Pentingnya Advertising untuk Usaha Waralaba

0 Comments

 

Seiring perkembangan zaman, makin banyak model bisnis yang dikenal dalam dunia usaha. Salah satu yang sangat diminati adalah bisnis franchise atau disebut juga usaha waralaba karena usaha ini lebih brand sudah dikenal sehingga bisnis mudah berkembang dan lebih cepat menghasilkan. Meski demikian, bisnis waralaba pun membutuhkan kegiatan advertising seperti jenis usaha lainnya.

Mengenal Bisnis Waralaba

Bisnis franchise atau waralaba adalah bisnis yang dilakukan dengan cara mendapatkan hak untuk menjual suatu produk, jasa, atau layanan dengan brand yang sudah ada. Untuk mendapatkan hak tersebut, Anda harus membayar franchise fee yaitu biaya yang dibayar di awal sebelum usaha tersebut dimulai. Setelah usaha mulai berjalan, Anda diwajibkan untuk membayar royalti fee.

Setiap jenis usaha memiliki kelebihan dan kekurangan, demikian juga dengan usaha waralaba. Apa saja kelebihan dan kekurangannya, berikut penjelasannya.

  1. Kelebihan:
  • Manajemen bisnis sudah terbangun karena Anda berbisnis menggunakan bendera perusahaan yang sudah besar dan memiliki reputasi bagus.
  • Brand sudah dikenal luas oleh masyarakat sehingga Anda tidak perlu repot-repot membangun brand dan pemasarannya pun lebih mudah.
  • Anda akan mendapatkan pelatihan dari pemilik usaha di bidang pemasaran, pengelolaan keuangan, advertising, dan sebagainya.
  • Berpeluang mendatangkan untung yang besar karena brand sudah dikenal, tetapi semua tergantung pada Anda selaku pemegang hak waralaba.
  • Pengelolaan keuangan lebih mudah karena sistemnya sudah ditetapkan oleh franchisor (pemilik usaha).

 

  1. Kekurangan:
  • Anda tidak bisa memilih supplier lain karena sudah ditentukan oleh pemilik usaha.
  • Reputasi sangat dipengaruhi oleh pemegang waralaba yang lain.
  • Karena semua sistem sudah ditentukan oleh pemilik usaha, ruang gerak Anda terbatas, termasuk dalam memberikan ide-ide kreatif.

Apa Pentingnya Advertising untuk Usaha Waralaba?

Karena dijalankan di bawah bendera perusahaan lain dan menggunakan brand yang sudah terkenal, banyak yang menganggap bahwa advertising bukanlah hal penting dalam bisnis waralaba. Persepsi seperti ini tentu keliru.

Sebagaimana telah disinggung dalam penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan bisnis waralaba di atas, usaha ini memang berpeluang mendatangkan untung besar. Namun, hal itu sangat tergantung pada Anda sebagai orang yang menjalankan usaha tersebut. Meskipun brand sudah terkenal, promosi tetap penting karena beberapa alasan berikut ini.

  1. Memperkenalkan Keberadaan Usaha Anda

Penerima hak waralaba memang tidak perlu repot memperkenalkan brand dan produk yang dijual karena pihak franchisor (pemilik usaha) sudah melakukan promosi dalam berbagai bentuk dan media yang berskala nasional. Namun, Anda tetap harus melakukan promosi dengan target pelanggan yang ada di sekitar gerai waralaba Anda.

Agar keberadaan usaha Anda diketahui oleh masyarakat, dibutuhkan aktivitas promosi. Ingatlah bahwa yang dikenal oleh masyarakat adalah brand dan produknya, tetapi tidak dengan gerai Anda, apalagi jika usaha tersebut masih baru dijalankan. Anda harus melakukan promosi yang spesifik sesuai dengan karakteristik target pasar.

  1. Meningkatkan Daya Saing

Menjalankan bisnis waralaba bukan berarti Anda tidak punya kompetitor. Anda tetap harus bersaing (dalam konotasi positif) dengan sesama penerima waralaba. Salah satu strategi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan daya saing adalah dengan melakukan promosi. Meskipun brand yang diusung sama, Anda bisa mendesain materi iklan yang khas dan unik. Namun, tetap perhatikan ketentuan dari pemberi waralaba.

  1. Meningkatkan Penjualan

Desain gambar pada materi promosi memiliki kekuatan untuk memancing rasa penasaran konsumen, bahkan mendorong konsumen untuk membeli produk Anda lebih banyak. Dengan demikian, Anda bisa meningkatkan penjualan dan otomatis mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Agar aktivitas promosi bisnis waralaba Anda efektif, tepat sasaran, dan mencapai tujuannya, ada beberapa strategi promosi yang penting untuk diperhatikan, yaitu:

  • Tetapkan target audiens atau kelompok masyarakat yang akan disasar oleh iklan Anda. Hal ini penting sebagai bahan pertimbangan dalam membuat media iklan yang paling tepat.
  • Beriklan juga perlu memperhatikan waktu. Ada momen tertentu yang bisa menjadi waktu yang tepat untuk melakukan advertising. Anda bisa memilih hari-hari besar atau acara tertentu yang sejalan dengan image produk untuk melakukan promosi.
  • Pilih vendor jasa advertising yang tepat, yaitu yang sudah berpengalaman dalam merancang, membuat, sekaligus memasang media promosi seperti Apkreasi sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan serta menghemat waktu dan biaya.

Meskipun memiliki sistem yang berbeda, menjalankan usaha waralaba pada dasarnya sama seperti menjalankan usaha lainnya. Anda tidak dapat bergantung sepenuhnya kepada franchisor. Maju atau tidaknya bisnis waralaba sangat tergantung pada cara Anda mengelolanya, termasuk dalam melakukan promosi.