Pilihan Tanaman Untuk Membuat Taman Cantik Minimalis

0 Comments

 

Memilih jenis tanaman yang tepat memiliki peranan penting saat membuat taman cantik minimalis. Pasalnya tanaman hias memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kecantikan sebuah taman. Apalagi yang akan Anda buat di sini adalah taman minimalis.

Dengan pemilihan jenis tanaman hias yang tepat, sebuah taman minimalis tidak akan kalah dengan taman yang berukuran besar. Utamanya dari segi estetikanya. Selain itu, taman minimalis pun akan tampak mewah jika dikombinasikan dengan jenis tanaman hias yang tepat.

Namun faktanya masih cukup banyak yang asal-asalan dalam memilih jenis tanaman hias untuk taman minimalis. Tidak jarang justru tanaman hias yang dipilih adalah jenis tanaman hias untuk taman yang berkuran besar. Sehingga yang terjadi justru sebaliknya. Taman kurang mampu memancarkan estetikanya.

Karakteristik Tanaman Hias untuk Taman Minimalis

Keberadaan tanaman hias pada sebuah taman sangatlah penting. Tanaman hias sendiri banyak sekali ragamnya. Mulai dari paku tanduk rusa, aglaonema, dragon tree agave, palem, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk membuat sebuah taman yang cantik, semua jenis tanaman hias bisa dikatakan cocok untuk diaplikasikan. Namun jika taman yang ingin Anda buat adalah taman minimalis, pastinya ada karakteristik tersendiri untuk pemilihan tanaman hiasnya.

Pemilihan tanaman hias harus disesuaikan dengan ukuran lahan. Sementara itu agar tampilan taman terkesan cantik dan rapi sebaiknya pilihlah beberapa jenis tanaman hias saja. hal seperti ini dimaksudkan agar taman tidak terkesan penuh sesak.

Kemudian usahakan untuk memilih tanaman hias yang multi fungsi. Maksudnya pilihlah jenis tanaman hias yang tidak hanya bisa membuat taman indah dipandang mata. Namun pilihlah jenis tanaman hias yang juga bermanfaat untuk kesehatan dan lingkungan.

Jenis Tanaman Hias untuk Mempercantik Taman Minimalis

Tidak semua tanaman hias cocok untuk mengisi taman cantik minimalis. Itulah kenapa ada karakteristik khusus untuk tanaman hias taman minimalis. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tanaman his untuk mempercantik taman minimalis.

  1. Bunga Geranium atau Tapak Dara

Bunga tapak dara ini memiliki ciri khas kelopaknya saling bertumpuk. Selain tampilannya cantik, bunga ini juga hadir dalam beragam warna. Mulai dari ungu, merah muda, hingga putih. Bentuk daunnya yang bulat juga menjadi ciri khas utama dari bunga tapak dara ini.

Yang membuat bunga geranium sangat istimewa adalah beragam manfaat yang dimilikinya. Mulai dari mengusir nyamuk, menjaga kecantikan kulit wajah, mempercepat pembekuan darah, hingga bisa menjadi obat penyakit tertentu jika dijadikan teh daun.

  1. Pohon Cemara

Pohon cemara termasuk tumbuhan evergreen. Yang mana pohon cemara ini daun-daunnya selalu hijau, jarang mengering, dan tidak mudah rontok. Tidak mengherankan jika pohon ini sering dipilih saat membuat sebuah taman. Entah itu taman berukuran besar maupun taman minimalis.

Nah, selain sangat cocok untuk mempercantik taman minimalis Anda, banyak sekali manfaat yang bisa Anda ambil dari pohon cemara ini. Sebab dikatakan jika pohon ini memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Meredakan stres, menyehatkan kulit, mengatasi bronchitis dan batuk, mengobati cacingan, adalah contoh khasiat dari pohon cemara yang bisa Anda ambil. Selain itu dikatakan juga jika pohon ini memiliki kemampuan untuk mencegah abrasi dan menyuburkan tanah.

  1. Bunga Gaillardia

Habitat asli dari bunga gaillardia ini berasal dari daerah Amerika bagian barat. Tanaman hias yang memiliki bunga sangat cantik ini sering juga disebut dengan bunga padang rumput atau prairie flower. Tanaman hias ini pun mudah tumbuh dan berkembang tanpa memerlukan perawatan khusus.

Ada cukup banyak jenis bunga gaillardia yang bisa dipilih untuk mempercantik taman minimalis Anda. Mulai dari gaillardia matahari Arizona, gaillardia tokenjar, gaillardia trompet, gaillardia jeruk dan lemon, hingga gaillardia burgundi.

  1. Bambu Hias atau Dracaena Sanderiana

Selain dikenal dengan nama dracaena sanderiana, bambu ini juga sering disebut dengan bambu hoki atau bambu pembawa keberuntungan. Bambu hias ini sangat cocok ditanam di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia.

Tanaman hias ini melambangkan kerimbunan bambu yang mampu memberikan kedamaian, cinta, kesehatan, dan keberuntungan. Dan yang paling penting adalah sangat cocok ditanam pada taman minimalis.

  1. Kaktus

Tanaman yang dikenal sebagai tanaman gurun ini pun cocok untuk taman minimalis out door. Meskipun umumnya orang lebih sering menjadikannya sebagai dekorasi ruangan untuk mempercantik interior. Beberapa jenis kaktus yang terkenal diantaranya seperti kaktus panda, kaktus centong, dan kaktus anggur.

Sebenarnya masih cukup banyak jenis tanaman hias yang bisa Anda pilih. Misalnya saja berbagai jenis tanaman hias yang direkomendasikan oleh mystargarden. Dijamin Anda tidak akan kehabisan inspirasi jenis tanaman hias untuk membuat taman cantik minimalis.