Lakukan Ini! Tips Agar Motor Tidak Berasap Lagi

0 Comments

Di Indonesia, motor adalah salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan baik di desa hingga di kota. Apalagi saat ini sudah banyak sekali ojek online yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Nah, sebagai pengguna motor sebaiknya Anda tahu tips agar motor tidak berasap. Hal ini karena sering sekali kendaraan roda dua ini mengalami kondisi berasap dan menyebabkan pemiliknya bingung harus bagaimana.

Kondisi motor yang sering mengeluarkan asap berlebihan ini memang merupakan salah satu gejala kerusakan. Jadi, harus dilakukan langkah pencegah dan penanganan yang tepat agar hal itu tidak terjadi lagi. Selain itu, pengetahuan lainnya seputar otomotif juga perlu Anda ketahui agar bisa mengatasi masalah yang mungkin terjadi di jalanan.

Penyebab Motor Rusak Mengeluarkan Asap

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan motor mengeluarkan asap, baik itu masalah teknik maupun non teknis. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa faktor yang bisa jadi penyebab dari munculnya asap putih pada motor, antara lain:

  • Oli Masuk ke Ruang Bakar

Jika muncul kepulan asap berwarna putih, Anda patut curiga akan adanya kerusakan atau masalah pada motor Anda. Salah satu faktor yang dapat menimbulkan motor berasap adalah ruang bakar yang kemasukan oli. Oli yang masuk tersebut akhirnya ikut dalam proses pembakaran, namun tidak dapat terbakar dengan baik sehingga menimbulkan kepulan asap putih.

  • Ring Piston Aus

Kondisi ring piston yang sudah aus ini juga dapat menimbulkan kerusakan pada motor. Oli yang tugasnya melumuri ruang engkol dapat masuk ke ruang bakar sehingga habis dan motor tidak bisa di engkol. Jika dibiarkan, tenaga motor akan semakin menurun dan sulit dihidupkan saat di pagi hari. Selain itu, spare part lain yang juga bisa aus seperti liner, botol klep, tiang payung klep dan lainnya

  • Seal Katup Bocor

Seal katup atau valve pada motor memiliki fungsi untuk mengatur masuknya gas ke ruang bakar dan mengatur gas sisa pembakaran. Posisi seal katup ini berada dekat di kelapa silinder yang penuh oli sehingga jika katupnya bocor akan menyebabkan oli merembes.

  • Botol Klep Longgar

Masalah lain yang bisa timbul adalah pemasangan botol klep yang tidak pas atau longgar dan menyebabkan motor mengeluarkan asap putih. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui tips agar motor tidak berasap putih lagi.

  • Oli Lama Tidak Diganti

Mengganti oli sangat penting dilakukan oleh pemilik motor karena lama-lama zat aktif akan habis. Jika dibiarkan akan menimbulkan asap putih tebal dan juga dapat merusak spare part lainnya.

Tips Agar Motor Tidak Berasap Lagi

Salah satu langkah wajib yang harus dilakukan secara rutin adalah mengganti oli motor Anda agar fungsinya optimal. Sedangkan dari berbagai masalah yang telah dijelaskan di atas, berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, antara lain:

1. Mengatasi Oli Masuk ke Ruang Bakar

Apabila oli masuk ke ruang bakar, volume oli akan terus berkurang dan bekas pembakarannya akan meninggalkan bekas kerak. Jika dibiarkan, bekas kerak tersebut akan mengganggu dan menimbulkan kemacetan di ruang bakar bahkan piston. Tips agar motor tidak berasap dengan mengecek oli dan bila ada sekat bocor atau rembes bisa dibuat kencang kembali.

2. Mengatasi Ring Piston Aus

Semua spare part motor yang mengalami aus memang dapat menimbulkan kerusakan pada motor, begitu juga dengan ring piston. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah mengganti ring piston yang baru karena ring piston yang aus tidak dapat diperbaiki. Hal ini juga berlaku untuk spare part lainnya yang mengalami aus atau rusak.

3. Mengatasi Seal Katup Bocor

Apabila ada masalah dengan seal katup atau valve yang bocor, Anda bisa membawanya ke bengkel resmi agar dicek oleh teknisi. Apabila ditemukan sela katup yang longgar atau bocor, maka akan diganti dengan yang baru.

4. Mengatasi Botol Klep Longgar

Jika botol klep longgar atau tidak pas saat dipasang dengan payung klep, maka fungsinya tidak bisa maksimal. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa ke bengkel agar dapat dibantu teknisi untuk memasang botol klep dengan benar.

Untuk menghindari kerusakan motor yang mungkin terjadi, Anda juga bisa download Kawasaki Vulcan manual atau lainnya. Hal ini akan membantu Anda untuk merawat dan menggunakan motor dengan tepat sesuai prosedur agar dapat meminimalkan kerusakan. Jangan lupa juga untuk membawa motor Anda ke bengkel secara rutin. Di sana, Anda bisa dibantu tenaga profesional yang lebih mengerti tentang motor.