Cara Mencari Rumus Percepatan Dalam Ilmu Fisika

0 Comments

Apakah kamu tahu apa itu percepatan dalam Ilmu Fisika? Sebenarnya, setiap hari kamu berhubungan erat dengan hal ini lho. Percepatan sangat erat kaitannya dengan kecepatan pada benda yang dapat merubah posisi pada setiap waktu. Percepatan ini bisa melambat dan bisa juga malah semakin cepat. Daripada semakin penasaran, yuk segera saja kita simak ulasannya mengenai rumus percepatan di artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Percepatan?

Dalam kegiatan sehari-hari, rupanya tanpa sadar kita selalu melakukan aktivitas yang seringkali mengalami unsur percepatan. Misalnya saja berlari. Berdasar deskripsinya, percepatan sendiri sebenarnya adalah perubahan kecepatan yang terjadi setiap sekonnya. Percepatan termasuk dalam besaran Vektor. Hal ini karena percepatan selalu memiliki nilai dan arah.

Disebut juga acceleration, percepatan rupanya dilambangkan dengan huruf (a) dan dimaknai dengan perubahan laju kecepatan pada benda yang bergerak. Jadi ketika kecepatan dalam sebuah benda itu konstan alias tetap, maka bisa dikatakan ia tidak mengalami percepatan. Kesimpulannya, sebuah benda bisa dikatakan mengalami percepatan apabila kecepatannya bertambah dari semula.

Salah satu contoh dari percepatan adalah misalnya gerak buah kelapa yang jatuh dari pohonnya. Semakin ke bawah, geraknya semakin cepat karena adanya gaya gravitasi bumi. Contoh lain adalah gerak sebuah sepeda yang melaju di jalan pegunungan yang menurun. Bukannya melambat, gerak roda sepeda justru akan semakin cepat dan inilah yang disebut percepatan. Terakhir, kamu juga bisa melihat percepatan pada motor. Ketika gas ditambah, maka laju motor akan semakin cepat.

pxhere.com

Macam-Macam Rumus Menghitung Percepatan

Ada beberapa cara untuk menghitung percepatan. Hal ini karena percepatan sendiri terdir dari beberapa macam. Adapun rumus dari percepatan secara umum adalah sebagai berikut :

Keterangannya,  adalah percepatan itu sendiri yang memiliki satuan m/s2, sedangkan  adalah perubahan kecepatan dengan satuan m/s dan  adalah selang waktu dengan satuan sekon (s).

Adapun ada beberapa macam rumus menghitung percepatan yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan soal, yakni :

  1. Rumus untuk Percepatan Rata-Rata

Untuk rumus ini, modelnya sama dengan rumus umum percepatan, yakni :

Keterangannya pun sama,  adalah percepatan dengan satuan m/s2,  adalah perubahan kecepatan dengan satuan m/s, dan  adalah selang waktu dengan satuan sekon (s).

  1. Rumus untuk Percepatan Sesaat

Untuk rumus menghitung percepatan sesaat, bia dibilang lebih rumit. Pasalnya, kamu harus tahu gerak benda dalam waktu yang hampir bisa dibilang mendekati angka nol. Adapun rumusnya adalah :

Keterangannya, a adalah percepatannya yang memiliki satuan m/s2, Δv adalah perubahan kecepatan dengan satuan m/s dan Δt adalah perubahan waktu dengan satuan sekon (s).

pxhere.com

Kumpulan Contoh Soal untuk Percepatan

Ada beberapa contoh soal dari percepatan yang akan kita bahas kali ini. Soal-soal ini bisa dibilang sederhana dan membutuhkan penyelesaian yang tidak terlalu rumit. Selain berguna untuk membantu memperdalam pemahamanmu, soal ini juga bisa membantumu untuk latihan ketika nanti menghadapi soal seperti ini di ujian sekolah. Adapun soal-soalnya adalah sebagai berikut, yaitu :

  • Contoh Soal 1

Ada sebuah bus yang melaju di jalan lintas provinsi dengan kecepatan awal sebesar 2 m/s. Setelah bus melaju selama 10 sekon, bus tersebut menambah kecepatannya menjadi 4 m/s. Berapa besar percepatan yang dilakukan mobil tersebut simak berikut rumus?

Penyelesaian :

Diketahui              : v1 = 2 m/s, v2 = 4 m/s, t1 = 0 s, t2 = 10 s

Ditanya                 : percepatan (a) ?

Jawab                    :  =  =  =  = 0,2

Jadi, besar percepatan yang dialami bus adalah sebesar 0,2 m/s2.

  • Contoh Soal 2

Seorang pelajar SMP berangkat sekolah mengendarai sepeda dengan kecepatan sebesar 7,2 km/jam. Ketika lewat jalan menanjak, ia menambah kecepatan sepedanya sebesar 0,5 m/s2 dalam kurun waktu hanya sekitar 4 sekon. Berapa percepatan akhir yang dilakukan pelajar tersebut?

Penyelesaian :

Diketahui              : v1 = 7,2 km/jam =  m/s = 2 m/s, a = 0,5 m/s2, t = 4 s

Ditanya                 : percepatan akhir (v2) ?

Jawab                    : v2 = v1 + at = 4 + (-0,5 x 2) = 3

Jadi, percepatan akhir laju sepeda anak SMP tersebut adalah 3 m/s atau 10,8 km/jam.

  • Contoh Soal 3

Sebuah bola bergerak dengan dan berhenti dari kecepatan 22,5 m/s setelah 2 sekon dilemparkan. Berapakah perlambatan dari bola tersebut?

Penyelesaian :

Diketahui              : v2 = 0 m/s, v1 = 22,5 m/s, t1 = 0 s, t2 = 2 s

Ditanya                 : perlambatannya (a) ?

Jawab                    :  =  =  =  = -11,25

Jadi, perlambatan yang terjadi pada bola yang dilemparkan tersebut setelah 2 sekon adalah 11,25 m/s2. Mengapa tidak dikatakan perlambatannya adalah -11,25 m/s2 lengkap beserta tanda minus (-), hal ini karena di dalam Fisika, tanda positif atau negatif dalam sebuah persamaan hanya menunjukkan arah vektor saja.

Demikian ulasan mengenai rumus percepatan dan juga kumpulan soalnya. Semoga ulasannya bermanfaat.