Tips Mengatasi Telat Datang Bulan 1 Minggu

0 Comments

Bagi perempuan menstruasi menjadi salah satu siklus yang datang setiap bulannya. Lama waktu seorang mengalami haid atau datang bulan adalah kurang lebih tujuh hari. Namun karena sebab tertentu, sering kali wanita mengalami keterlambahan. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kehamilan, stress, ketidakseimbangan hormon dan lain sebagainya. Jika waktu keterlambatan haid 1 hingga 3 minggu, berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar haid kembali lancar.

  1. Mengkonsumsi kunyit

Kunyit sejak dahulu dipercaya sebagai pelancar datang bulan. Meminum rebusan kunyit dapat membuat hormon dalam tubuh menjadi seimbang. Sifat antispasmodic dan anti inflamasi yang terkandung dalam kunyit, juga mampu meredakan kram saat datang bulan tiba.

  1. Mengkonsumsi jahe

Mengkonsumsi rebusan air jahe dapat meningkatkan aliran darah. Anda dapat menyampurkan madu atau gula untuk menambah rasa pada rebusan jahe tersebut. selain itu, manfaat lain dari mengkonsumsi rebusan air jahe adalah untuk meredakan nyeri datang haid.

  1. Tidur tepat waktu

Waktu tidur yang berantakan, ditambah lagi kualitas tidur yang buruk. Membuat hormon stress dalam tubuh meningkat lebih cepat. Seperti yang kita ketahui, penyebab keterlambat datang bulan 1 sampai 3 minggu salah satunya karena stress. Tidur tepat waktu dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar, sehingga kecenderungan untuk stress pun bisa diminimalisir.

  1. Olahraga yang cukup

Kurang olahraga juga bisa menjadi salah satu alasan terlambatnya menstruasi. Ketika seseorang berolahraga, maka tubuhnya akan mengeluarkan hormon yang membuat lebih bahagia. Stress yang menjadi salah satu sebab seseorang telat datang bulan, bisa dicegah dengan membuat tubuh merasa bahagia.

  1. Minum jus wortel

Ketidakseimbangan hormon juga menjadi penyebab menstruasi terlambat. Wortel yang banyak mengandung vitamin seperti A, C, B6, kalium, serat, folat, mampu mengembalikan keseimbangan horman pada tubuh. Zat besi yang terkandung di dalamnya juga bisa memperlancar datang bulan.

  1. Kurangi konsumsi kafein

Kafein yang terkandung dalam kopi misalnya, sedikit banyak dapat menghambat proses datang bulan. Konsumsi kopi atau kafein berlebihan akan membuat hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan membuat level stress menjadi naik. Mengurangi makanan atau minuman yang banyak mengandung kafein perlu untuk dilakukan agar menstruasi kembali lancar.