Sejarah Ditetapkannya Hari Pramuka Di Indonesia

0 Comments

Deskripsi:

Hari Pramuka menjadi salah satu hari yang selalu diperingati oleh seluruh anggota pramuka di Indonesia. Artikel ini akan membantu kamu untuk mengetahui sejarah lahirnya hari Pramuka di Indonesia.

Artikel:

Sejarah Pramuka di Dunia

Gerakan Pramuka dunia dicetuskan oleh Robert Baden-Powell yang merupakan anggota angkatan darat di Inggris. Setlah menulis buku Scouting for Boys, berbagai gerakan pramuka mulai berdiri.

Buku Scouting for Boys menjadi panduan bagi anggota pramuka untuk melatih keterampilan dan ketangkasan, cara bertahan hidup, hingga pengembangan dasar-dasar moral. Kemudian hari lahir Robert Baden-Powell, tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Pramuka Internasional.

Walaupun awalnya gerakan pramuka hanya untuk kaum laki-laki saja, namun dengan bantuan adik perempuan Baden Powell, akhirnya kaum wanita juga dapat menjadi bagian dari kegiatan pramuka.

Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Gerakan Kepanduan di Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial Hindia Belanda pada tahun 1916. Saat itu, Mangkunegara VII di Solo mencetuskan berdirinya Javaansche Padvinders Organisatie.

Sejak saat itu, mulai berdiri gerakan-gerakan sejenis yang dikelola oleh organisasi-organisasi pergerakan. Istilah Pramuka resmi digunakan di Indonesia untuk gerakan Kepanduan nasional pada 14 Agustus 1961.

Berawal dari gagasan Presiden Sukarno yang ingin menyatukan seluruh gerakan Kepanduan di Indonesia, maka gerakan pramuka ini dibentuk. Setiap tanggal 14 Agustus akan diperingati sebagai Hari Pramuka di Indonesia.

Gerakan Pramuka memiliki misi utama untuk mendidik pemuda dan pemudi Indonesia tanpa batasan usia. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan bela negara. Tidak jarang kamu melihat pramuka sudah diterapkan sejak anak duduk di bangku sekolah dasar.

Istilah Pramuka di Indonesia pertama kali dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX,. Penggunaan kata tersebut konon terinspirasi dari kata Poromuko yang memiliki arti pasukan terdepan dalam perang.

Saat ini, kata Pramuka memiliki kepanjangan Praja Muda Karana. Kalimat tersebut digunakan sebagai kepanjangan pramuka karena memiliki arti “Jiwa Muda yang Gemar Berkarya”. Tujuannya agar setiap kaum mudah terus memiliki semangat yang terus membara.

Nah sekarang sudah tidak penasaran lagi bukan dengan ditetapkannya hari pramuka pada 14 Agustus. Walapun begitu, Hari Pramuka dunia juga perlu diperingati setiap tanggal 22 Februari.