Setting APN Smartfren 4G GSM Biar Ngebut

0 Comments

Ketika kita sedang asyik bermain game, namun tiba-tiba jaringan jadi lelet apa yang kita lakukan? Pasti kita uring uringan tanpa tau solusi yang tepat atas permasalahan ini. Ya, internet lemot bisa jadi sesuatu yang sangat menggangu. Bahkan membuat kegiatan kita jadi terhambat.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan yang satu ini. Salah satu cara yang cukup ampuh adalah dengan setting APN. Pada setiap provider pasti memiliki peraturan APN masing masing. APN ini yang bisa mengatasi masalah internet lelet.

Apa Itu APN

Pixabay.com

Mungkin banyak orang yang masih bingung apa itu APN. Sebenarnya, APN adalah singkatan dari Access Point Name yang merupakan sebuah istilah dalam hal pintu masuk antara jaringan seluler GSM baik 3G ataupun 4G sekalipun. APN memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam jaringan seluler. Karena jika kita salah memasukkan APN tentunya kita akan kesulitan untuk tersambung ke internet.

Pada setiap provider sebenarnya sudah memberikan setting APN secara default. Namun terkadang settingan tersebut kurang nendang dan kurang bisa memberikan optimasi dari hal kecepatan jaringan. Untuk itu jika anda termasuk golongan yang tidak cepat puas. Maka sebaiknya melakukan setting APN agar internet selalu ngebut. Salah satunya kami akan memberikan cara setting APN Smartfren 4G GSM biar ngebut.

Setting APN Smartfren Unlimited 4G

Salah satu fitur dari kartu smartfren adalah pake unlimited. Paket unlimited ini kadang malah membuat internet menjadi cukup lelet. Untuk itu bagi anda yang merasakan demikian kami akan menyarankan setting APN Smartfren 4G GSM Biar Ngebut.

Caranya sangat mudah, pertama anda bisa membuka menu pengaturan di Ponsel anda. Pada tiap-tiap ponsel memiliki pengaturan APN pada bagian jaringan seluler. Disana anda bisa tambahkan APN. Anda juga bisa mengedit APN default yang sudah ada mempersiapkan sebelumnya.

Setelah itu isilah di kolom dengan isian nama Smartfren Unlimited 4G dengan APN bernama smartfren4G. Pada bagian proxy cukup dikosongkan saja. Akan tetapi pada bagian port anda bisa isi dengan angka 80. Isi username dengan smartfren begitu juga dengan password nya yaitu smartfren. Sedangkan untuk MMS Proxy anda bisa isi dengan angka 10.17.27.250. Tidak hanya proxy, MMS Port juga perlu anda isi dengan angka 8080. MCC isi dengan angka 510 dan MNC dengan angka 09. Isi juga autentifikasi tipe dengan tipe PAP.

Untuk tipe APN yang harus anda isi adalah default,supl,xcap dengan protokol APN  adalah ipv4 dan APN roaming diisi ipv4. Jika kolom APN tadi sudah diisi demikian, tugas anda hanya merestart ulang ponsel ataupun mengaktifkan mode tidak pesawat. Dengan begini, maka APN akam mulai bekerja mencari sinyal jaringan yang baru. Anda pun bebas berselancar dengan kecepatan yang tinggi.

Setting APN Smartfren untuk Sosial Media Ngebut

Pixabay.com

Bermain sosial media sangatlah asyik. Kita bisa berkoneksi dengan teman teman bahkan keluarga lewat sosial media. Bahkan akhir akhir ini ,sosial media bisa digunakan sebagai penghasil uang. Akan tetapi bagaimana kegiatan tadi berjalan lancar jika koneksi internet kita lambat? Tenang, disini kami memiliki jawaban atas segala kegalauan anda.

Bagi anda seorang pengguna provider smartfren, anda bisa mencoba setting APN Smartfren versi extice. Adapun setting APN dengan model yang satu ini sangat cocok digunakan bagi anda seorang sosial media enthusiast. Misalnya ketika anda bermain twitter, instagram ,facebook, whatsapp dan lainnya. Jika anda masih belum percaya maka bisa terapkan peraturan yang satu ini .

Pertama-tama buka pengaturan APN di Ponsel anda. Setelah itu pilih sub menu jaringan seluler. Disana anda akan menemukan menu APN dan klik. Bisa anda tambahkan pengaturan APN yang baru atau bisa juga dengan mengedit APN yang lama.

Setelah masuk disana anda bisa mengisi kolom yang ada di sana dengan pengaturan berikut ini. Pada bagian nama anda bisa mengisinya dengan 4G. Sedangkan untuk APN anda bisa mengisinya dengan extice.co.id. kolom proxy dan juga port tidak perlu anda isi alias kosongkan saja.

Pada bagian username dan juga password anda isi dengan smartfren. Sedangkan MMS Proxy dan MMS Port tidak perlu anda isi. Pengaturan lainnya adalah angka MCC yang perlu anda isi dengan angka 510 dan MNC dengan angka 09. Sedangkan untuk tipe autentifikasi isilah dengan PAP dimana APN tipenya adalah default,supl,xcap. Pada bagian protokol APN dan roaming APN anda bisa masukkan setting ipv4.

Tadi adalah aturan yang wajib anda masukkan ketika hendak menyetting APN versi extice. Dengan mengatur seperti itu maka anda akan ada mendapatkan kecepatan bermain sosial media dengan cepat.

Demikian cara mengatur APN Smartfren agar menjadi ngebut. Anda juga bisa download apk untuk memudahkan prosesnya. Pada hakikatnya, mengatur APN bukan merupakan solusi utama ketika anda ingin internet yang cepat. Ini hanyalah sebuah shortcut yang bisa anda terapkan sewaktu waktu. Apabila anda  jngin berselancar dengan cepat di internet maka perhatikan juga lokasi rumah, koneksi internet di daerah anda, kualitas jaringan provider, hingga hambatan yang ada. Dengan begitu anda bisa menghilangkan penyebab jaringan anda jadi lelet.