang berfungsi sebagai sekolah dan masjid. Didirikan pada zaman Sultan Granada, Raja Nasrid Yusuf I pada tahun 1349. Sekolah La Madrasa di Granada tersebut menjadi pusat untuk belajar berbagai ilmu. Sebut saja teologi, matematika, astronomi, geometri hingga kedokteran.

Bangunan peninggalan Raja Yusuf I tersebut dibuat dengan marmer putih pada bagian lantainya. Sedangkan pada bagian depan bangunan kita akan menemukan prasasti dengan tulisan berupa puisi dan kalimat-kalimat filsafat di dalamnya. Bangunan yang hingga sekarang diurus oleh Universitas Granada tersebut memang menjadi salah satu bukti budaya keilmuan yang tumbuh pada abad ke 14.