Tips Membeli Tempat Tidur Tingkat

0 Comments

Pernahkan anda merasa jika kamar tidur anda atau anak anda terasa sesak? Salah satu solusi agar kamar tidur kita terasa lebih luas dan nyaman adalah dengan mengganti tempat tidurnya dengan tempat tidur tingkat.

Namun bila anda berniat untuk menggantinya dengan tempat tidur tingkat, alangkah baiknya anda memperhatikan keamanan dan kenyamanan ketika anda atau anak anda tidur di tempat tidur tingkat tersebut. Beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda akan mengganti tempat tidur anda dengan tempat tidur tingkat antara lain.

Pilih tempat tidur tingkat menurut tingkat ketinggian dari atap kamar

Pixabay.com

Jika anda memilih akan membeli atau membuat sebuah tempat tidur tingkat, sebaiknya anda mengukur terlebih dahulu tinggi dari atap kamar tidur dengan tempat tidur tingkat yang akan anda beli. Bila anda ingin sebuah tempat tidur tingkat yang masih memiliki space yang luas di bawahnya maka anda harus mempertimbangkan posisi tinggi dari tempat dengan atap.

Usahakan tinggi dari tempat memiliki tinggi yang cukup untuk kita bisa berdiri atau duduk dibawah tempat tidur tingkat tersebut. Namun jika anda masih ingin bisa dengan mudah turun dari tempat tidur tingkat anda, sebaiknya memilih tempat tidur tingkat dengan tingkat ketinggian yang rendah atau sedang, sehingga anda masih bisa turun dengan mudah, keuntungan dari tempat tidur tingkat yang rendah adalah, mudah dipindahkan dan mudah untuk dibersihkan.

Fitur tambahan tempat tidur tingkat

Selain ketinggian fitur tambahan yang ada di dalam tempat tidur tingkat juga bisa anda perhatikan, dimana biasanya fitur tambahan yang ada di tempat tidur tingkat adalah rak, stopkontak, dan lampu belajar. Jika terdapat rak mungil di tempat tidur tingkat anda, maka anda bisa dengan mudah menyimpan berbagai barang seperti HP, kacamata, atau benda kecil lainnya.  Namun jika tidak ada alangkah baiknya anda menambahkan satu rak kecil di sisi bagian bawah tempat tingkat anda.

Pilih bahan dasar tempat tidur yang tepat

Pixabay.com

Biasanya untuk tempat tidur tingkat yang nyaman terbuat dari kayu solid, bisa dari bahan kayu jati atau pinus. Bagi anda yang terkendala dengan dana, lebih baik anda memilih tempat tidur tingkat yang terbuat dari kayu pinus atau mahoni karena lebih murah

Untuk bahan dari kayu pinus kelebihannya adalah tingkat butiran kayu yang halus dan memiliki aroma menyegarkan seperti di pegunungan. Selain itu kayu pinus memiliki tingkat awet yang lama dimana yang terpenting tingkat kelembaban tidak terlalu tinggi agar tidak terserang jamur.

Sedangkan untuk kayu mahoni, merupakan jenis kayu yang paling murah dan mudah didapat, namun jenis kayu ini memerlukan tingkat perhatian yang tinggi karena bisa dengan sangat mudah terserang jamur dan mudah lapuk. Kebersihan kamar tidur menjadi salah satu poin penting.

Perhatikan beban yang bisa ditahan

Perhatikan ketika anda akan membeli sebuah tempat tingkat, dimana yang perlu diperhatikan adalah tingkatan beban yang bisa ditopang, karena jika tempat tersebut kelebihan beban bisa jadi malah tempat tingkat anda yang nantinya cepat rusak, maka dari itu pemilihan bahan dari tempat tidur tingkat menjadi sangat penting, karena setiap kayu yang dipakai memiliki tingkat beban yang berbeda-beda.

 Perhatikan tingkat keamanan

Karena anda akan tidur ditempat yang tinggi dari lantai, tingkat keamanan juga perlu menjadi perhatian, pastikan adanya border atau penghalang di sisi tiap tempat tingkat yang anda buat atau beli agar bisa terhalang ketika anda akan terjatuh ke sisi tempat tidur.

Perhatikan ukuran kasur yang tepat

Bila anda akan membeli sebuah tempat tidur tingkat perhatikan pula ukuran kasur yang akan digunakan, jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Jadi sebelum anda memilih tempat tidur lebih baik anda memilih ukuran kasur terlebih dahulu agar bisa pas dengan kasur yang akan digunakan.

Selain ukuran jenis dari kasur yang akan digunakan juga mempengaruhi kenyamanan ketika anda tidur, pilih jenis kasur yang terbuat dari busa atau bahan organik. Pemilihan kasur dari busa bisa menjadi rekomendasi, dikarenakan kasur yang terbuat dari busa ringan dan biasanya akan menyesuaikan tempat tidur yang digunakan. Namun biasanya ketika kita menggunakan kasur dari busa akan terasa panas, jadi bila menggunakan kasur busa usahakan posisi tempat tidur berada dekat jendela agar tetap dingin dan nyaman. Sedangkan kasur yang terbuat dari bahan organik seperti wol, kapas, atau lateks alami akan membuat kita lebih nyaman namun untuk harga tentu saja lebih mahal.

Dengan menggunakan tempat tidur tingkat nantinya kamar tidur yang tadinya terasa sempit akan menjadi terasa lebih lega, apalagi bila ditambah dengan beberapa furniture yang mungil di beberapa sisinya, maka akan terlihat semakin indah dan sedap dipandang oleh mata.

Itulah beberapa informasi mengenai apa saja yang perlu diperhatikan ketika kita akan memilih menggunakan tempat tidur tingkat baik untuk kita orang tua ataupun untuk anak-anak kita, dan jika kalian ingin membeli tempat tidur tingkat kualitas terbaik kami sarankan kalian membelinya di mebel jepara.