Perlukah TOEFL Preparation?

0 Comments

TOEFL memang saat ini tengah banyak diminati khususnya masyarakat Indonesia. Hal ini tentu karena sertifikat TOEFL sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai persayaratan masuk ke berbagai tempat seperti instansi pemerintah, perusahaan, hingga di dalam dunia pendidikan baik itu sebagai persyaratan masuk dunia pendidikan maupun persyaratan untuk beasiswa. Nah untuk menaklukkan TOEFL tentunya juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu peserta perlu untuk belajar TOEFL dengan maksimal sebelum hari H. Selain itu TOEFL preparation juga diklaim dapat banyak membantu peserta untuk sukses dalam mengikuti TOEFL.

Keuntungan Adanya TOEFL Preparation

Nah salah satu langkah agar kita lebih siap untuk menaklukkan TOEFL adaah dengan mengikuti TOEFL preparation yang diadakan oleh lembaga kursus, melalui media-media online, atau mengadakannya secara mandiri. Namun jika Anda mengikuti bimbingan baik melalui lembaga kursus atau media online, Anda akan dimbimbing, dilatih, dan juga dipersiapkan dengan baik oleh para mentor. Selain itu ditengah tuntutan harus menyelesaikan soal TOEFL yang banyak dan dalam waktu yang singkat, tentu wawasan mengenai trik dan tips menaklukkan TOFL juga merupakan hal yang penting. Nah hal tersebut biasanya akan kita dapatkan dari mentor. Nah TOEFL preparation sendiri sebenarnya memiliki beberapa fungsi yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat kita memiliki lebih banyak pengetahuan tentang TOEFL.
  2. Membuat kita lebih siap untuk menghadapi tes TOEFL baik itu secara mental atau materi.
  3. Lebih terlatih dalam menghadapi model-model soal yang kemungkinan nantinya akan keluar di TOEFL.
  4. Memiliki kesempatan untuk mendapatkan skor TOEFL yang cukup tinggi.

Tips TOEFL Preparation

Pada pelaksanaan TOEFL, tentu mendapatkan skor tertinggi adalah keinginan dari setiap peserta. Pasalnya semakin tinggi skor TOEFL kita maka akan semakin luas peluang yang terbuka untuk kita masuki. Untuk itu sebelum masuk hari  H, hendaknya peserta belajar TOEFL dengan cermat serta mempersiapkan berbagai materi yang nantinya muncul dalam TOEFL. Nah dalam hal ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat TOEFL preparation yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencari banyak informasi tentang TOEFL prepartion. Hal ini bertujuan untuk membantu kesiapan Anda dalam mengasah kemampuan khususnya skill dalam bidang yang diujikan seperti listeningm speaking, reading, dan juga writing. Selain memperbanyak informasi tentang materi, perlu juga untuk memperbanyak informasi seputar tips mengerjakan soal-soal TOEFL.
  2. Perbanyak berlatih soal-soal TOEFL juga menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan. Dalam hal ini Anda bisa mencari soal-soal dari buku maupun internet yang sudah banyak tersedia untuk saat ini. Jangan lupa juga cari soal-soal terkait listening untuk terus mengasah kemampuan Anda. Rajin berlatih soal akan sangat bermanfaat untuk mengenal model-model soal serta cara menaklukkannya, sehingga apabila soal TOEFL Anda rasa sudah familiar, maka akan lebih mudah untuk ditakhlukkan.
  3. Selain memperbanyak mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan TOEFL, mengikuti simulasi juga menjadi hal yang penting. Dari simulasi ini Anda dapat melakukan uji coba terkait materi serta tips yang sebelumnya telah Anda pelajari. Dari sini Anda juga dapat melakukan evaluasi tentang bagian mana yang harus diperbaiki sehingga lebih matang saat mengikuti TOEFL.  Dalam hal ini Anda dapat mengikuti simulasi secara online yang disediakan oleh website ETS maupun website yang lain.
  4. Selain memperbanyak materi, berlatih speaking juga menjadi hal yang penting. Sebab nantinya peserta TOEFL akan diminta untuk membaca dan memberi opini tentang topik yang telah dipilih. Nah pada saat sesi speaking berlangsung, biasanya peserta akan memakai headphone untuk mendengarkan perintah serta microphone untuk berbicara.
  5. Jangan lupa mempersiapkan keterampilan writing dengan baik. Iya pada sesi writing, pada umumnya peserta akan diminta untuk menuliskan essay berdasarkan dengan apa yang telah dibaca dan didengar. Dalam hal ini, peserta diminta untuk memberikan opini yang kuat terkait topik yang dibicarakan. Untuk itu hendaknya Anda harus lebih mengasah kemampuan menulis sebuah paragraf, seputar penggunaan tanda baca, serta menuliskan ide pokok dari opini Anda sehingga hasilnya akan memuaskan.
  6. Disamping Anda belajar TOEFL secara mandiri, Anda juga dapat melakukan TOEFL preparation bersama lembaga kursus yang telah mumpuni. Iya ketika belajar di lembaga kursus, Anda akan memiliki tutor yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk terus meningkatkan keterampilan Anda dalam menakhlukkan soal-soal TOEFL.

Nah itu dia beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti TOEFL. Selain itu motivasi dan semangat yang tinggi tentu juga akan berpangaruh pada tingkat kesuksesan Anda nantinya. Tujuan yang telah Anda cita-citakan dapa dijadikan sebagai bahan motivasi untuk sukses menghadapi TOEFL. Yang jelas pada saat mengerjakan soals-soal TOEFL, hendaknya Anda harus lebih berhati-hati, teliti dalam mencermati soals-soal, tidak boleh mengerjakan secara asal-asalan, dan membiasakan diri untuk berfikir cepat. Iya mengingat banyaknya soal yang nantinya diujikan, pastikan Anda tidak menghabiskan banyak waktu untuk membaca soal-soal yang panjang. Untuk menaklukkan TOEFL memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, untuk itu TOEFL preparation menjadi hal penting untuk mempersiapkan kematangan Anda.