Apa Saja Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam?

0 Comments

Bagi orang yang sudah berkeluarga, memiliki rumah sendiri tentu merupakan suatu hal yang membahagiakan. Dengan menempati rumah baru yang dimiliki sendiri, mereka bisa mengatur kehidupan mereka sendiri tanpa banyak campur tangan dari orang lain termasuk keluarga sendiri.

Rumah baru yang akan ditempati tentu saja dipilih berdasarkan selera dan desain yang diinginkan. Selain itu, rumah yang ada di tempat strategis tentu menjadi salah satu alasan untuk memilih. Rumah yang ditempati haruslah dapat memberikan ketenangan, kenyamanan, dan keamanan bagi penghuni rumah.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah tata cara saat melakukan pindah rumah. Ada beberapa hal yang harus dilakukan bagi keluarga yang baru saja pindah rumah. Jika kamu seorang Muslim, kamu perlu memperhatikan bagaimana Islam mengatur tata cara yang benar saat melakukan pindah rumah.

Dengan melakukan tata cara pindah rumah yang sesuai dengan ajaran Islam, diharapkan rumah yang kamu tempati akan terhindar dari masalah. Selain itu, kamu juga menghindari adanya kesyirikan yang bisa saja terjadi saat pindah rumah. Hal ini yang sering menjadi salah satu risiko saat akan pindah rumah.

Berikut ini beberapa tata cara pindah rumah yang dilakukan sesuai dengan ajaran agama Islam. Kamu bisa mengikuti setiap langkahnya sehingga kehidupan di rumah baru beserta lingkungan sekitar dapat terhindar dari masalah yang sering muncul.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Pindah Rumah Sesuai dengan Ajaran Agama Islam

Hal pertama yang harus dilakukan saat setelah selesai pindah rumah adalah dengan bersyukur kepada Allah SWT karena telah diberikan nikmat berupa rejeki rumah yang bisa ditempati. Hal ini sesuai dengan yang tertulis dalam Al Qur’an yaitu pada QS. Ibrahim ayat 7. Dalam ayat tersebut, bahwa setiap rasa syukur akan dibalas dengan nikmat yang lebih banyak. Akan tetapi, jika terjadi kufur nikmat, maka akan dibalas dengan azab yang pedih.

Sebagai seorang Muslim yang telah diberikan nikmat dan anugerah berupa rumah yang bisa ditempati, maka akan lebih baik jika mengungkapkannya dengan bersyukur. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan rasa syukur seperti dengan mengadakan acara syukuran rumah baru atau pengajian yang dilakukan bersama dengan tetangga di sekitar rumah.

Hal lain yang harus dilakukan adalah dengan berinteraksi dan memperkenalkan diri pada tetangga. Kamu bisa melakukannya saat sampai di rumah yang baru dengan memberikan beberapa kue atau bungkusan kepada tetangga yang rumahnya berdekatan dengan rumahmu. Sedangkan tetangga lain, kamu bisa memperkenalkan diri saat ada acara syukuran di rumahmu atau saat ada acara di lingkungan rukun tetangga (RT), dll.

Menjaga interaksi dengan tetangga merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam agama Islam. Tetangga adalah orang pertama yang tahu mengenai kondisi kita. Tetangga juga akan membantu saat kita mempunyai masalah. Oleh karena itu, berbuat baik pada tetangga sangatlah penting. Dalam Islam, salah satu ciri orang yang beriman adalah orang yang berbuat baik kepada tetangga.

Hal lain yang harus diperhatikan saat pindah rumah sesuai dengan ajaran agama Islam adalah tentang kebersihan rumah. Islam mengajarkan kebersihan sebagai slaah satu bagian penting dalam agama. Oleh karena itu, kebersihan rumah juga harus dijaga.

Pastikan rumah yang baru kamu tempati memiliki tingkat kebersihan yang baik. Sehingga, penghuni rumah akan merasa nyaman karena rumahnya bersih. Selain itu, rumah yang bersih juga membantu penghuni rumah untuk terhindar dari beberapa penyakit yang bisa saja menyerang karena rumah yang kuran bersih.

Selain menjaga kebersihan rumah, kamu juga harus menjaga rumah dari benda yang kemungkinan akan mengarah pada dosa syirik. Beberapa benda tersebut seperti lukisan makhluk bernyawa dan patung. Dalam Islam, rumah yang di dalamnya terdapat patung, maka malaikat akan enggan masuk. Oleh karena itu, akan lebih bagi kamu untuk menghindari memasang benda tersebut di dalam rumah.

Kamu juga harus menjaga rumah dengan cara memperbanyak ibadah. Rumah hendaknya dihiasi dengan ibadah sholat dan bacaan Al Qur’an. Hal ini akan membuat suasana rumah menjadi penuh dengan keberkahan.

Selain itu, saat proses memindahkan rumah, kamu juga harus membaca doa pindah rumah. Hal ini dilakukan agar rumah yang baru ditempati dapat terhindar dari kejelekan yang mungkin saja ada saat pindah rumah.

Persiapan Untuk Pindah Rumah

Sebelum kamu melakukan pindah rumah, ada baiknya kamu membuat rencana hal – hal apa saja yang harus dilakukan selama proses pindah rumah. Salah satunya adalah tentang memindahkan barang dari rumah lama ke rumah baru.

Jika kamu tidak memiliki barang yang cukup banyak terutama barang furnitur, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk pindah rumah. Akan tetapi, jika kamu memiliki barang yang cukup banyak, kamu bisa menggunakan jasa dispatch services. Jasa ini akan membantumu dalam mengelola semua barang yang perlu kamu pindahkan termasuk furnitur, alat masak, dll. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan mobil pengangkut barang karena mereka akan menyediakannya bersama dengan paket layanan yang telah kamu pilih.