Pengertian dan Jenis Tahallul (Penghalalan beberapa larangan)

0 Comments

Tahallul menurut bahasa berarti boleh. Sedangkan secara istilah dimaksutkan untuk memperbolehkan jamaah haji dari semua larangan selama melakukan ihrom. Kegiatan akhir ini menjadi rukun ibadah haji. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak menjalankannya. Cara yang dilakukan adalah dengan cara memotong rambut. Ketika kaum pria disunnah untuk memotong habis rambutnya. Perempuan setidaknya mengunting tiga helai rambut. Hal tersebut sudah dilakukan sejak masa Rosulullah.

Dimana beliau mendoakan laki-laki yang memotong habis rambutnya dengan dua kali doa. Sedangkan bagi mereka yang tidak mengundul kepala hanya didoakan sekali. Jika dilihat secara menyeluruh tahallul mempunyai makna berupa pembersihan diri. Membersihkan semua pikiran kotoran. Makna secara sosial ini menjadi bagian penting karena inti dari ibadah haji dan umroh ialah bagaimana Anda mampu lebih dekat dengan Allah.

Secara bersamaan meminta kepadaNya untuk keberkahan di masa mendatang. Meskipun ibadah haji bukan sesuatu yang mudah dijalankan. Namun, sebagai pemeluk Agama Islam yang taat Anda harus mulai berpikir untuk mengunjunginya. Merasakan kedamaian beribadah di Tanah Haram. Melihat bagaimana Allah mengubah kota yang dahulu penuh dengan kedholiman.

Sekarang menjadi pusat agama Allah yang membuat agama tersebut terpancar disetiap belahan bumi. Semua orang dari berbagai negara berkumpul meminta ampun dan berharap untuk lebih dekatNya. Bagi Anda yang ingin mendapat penjelasan lebih detail. Bisa akses menuju hasana.id.

2 Macam Tahallul yang Wajib Diketahui

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa tahallul termasuk rukun ibadah haji dan umroh. Hal tersebut yang membuatnya tidak boleh ditinggalkan. Selain itu, ada beberapa keutamaan yang diterima oleh mereka yang melakukannya. Bahkan Rosulullah menerangkan konteks tersebut dengan mendoakan jamaah yang memotong rambut sebagai tanda dari berakhirnya ihrom. Nah, berikut 2 macam tahallul:

  • Tahallul umroh

Penyebutan ini dikarenakan tahallul jenis ini dilakukan pada ibadah umroh. Pemotongan rambut tersebut menjadi tanda berakhirnya umroh dan segala larangan yang berlaku selama ihrom.

  • Tahallul haji

Sedangkan untuk pemotongan rambut ini untuk ibadah haji. Biasanya terdiri dari dua kali tahapan. Pertama, tahallul awal yang berarti sudah berakhirnya larangan. Namun, tidak semua larangan. Jamaah masih tidak diperbolehkan menikah, menikahkan, ataupun bercumbu. Kedua, tahallul tsani. Yakni, pemotongan rambut yang dimaksutkan sebagai tanda berakhirnya semua larangan yang berlaku selama ibadah haji.

Haji dan umroh bukan sekedar ibadah yang menghubungan antaran hamba kepada Allah. Melainkan tentang bagaimana setiap kaum muslim mampu melihat dan merasakan Maha BesarNya dengan sejarah panjang yang terjadi di Tanah Haram. Ibadah tersebut tak sekedar menyuruh Anda untuk sholat dan bersholawat. Namun, terdapat rangkaian spiritual yang semuanya harus dipenuhi dengan kemantapan hati. Hingga pada akhirnya semua terselesaikan atas bantuanNya.