Tujuan Dibentuknya Kegiatan Ekonomi Makro Dalam Kehidupan

0 Comments

 

Ekonomi makro menjadi salah satu bagian ekonomi yang tak terpisahkan. Bagian ini akan mempelajari masalah mekanisme perekonomian beserta sistem kerjanya secara keseluruhan. Kebijakan ini juga bisa digunakan dalam menganalisis segala macam target kebijaksanaan seperti adanya pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, inflasi, hingga keseimbangan neraca pembayaran.

Makro menjadi salah satu kebijakan yang dirasa menguntungkan ke dalam suatu perekonomian. Kegiatan ini dilakukan untuk tujuan mengatasi berbagai masalah yang ditimbulkan dalam hal perekonomian. Mengingat saat ini ada banyak sekali kebijakan makro yang digulirkan dalam mengatasi segala macam permasalahan. Berikut adalah tujuan dijalankannya kebijakan makro.

Tingkat Kesempatan Kerja Tinggi

Tujuan pertama dari adanya kebijakan ekonomi untuk makro adalah dalam rangka meningkatkan kesempatan kerja. Seperti yang kita tahu jika saat ini terdapat banyak sekali pengangguran yang memberikan dampak nyata pada sektor kehidupan kita baik dari segi sosial atau pun ekonominya.

Pengeluaran kebijakan ini akan membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran sampai tingkat full employment. Sehingga setiap lapangan kerja baik dari sektor swasta atau pun pemerintah dapat diisi dengan maksimal.

Produksi Nasional Tinggi

Tujuan adanya kebijakan ini juga diperuntukkan untuk meningkatkan produksi nasional tinggi. Tinggi rendahnya kapasitas produksi sangat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya investasi. Investasi ini akan sangat berhubungan dengan tabungan dalam suatu negara. Sehingga, kebijakan ini akan sangat membantu negara dalam meningkatkan tingkat produktivitas masyarakat.

Keadaan Perekonomian Yang Stabil

Tujuan lain diselenggarakan adanya kebijakan makro adalah untuk membuat perekonomian yang lebih stabil. Ekonomi yang stabil sangat dipengaruhi oleh adanya pendapatan, kesempatan kerja, serta kestabilan barang secara umum. Ekonomi yang stabil ini bukan berate kondisi ekonomi yang senantiasa tinggi namun sebuah kondisi yang ditandai dengan adanya tingkat pendapatan serta harga yang senantiasa wajar.

Distribusi Pendapatan Yang Merata

Salah satu permasalahan ekonomi yang banyak dialami oleh beberapa negara adalah pendapatan yang kurang merata. Selalu adanya jurang nyata antara si kaya dan si miskin inilah yang membuat kondisi perekonomian begitu mengkhawatirkan. Sehingga harapannya dengan adanya kebijakan ekonomi makro mampu mengilangkan gap atau jurang pemisah yang selama ini tertanam. Kebijakan ekonomi ini berfungsi dalam rangka menghasilkan tatanan kehidupan yang adil, merata, dan makmur di setiap lapisan masyarakatnya. Sehingga tak terdapat lagi kesenjangan sosial yang kian memperburuk perekonomian.