Tata Ruang Kantor Yang Baik dan Nyaman

0 Comments

Tata ruang kantor yang baik dan nyaman dan tepat akan memberikan karyawan pengalaman kerja yang positif.

Pasalnya, ruang kantor merupakan tempat yang sangat penting, rumah kedua bagi para pekerja kantoran.

Disini kami akan menyarankan Anda cara menciptakan tata ruang kantor yang baik dan nyaman, sehingga akan berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan, dan berkontribusi pada pengembangan bisnis yang sukses.

1. Mengapa perlu menciptakan tata ruang kantor yang baik dan nyaman?

Pixabay.com

Kantor yang baik akan memberi karyawan lingkungan kerja yang ideal. Karyawan akan dapat menggunakan peralatan terbaik untuk menunjang pekerjaannya, bekerja dengan nyaman, menikmati istirahat dan bermain saat lelah.

Alhasil, karyawan tidak harus bekerja dalam keadaan stres, sehingga produktivitasnya meningkat, sehingga menghasilkan pendapatan yang lebih baik bagi perusahaan.

Mengapa kita harus menciptakan kantor terbaik? Menyadari pentingnya kantor dianggap sebagai langkah awal untuk sukses dalam perkembangan bisnis.

Selain itu, menciptakan kantor yang indah membantu bisnis mendapatkan nilai positif lebih mudah di mata pelanggan dan mitra.

Profesionalisme dan ukuran perusahaan dapat diprediksi melalui dekorasi dan desain interior ruang kantor.

2. Bagaimana tata ruang kantor yang baik dan nyaman?

tata ruang kantor yang baik dan nyaman harus dirancang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik bisnis dan memastikan faktor-faktor berikut:

Ciptakan kenyamanan bagi karyawan dalam bekerja: Ruang kerja diatur dan dibagi secara ilmiah, memudahkan pergerakan, pertukaran informasi dan penanganan masalah di tempat kerja.

Ruang profesional, menunjukkan budaya perusahaan: Furnitur diatur di lokasi yang tepat dan memastikan furniture diatur secara ilmiah dan nyaman. Pada saat yang sama, warna yang diaplikasikan juga akan menunjukkan integritas merek dan budaya perusahaan.

Tata letak selaras dengan luas ruang: Berdasarkan total luas untuk membagi departemen dengan benar. Departemen dan divisi seperti akuntan dan telesales dipisahkan, ruang utama kantor memiliki area terluas, dan ruang direktur dapat dipisahkan melalui partisi modern yang bisa dipesan melalui pirekiasia.co.id.

Ruang sejuk, bersih, dan rapi: Pohon dibawa masuk untuk menyaring udara, menciptakan ruang yang sejuk. Selain itu, kantor selalu dibersihkan secara rutin setiap akhir hari kerja agar selalu bersih dan rapi.

Optimalkan cahaya, ventilasi, dan hindari polusi suara: Kantor memiliki sistem AC yang tepat, kipas ventilasi, dan pengharum ruangan untuk memastikan udara bersih untuk para pekerja di dalam ruangan. Pada saat yang sama, jendela besar, kaca temper, permukaan lapang juga dapat mengoptimalkan cahaya alami dan pertukaran udara secara alami di kantor.

Pastikan estetika: Gambar, atau dekorasi lainnya ditempatkan pada posisi yang tepat di kantor, menghadirkan kesan modern dan keanggunan pada ruangan. Selain itu, pemilihan warna background kantor juga perlu mengikuti beberapa skema warna dalam seni untuk memastikan keindahan estetika.

Perabotan kantor modern, cocok untuk pekerjaan tertentu: Perabotan dipilih berdasarkan pekerjaan khusus staf. Oleh karena itu, peralatan tersebut dapat mendukung secara maksimal, membantu karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efisien.

Menginspirasi dan memotivasi karyawan: Slogan, foto, gambar, dan karya seni artistik di dinding menginspirasi dan memotivasi karyawan.

