Resep Ayam Mentega

0 Comments

Ayam mentega merupakan salah satu menu olahan ayam yang diolah dengan mentega serta berbagai bumbu tambahan sehingga menciptakan rasa yang sangat lezat. Ayam mentega menjadi salah satu olahan yang banyak diminati oleh anak-anak maupun dewasa. Ayam mentega selain memiliki bentuk yang cukup menggoda, memang juga memiliki cita rasa yang paling maknyus diantara beberapa olahan daging ayam lainnya.

Memasak ayam mentega sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja dibutuhkan resep yang pas sehingga citarasanya benar-benar khas dan lezat. Ayam mentega sendiri saat ini juga sudah dikreasikan dengan berbagai bahan sehingga menciptakan resep ayam mentega dengan berbagai varian mulai dari ayam goreng saus mentega, ayam goreng mentega chinese, ayam goreng mentega kecap, ayam goreng mentega sederhana, ayam goreng mentega istimewa, ayam goreng mentega bumbu sederhana, dan masih banyak lainnya. Nah bagi bunda nih yang ingin mencoba olahan ayam mentega, bunda bisa melihat berbagai kreasi resepnya di resepmami.info sebagai salah satu situs yang menyediakan resep berbagai olahan yang maknyus pastinya.

Resep Ayam Goreng Mentega Chinese

Pixabay.com

Bagi Anda yang suka masakan ala-ala China, Anda juga bisa loh mengkreasikan masakan ayam mentega menjadi masakan ala-ala china gitu. Iya Anda bisa mencoba resep ayam goreng mentega Chinese ala resepmami.info yang saru ini. Caranya sangat mudah serta bahan-bahannya pun juga cukup mudah di dapatkan.

Untuk membuat menu ayam goreng mentega chinese ini, ada beberapa bahan yang harus disiapkan mulai dari 1 ekor ayam atau sesuai dengan kebutuhan, perasan air jeruk nipis, mentega secukupnya, bumbu halus ayam goreng mentega, ½ sendok lada putih, 2 siung bawang putih, garam secukupnya saja, bumbu bombay, 2 sendok makan kecap Inggris, 2 sendok makan manis kecap asin, lada putih bubuk secukupnya. Nah setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, lanjut ke proses memasak yuk, simak berikut:

  1. Langkah pertama, potong daging ayam dengan ukuran seperti ayam mentega pada umumnya.
  2. Setelah itu silahkan lumuri potongan daging ayam dengan menggunakan perasan jeruk nipis. Nah setelah itu diamkan beberapa saat, dan cuci daging ayamnya.
  3. Kemudian setelah dagingnya di cuci dengan menggunakan bumbu halus, silahkan lumuri daging ayam dan diamkan sekitar 15 menit.
  4. Selanjutnya silahkan nyalakan kompor dan atur dalam keadaan api sedang. Kemudian silahkan panaskan mentega hingga meleleh. Dan goreng daging ayamnya hingga lunak.
  5. Setelah itu silahkan tumis bawang bombay dan juga bawang putih dengan menggunakan sisa mentega yang masih harum.
  6. Anda juga bisa menambahkan bumbu pelengkap, dan aduk hingga merata.
  7. Setelah semua tahao diatas sudah selesai, silahkan masukkan daging ayam dan masak sampai bumbunya meresap.
  8. Dan ayam goreng mentega chinese pun siap untuk disajikan.

Resep Ayam Goreng Mentega Kecap

Pixabay.com

Nah resep ayam mentega selanjutnya adalah ayam goreng mentega yang dikreasikan dengan kecap. Iya sebenarnya kecap merupakan salah satu bahan yang umum untuk dikreasikan dengan berbagai olahan. Untuk itu kita juga akan mencoba memadukan antara ayam goreng mentega dengan kecap. Kreasi menu yang satu ini juga cukup mudah kita jumpai di rumah-rumah makan loh. Bumbu yang digunakan pun juga sangat mudah untuk di dapatkan. Yang paling penting dalam memasak resep ayam goreng mentega kecap ala resepmami.info ini adalah cara menggorengnya harus dilakukan dengan benar serta perpaduan dengan kecapnya secara tepat sehingga dapat menghasilkan olahan yang benar-benar lezat.

Nah untuk memasak ayam goreng mentega kecap, ada beberapa bahan yang dibutuhkan mulai dari ayam 1 ekor atau daging ayam sesuai dengan kebutuhan, daun bawang 3 tangkai, bawang putih 5 siung, bawang bombay 1 buah, mentega 2 sendok makan, dan minyak goreng. Selain itu ada juga beberapa bahan yang digunakan untuk membuat saus yang diantaranya adalah merica putih bubuk ½ sendok teh, kecap manis kurang lebih 4 sendok makan, kecap Inggris 2 sendok makan, saus tiram 1 sendok makan, dan air 100 ml. Adapun cara untuk memasaknya yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, pastikan daging ayamnya sudah dipotong sesuai ukuran yang pas. Selanjutnya silahkan goreng potongan daging ayam dengan menggunakan api sedang hingga daging ayam berubah warna menjadi kecoklatan. Nah apabila daging ayam sudah matang, silahkan diangkat dan kemudian silahkan disisihkan.
  2. Langkah kedua yakni silahkan tumis bawang putih dan bawang bombay dengan menggunakan mentega. Selanjutnya silahkan aduk hingga mengeluarkan aroma yang sedap. Tambahkan juga bahan pembuat saus dan kemudian silahkan didihkan.
  3. Racik saus yang terbuat dari bahan merica putih, kecap manis, kecap inggris, saus tiram, dan air. Langkahnya adalah sama dengan membuat sambal pada umumnya.
  4. Langkah selanjutnya silahkan masukkan potongan daging ke dalam saus yang sudah disiapkan. Pastikan seluruh bagian ayam terkena bumbu sausnya.
  5. Masak hingga bumbu ayam kecapnya meresap ke daging ayam. Tambahkan juga daun bawang dan aduk hingga merata.
  6. Dan ayam goreng mentega kecap Anda sudah siap untuk disajikan bersama dengan keluarga.