Tambah Pengetahuan, Yuk Intip Deretan Sungai Terpanjang di Indonesia

0 Comments

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan keindahan alamnya. Tak heran jika negara Indonesia diibaratkan zamrud di Khatulistiwa. Tak hanya memiliki hutan yang hijau dan perairan laut yang luas, Indonesia juga memiliki banyak sungai baik besar maupun kecil. Sungai di Indonesia memiliki peranan yang sangat penting untuk transportasi hingga pariwisata. Berikut beberapa sungai terpanjang di Indonesia yang cukup populer dan dijadikan sebagai objek wisata.

Daftar Sungai Paling Panjang di Indonesia

  1. Sungai Kapuas

Sungai yang ada di Kalimantan Barat ini memiliki panjang hingga 1143 km. Mata air sungai ini berasal dari Pegunungan Muller yang mengalir hingga ke muara Selat Karimata. Sungai ini sangat penting bagi masyarakat sekitarnya dan menjadi salah satu jalur transportasi air. Di beberapa daerah aliran sungai ini dijadikan tempat tinggal suku Melayu dan suku Dayak. Selain itu, sungai ini juga dijadikan sebagai objek wisata di yang populer di Kalimantan.

  1. Sungai Musi

Bagi anda yang sudah pernah berkunjung ke Kota Palembang, tentu nama sungai satu ini sudah tidak asing lagi. Sungai Musi merupakan sungai yang membagi kota Palembang menjadi dua bagian yaitu Ulu dan Ilir. Kedua bagian tersebut dihubungkan dengan jembatan ikonik kota Palembang yaitu Jembatan Ampera. Sungai dengan panjang 750 km ini pernah menjadi salah satu sarana transportasi pada zaman kerajaan Sriwijaya.

  1. Sungai Batang Hari

Dikenal sebagai sungai terpanjang yang ada di Pulau Sumatera, sungai ini memiliki panjang hingga 800 km. Keberadaan sungai ini sangat berperan bagi peradaban Melayu. Banyak kerajaan kerajaan besar Melayu yang dulunya dibangun di daerah aliran sungai ini. Sungai Batang Hari membentang dari Gunung Rasan dan bermuara di Laut Cina Selatan.

  1. Sungai Mahakam

Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya yaitu Sungai Mahakam yang membentang hingga 920 km dari Provinsi Kalimantan Timur dan bermuara di Selat Makassar. Sungai ini membelah Kabupaten Kutai Barat, Kutai Negara hingga kota Samarinda. Dari dulu, sungai ini dijadikan sebagai sarana transportasi, sumber air serta perikanan masyarakat setempat. Menariknya lagi, di sungai ini ditemukan spesies mamalia air tawar yang terancam punah yakni Pesut Mahakam.

  1. Sungai Barito

Sungai barito merupakan sungai di Kalimantan Tengah yang memiliki panjang hingga 890 km. Sungai ini memiliki hulu di Pegunungan Schwaner dan bermuara di Laut Jawa. Sungai ini juga kerapkali dijadikan tujuan bagi para wisatawan untuk menyaksikan pasar apung. Pasar ini cukup unik dimana banyak masyarakat sekitar yang melakukan transaksi jual beli di atas perahu. Selain dijadikan sebagai objek wisata, sungai ini juga memiliki potensi perikanan yang cukup tinggi.

Itulah daftar sungai dengan bentangan paling panjang di Indonesia. Setiap sungai memiliki karakter masing masing yang membedakan dengan sungai yang lain. Bahkan masyarakat sekitar juga masih mempercayai sejarah mengenai keberadaan sungai sungai tersebut. Tentu hal ini menimbulkan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk menelusuri keindahan dan cerita dari sungai sungai di atas. Daripada semakin penasaran, yuk rencanakan liburan untuk mengunjunginya.