Tata letak kantor ergonomi: Prinsip ergonomi dalam desain kantor dipahami sebagai penerapan penelitian ilmiah tentang pengetahuan yang berkaitan dengan morfologi, ukuran dan tubuh manusia untuk menghasilkan produk peralatan kantor terlengkap dan sesuai.

Kantor dibuat dan diatur berdasarkan kebutuhan, keinginan dan perasaan manusia. Oleh karena itu, semua bagian, area, interior semuanya mempromosikan penggunaan yang hebat untuk membantu karyawan bekerja dengan nyaman.

3. Prinsip Desain Tata Ruang Kantor yang Baik dan Nyaman

Pixabay.com

Furnitur dan perlengkapan kantor seringkali dipilih berdasarkan kriteria yang berbeda tetapi tetap harus memastikan faktor ilmiah, kenyamanan dan kesesuaian untuk ruang kantor.

  • Meja

Beberapa saran untuk Anda tentang tata letak meja kantor:

Bahan: Biasanya terbuat dari kayu industri, stainless steel, yang memiliki daya tahan dan umur panjang.

Desain: Bergantung pada area ruang dan jumlah pengguna, Anda dapat memilih dari berbagai jenis meja seperti: meja tunggal, meja ganda, meja panjang, meja modul, atau jenis meja lainnya.

Lokasi: Sebaiknya diletakkan dekat dengan dinding atau bersandar ke dinding, untuk menciptakan lebih banyak ruang di ruang depan. Pada saat yang sama, meja dapat diatur di lokasi dengan banyak sinar matahari alami, membantu meningkatkan semangat kerja dan bermanfaat bagi kesehatan staf.

  • Kursi kerja

Kursi di kantor harus dipilih sesuai dengan kriteria berikut:

Harus memiliki sandaran yang empuk dan cukup tinggi agar pas dengan tubuh.

Sebaiknya menggunakan kursi dengan kaki yang bisa digerakkan untuk memudahkan mobilitas dan fleksibilitas kursi kerja.

Biasanya dilengkapi dengan meja dan dapat dimasukkan ke dalam meja saat tidak digunakan. Ini membuat proses perpindahan dan penggunaan kursi menjadi cepat dan nyaman.

Penataan kursi kantor Kursi kantor memang dituntut untuk menghadirkan kenyamanan bagi penghuninya dan mengekspresikan gaya sendiri sesuai dengan ruangannya.

  • Lemari dokumen, lemari arsip

Beberapa saran tentang bagaimana mengatur lemari dokumen ilmiah untuk menghemat ruang:

Warna: Seringkali secara selektif mirip dengan meja untuk menciptakan keseragaman di ruang kerja.

Bahan: Biasanya terbuat dari besi atau kayu dengan pernis untuk menghindari rayap, jamur dan kerusakan pada kertas dan dokumen.

Ukuran: Pastikan kompartemen cukup besar untuk memuat file atau folder. Oleh karena itu, ukuran minimum kompartemen dokumen diatur dengan tinggi 36cm dan kedalaman 31cm.

Desain, penempatan: Dimungkinkan untuk mengandalkan ketinggian untuk mengatur lemari arsip di kantor.

Lemari arsip dekat dengan langit-langit: Sering ditempatkan di dinding, meningkatkan nilai estetika dan nyaman untuk menyimpan atau mengambil dokumen.

Lemari dokumen rendah: Biasanya ditempatkan di sebelah meja, untuk menyimpan dokumen yang sering digunakan dan dokumen pribadi, untuk melayani kebutuhan pekerjaan dengan sebaik-baiknya.

Lemari dokumen yang dipasang di dinding: Biasanya digantung pada posisi berlawanan atau di belakang meja untuk memudahkan pengambilan.

Tata letak lemari arsip kantor harus memastikan penempatan yang tepat untuk membantu ruangan menjadi rapi dan profesional.