Syarat Masuk Stan Terkenal Susah, Berikut Tips Lolos Tes USM Yang Perlu Anda Tahu

0 Comments

Ketentuan untuk masuk ke STAN, terbagi dari syarat administrasi dan Ujian Saringan Masuk (USM). Pada tahap ujian masuk saringan inilah, akan dilakukan pemilihan ketat dengan tes yang terkenal sulit. Pada tahun 2018, hanya sekitar 7,000 an peserta yang diterima dari total 140 ribu lebih pendaftar. Berarti, Anda perlu meraih nilai UMS setinggi mungkin agar lolos syarat masuk STAN. Untuk bantu Anda, berikut ini adalah tips dan trik yang bisa Anda lakukan.

Inilah Beberapa Tips Dan Trik Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Bantu Lolos Tes UMS STAN

1. Mulai Belajar Dan Berlatih Materi Soal Sedini Mungkin Untuk Wawasan Lebih Banyak

Pada tahap ujian saringan masuk, Anda akan dihadapkan dengan berbagai tes. Mulai dari ujian tes tulis berupa potensi akademik dan bahasa inggris, tes kebugaran, tes kompetensi dasar dan wawancara. Ujian tulis dan juga ujian kompetensi dasar yang diberi oleh STAN memiliki standardisasi khusus. Hal ini sebabkan soal ujian dari STAN memiliki bentuk, model dan pertanyaan yang berbeda dengan instansi atau lembaga pendidikan lainnya.

Meskipun Anda tidak tahu bagaimana bentuk soal yang akan didapat, tapi Anda bisa mulai belajar dan berlatih berbagai materi soal. Anda bisa cari beberapa contoh soal dan tes yang punya tujuan sama. Seperti contohnya, try out buku tes potensi akademik yang bisa dibeli. Setidaknya Anda bisa mulai start lebih awal dan terus belajar secara rutin. Jadi pada waktu tes USM akan berlangsung, Anda sudah punya persiapan hadapi syarat masuk STAN ini.

2. Jangan Bosan Dan Terus Eksplorasi Latihan Soal Untuk Membiasakan Diri

Rasa bosan melihat soal terus menerus suatu saat pasti akan muncul. Jangan biarkan sifat ini datang dan hancurkan rutinitas belajar Anda. Boleh saja satu dua kali Anda kalah dan ikuti rasa jenuh dan lelah ini. Ambil sedikit waktu untuk beristirahat dari belajar berkepanjangan. Lakukan aktivitas menyenangkan yang bisa kembalikan mood untuk belajar, seperti tidur, menonton film, bermain game, atau makan kudapan sejenak.

Meskipun demikian, jangan terlena dengan sifat ini. Sesaat setelah mood kembali, usahakan untuk segera kembali pada rutinitas belajar. Terus asah kemampuan dan perluas pengetahuan dengan mencari materi bersangkutan. Eksplorasi berbagai macam dan model soal, bisa bantu persiapkan diri untuk hadapi tes ala STAN yang unik. Dengan begitu, nanti saat hadapi syarat masuk STAN ini Anda siap dengan segala kemungkinan soal.

3. Berlatih Tryout Dan Simulasi Tes UMS Sesering Mungkin Agar Siap Hadapi Tes Sebenarnya

Pada USM STAN Anda tidak hanya berhadapan dengan tes tulis dan tes kompetensi dasar, namun juga wawancara. Pastinya sudah banyak berbagai modul try out atau simulasi ujian tes kompetensi dasar yang bisa Anda temukan. Biasanya, simulasi untuk tes seperti ini ditawarkan oleh lembaga bimbingan belajar. Jika tidak ada, Anda bisa cari di internet contoh soal try out tes kompetensi dasar, potensi akademik atau tes bahasa inggris.

Selain itu, jangan lupa untuk mencoba dan lakukan simulasi tes wawancara secara rutin. Saat melakukan wawancara, sering kali peserta akan merasa gugup dan bingung. Hal ini bisa sebabkan kesalahan jawaban dan turunnya nilai tes. Lakukan simulasi wawancara dengan bantuan orang tua, teman, guru, dll. Semakin sering lakukan tryout dan simulasi, maka semakin siap pada hari H sehingga nilai UMS untuk syarat masuk STAN bisa lebih baik.

4. Jaga Kesehatan Badan Dan Persiapkan Diri Untuk Tes Fisik Atau Kebugaran

Salah satu tes yang tidak bisa diremehkan adalah tes fisik. Meskipun terdengar simpel, tapi jika keadaan tubuh sedang tidak sehat, tes ini bisa sangat berat. Pada dasarnya, tes fisik atau kebugaran yang harus dilakukan adalah melakukan lari keliling lapangan selama kurang lebih 12 menit. Kemudian, diikuti dengan melakukan Suttle run atau lari angka 8. Jika Anda bukan tipe yang suka olahraga, lebih baik persiapkan diri dengan berlatih lari.

Menjaga kesehatan tidak hanya berkaitan dengan tes fisik atau kebugaran, tapi juga saat tes  lain. Kondisi kesehatan yang kurang optimal bisa sebabkan hilang konsentrasi dan fokus saat kerjakan ujian. Untuk mengatasi hal ini, banyak – banyak konsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang. Istirahat yang cukup dan lakukan olahraga rutin, untuk tingkatkan daya tahan tubuh sembari meningkatkan stamina untuk hadapi tes kebugaran.

5. Dekatkan Diri Kepada Tuhan Dengan Tingkatkan Intensitas Ibadah Harian

Lolos syarat masuk STAN memang ada ditangan Anda sendiri. Kemampuan dan ilmu pribadi punya peran penting dalam hadapi semua tes USM. Tapi jangan lupa untuk selalu dekat dengan Tuhan. Ini adalah salah satu poin penting untuk dilakukan. Dengan perbanyak ibadah, segala hal yang dikhawatirkan akan seraya berkurang dan mendapat rasa tenang. Pasrahkan dan berdoa untuk minta kelancaran dalam pelaksanaan ujian saring masuk STAN.

6. Ikut Bergabung Dengan Lembaga Bimbingan Belajar Khusus Program Tes STAN

Sudah melakukan semua itu tapi masih merasa belum puas? Sempatkan untuk gabung di lembaga bimbingan belajar khusus program STAN. Mendekati masa penerimaan siswa baru, akan banyak ditemukan bimbel STAN yang siap bantu persiapan tes masuk PKN STAN. Program khusus yang sengaja dirancang untuk tes masuk STAN akan sangat membantu Anda dengan segala materi dan soal yang bersangkutan dengan soal ala STAN.

Dengan tujuan membantu para siswa lolos semua syarat masuk STAN, bimbel STAN punya segala macam cara untuk bantu tingkatkan potensi lulus. Tidak sedikit pula lembaga bimbingan belajar yang pekerjakan alumni STAN, sebagai tenaga pengajar ahli. Selain itu, akan ada banyak simulasi dan try out yang juga akan diberikan. Ditambah dengan adanya teman seperjuangan, bergabung dengan bimbel bisa menjadi solusi persiapan tes terbaik.

Untuk berhasil menjadi salah satu mahasiswa STAN, tentunya Anda perlu lolos semua ketentuan masuk yang diberikan. Termasuk dengan USM yang dikenal sulit untuk dilewati. Bisa disimpulkan dari tips di atas, bahwa Anda perlu banyak persiapkan diri dengan berbagai hal. Mulai dari belajar, eksplorasi soal, simulasi, dll. Semua itu bisa Anda dapat dengan ikut bimbel STAN yang terpercaya dan berkualitas untuk bantu persiapan hadapi ujian saring masuk STAN.