Pilihan Warna Cat Motor yang Bagus

0 Comments

 

Memilih warna cat motor yang bagus untuk para pecinta motor merupakan suatu hal penting yang menjadi pertimbangan seseorang memutuskan membeli atau tidak kendaran berroda dua tersebut. Sebab ada beberapa pembeli yang lebih mengutamakan penampilan dari pada mesin dan kemampuan dari kendaraan tersebut.

Warna cat motor yang banyak disukai adalah warna yang gelap dan solid misalnya hitam, merah, silver dan lainnya. Maka dari itulah kendaraan berrodadua ini kebanyakan berwaran hitam dan juga silver.

Warna cat motor yang bagus misal hitam dan silver mempunyai pigmen yang memang tidak gampang luntur meskipun kerap terkena sinar matahari. Namun jangan diartikan motor kamu bebas selalu dijemur di bawah terik matahari. Kelamaan lama solid tersebut juga bisa pudar jga.

Untuk itu sebaiknya lindungi warna cat motor kamu dengan cara menaruhnya di tempat yang teduh. Atau kamu juga bisa membeli cover motor atau sarung motor yang dapat di bawa kemana-mana. Agar motor kamu bisa tetap aman dan dapat terlindung dari panasnya sinar matahari yang dapat membakar apa saja.

Bagi kamu pecinta modifikasi spek air-brush ada beberapa warna cat motor yang lebih cepat pudar, namun bisa tetap memperindah motor kamu bila kamu tetap ingin mengecat motor kesayangan kamu. Warna tersebut ialah warna yang terang dan warna stabilo.

Warna tersebut akan mudah sekali pudar bila terlalu sering terkena sinar matahari. Solusinya kamu perlu membawa motor kamu yang sudah dimodifikasi dengan warna terang atau stabilo tersebut berada di tempat yang teduh. Atau pakai motor kesayanganmu tersebut saat sore atau malam hari.

Cara untuk mengecat Motor dengan warna cat yang bagus

Peralatan serta bahan untuk mengecat motor sebagai berikut:

  1. amplas kayu minimal berukuran 2000 dan juga dempul. Bahan tersebut berfungsi untuk membuat permukaan motor yang akan kamu cat menjadi rata. Dan bisa menutup retakan pada motor sebelum dan setelah proses pengamplasan.
  2. Epoxy berfungsi untuk menjadikan hasil warna dari cat motor menjadi lebih mengkilap seperti baru. Pakai merk yang model semprot khusus untuk motor.
  3. Thinner, ini adalah bahan campuran untuk cat motor nanti.
  4. Cat motor, pakai cat motor yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Jangan sembarangan membeli cat tembot untuk dijadikan sebagai cat kendaraan. Lebih baik pakai cat dengan merk yang sudah familiar agar cat tidak mudah luntur.
  5. Clear coat, memiliki fungsi sebagai finishing supaya motor kamu akan nampak terlihat baru.
  6. Lakban kertas dipakai untuk menutupi/ melindungi part yang tidak akan kamu cat yang letaknya berdekatan dengan bagian yang ingin kamu cat.

Alat yang digunakan untuk mengecat motor sebagai berikut:

  • Sprygun

Merupakan alat semprot yang mudah untuk dijumpai pada toko peralatan teknik. Bila kamu ingin mengecat motor dengan alat ini, pastika luasan target yang ingin kamu cat tidak kecil. Bila kamu ingin mengecat partnya saja lebih baik jangan memakai sprygun sebab akan menghabiskan banyak biaya.

  • Speedcat

Alat ini hampir sama dengan sprygun. Tetapi jumlah tampung catnya lebih banyak speedcat jika dibandingkan dengan sprygun.

  • Cat semprot/ pilox

Alat satu ini merupakan cara yang paling mudah dan juga murah ketika ingin mengecat beberapa bagian motor saja.

Jika kamu menyukai dunia motor seperti ini dan ingin lebih handal dan ingin belajar lebih kamu dapat mengikuti kursus mekanik motor. Yang bisa kamu pelajari bagaimana cara mengecat motor yang benar atau pemilihan warna yang bagus untuk motor.

Cara untuk memilihara warna cat Motor

  • Hindarkan dari tempat yang terik saat memarkirkannya

Bila terlalu sering memarkirkan motor kamu di tempat yang terbuka dan dengan langsung terkena sinar matahari. Sebaiknya kamu bawa sarung motor atau cover motor supaya dapat melindungi motor kamu dari bahaya sinar matahari yang membuat warnanya cepat pudar.

  • Bersihkan debu yang menempel dan membandel yang ada di motor

Mungkin bisa sangat merepotkan bila setiap hari perlu membersihkan debu yang setiap harinya selalu menempel di motor kesayangan kamu. Namun,memang debu tersebut dapat mengurangi kecerahan motor bahkan bisa membuat permukaan motor menjadi tergores. Cara membersihkan debu-debu yang membandel tersebut dengan menyiram motor menggunakan air kemudian dilap dengan kain microfiber atau kanebo.

  • Jangan mencuci motor menggunakna detergen atau sabun colek

Banyak orang yang berpikiran untuk lebih hemat namun malah salah sangka. Dua jenis tipe sabun tersebut mempuyai kandungan kimia yang keras yang bisa membuat warna cat motor menjadi pudar. Bila ingin mencuci motor kamu sebaiknya pakai sabun atau shampoo khusu digunakan untuk motor.

  • Cepat bilas motor kamu dengan memakai air bersih usai terkena air hujan

Air hujan memiliki kandungan zat asam nitrat yang bisa meninggalkan noda di kendaraan kamu bila tidak segeran membilasnya dengan air bersih.

Di atas merupakan cara yang mudah yang bisa kamu lakukan setip harinya untuk bisa merawat warna cat motor kamu untuk selalu tampil dengan bagus dan tidak cepat pudar maupun kusam.