Belajar Tentang Tulisan Arab Assalamualaikum

0 Comments

Ucapan salam merupakan salah satu ucapan yang sering diucapkan terutama saat bertemu dengan orang. Ucapan salam juga diucapkan saat melakukan pidato atau sambutan. Orang – orang juga akan mengucapkan salam saat memasuki ruangan.

Ada beberapa macam ucapan salam yang diucapkan berdasarkan bahasa dan agama. Umat muslim juga memiliki ucapan salam yang khusus. Ucapan salam dari umat muslim adalah Assalamu’alaikum. Ucapan salam ini sering diucapkan dimana saja dan kapanpun. Sehingga menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari umat muslim.

Ucapan assalamu’alaikum memiliki arti doa yaitu semoga kamu diberi keselamatan. Ucapan assalamu’alaikum sendiri memiliki bentuk yang lebih panjang yaitu assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuhu. Arti dari ucapan salam ini adalah semoga Allah memberikan keselamatan, rahmat, dan keberkahan untukmu.

Bagi seorang muslim, mengucapkan salam adalah hal yang mubah atau boleh dilakukan secara sukarela. Akan tetapi, menjawab salam yang telah diucapkan seseorang hukumnya adalah wajib. Inilah salah satu cara Islam bagaimana menjaga hubungan yang baik antar sesama manusia.

Ucapan assalamu’alaikum sering dituliskan dalam bentuk tulisan latin dan tulisan Arab. Beberapa orang menggunakan kata singkatan untuk menuliskan assalamu’alaikum pada tulisan latin seperti Ass, Assalamu’alaikum Wr. Wb., dll. Penulisan tersebut sebaiknya tidak disingkat untuk menghindari makna yang tidak sesuai.

Agar makna ucapan salam assalamu’alaikum lebih tersampaikan dengan baik, sebaiknya ucapan salam tersebut dituliskan dalam bentuk bahasa Arab. Menuliskan tulisan arab dari assalamu’alaikum cukup sulit. Hal ini dikarenakan ada banyak huruf Arab dan harokat atau tanda baca yang menyertai. Oleh karena itu, tidak banyak orang yang memilih untuk menuliskan tulisan Arab dari assalamu’alaikum.

Pentingnya Belajar Bahasa Arab dengan Benar

Pixabay.com

Untuk bisa menuliskan tulisan Arab dari assalamu’alaikum dengan benar, ada baiknya jika kamu mulai belajar mengenai bahasa Arab. Sehingga, kamu bisa mengerti fungsi dari setiap harokat yang ada pada tulisan tersebut beserta maknanya.

Mempelajari bahasa Arab memberikan keuntungan tersendiri bagi setiap muslim. Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan dalam agama Islam. Kitab Suci Al Qur’an ditulis dalam bahasa Arab. Selain itu, Al Hadits dan beberapa kitab karangan ulama terdahulu juga ditulis dalam bahasa Arab. Sehingga, jika seorang muslim ingin mempelajari tentang agama Islam lebih dalam lagi, maka ia harus mulai belajar bahasa Arab.

Bahasa Arab juga sangat penting dipelajari terutama bagi orang yang ingin melanjutkan kuliah di negara yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi seperti negara di Timur Tengah dan Afrika Utara. Negara – negara tersebut terkenal dengan universitas yang berfokus pada pengajaran agama Islam. Maka, tidak heran jika syarat utama untuk belajar di sana adalah dengan mempelajari bahasa Arab.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin bekerja di sana juga harus bisa menguasai bahasa Arab. Hal ini dikarenakan hampir semua tulisan yang ada pada dokumen, petunjuk jalan, label makanan dan minuman, serta bahasa komunikasi akan menggunakan bahasa Arab. Oleh karena itu, penguasaan bahasa Arab menjadi hal yang sangat penting dilakukan.

Belajar bahasa Arab tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk mempelajari bahasa Arab, seseorang membutuhkan proses yang cukup panjang dan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan tingkat kesulitan bahasa Arab yang melebihi bahasa lainnya. Misalnya, banyak subyek, jenis kata kerja, tata kalimat, dll. Sehingga, mempelajari bahasa Arab membutuhkan guru yang baik dan sumber ilmu yang jelas.

Belajar Bahasa Arab di Kampung Arab

Pixabay.com

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Arab secara benar dan terarah adalah dengan belajar di lembaga kursus bahasa Arab. Ada banyak lembaga kursus bahasa Arab di Indonesia. Salah satunya adalah Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar yang ada di Pare, Kediri, Jawa Timur.

Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar dibentuk sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap perkembangan pendidikan bahasa Arab yang ada di Indonesia. Lembaga ini mempunyai visi sebagai lembaga kursus bahasa Arab terbaik di Indonesia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar dilengkapi dengan fasilitas gedung yang baik serta tenaga pengajar yang profesional. Sehingga, kualitas pembelajaran yang dilaksanakan dapat terpenuhi kualitas mutunya.

Selain itu, Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar juga menjalin kerja sama dengan beberapa universitas dan lembaga di Timur Tengah. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi para siswa yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan di beberapa negara yang ada di Timur Tengah.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka kelas pembinaan program Timur Tengah diadakan. Para siswa yang ingin masuk pada kelas tersebut harus mempunyai kemampuan bahasa Arab paling tidak dalam tingkat dasar. Sedangkan para siswa yang belum memiliki kemampuan bahasa Arab sama sekali, bisa mengikuti program kelas Bahasa Arab Dasar dan Full Time.

Untuk mengetahuo informasi yang lebih detail tentang program yang ada di Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar, kamu bisa melihat informasi yang ada di website alazharpare. Website tersebut juga memuat informasi tentang staf pengajar yang ada di lembaga tersebut.