Punya Bulu yang Indah, Yuk Simak Keistimewaan Kepodang Emas

0 Comments

Bagi para pecinta burung tentu telah mengenal jenis burung kepodang yang banyak dipelihara sebagai burung hias. Burung kepodang sendiri juga memiliki banyak jenis di dalamnya. Salah satu dari jenis tersebut adalah burung kepodang emas. Burung tersebut pun diketahui memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri sehingga membuatnya menjadi digemari.

Beragam Keistimewaan yang Dimiliki Oleh Jenis Burung Ini

  1. Mempunyai Bulu yang Indah

Salah satu keistimewaan dari jenis burung ini adalah warna bulunya yang indah. Dengan perpaduan warna yang ada pada bulu bulu tersebut membuat tampilan burung yang ada menjadi semakin cantik dan menarik. Burung jenis ini sendiri juga diketahui merupakan burung yang dipelihara sebagai burung hias. Warna emas pada bulu yang ada juga seringkali dianggap sebagai simbol kemakmuran.

  1. Memiliki Karakter yang Unik

Hal lain yang menjadi daya tarik tersendiri dari jenis burung ini adalah kegemarannya dalam membersihkan diri. Tentu dengan karakter tersebut juga akan menguntungkan bagi orang orang yang memeliharanya. Kebiasaan atau karakter dari kepodang emas tersebut juga turut mempengaruhi penampilan milikinya. Anda tertarik memelihra burung yang suka menjaga kebersihan ini?

  1. Mempunyai Harga yang Mahal

Tak dapat dipungkiri bahwa harga dari jenis burung yang satu ini terbilang mahal. Di habitat aslinya jenis burung kepodang dengan bulu emas ini juga jarang ditemui. Hal tersebutlah yang juga ikut mempengaruhi harga jual dari jenis burung tersebut. Ukuran dari burung dari jenis kepodang ini ialah sekitar 25 cm jika dihitung dari bagian ujung ekor sampai paruhnya.

  1. Memiliki Siklus Perubahan Warna Bulu

Hal lain yang menjadi keistimewaan burung ini adalah adanya siklus perubahan warna bulu di tubuhnya. Di masa anakan, jenis burung ini memiliki warna bulu yang lebih gelap. Seiring berjalnnya waktu, bulu burung kepodang emas akan rontok dan berubah warna. Namun sebelum berubah menjadi keemasan, warna bulu burung tersebut akan seperti kapur yang pucat. Warna bulunya yang keemasan juga baru mucul di usia 1,5 tahun.

  1. Dijadikan Sebagai Maskot

Tak hanya memiliki warna bulu yang indah saja, jenis burung ini juga telah dijadikan maskot daerah di suatu daerah yang ada di Indonesia. Daerah yang memiliki maskot berupa burung dari jenis ini adalah Provinsi Jawa Tengah. Tak hanya itu, suara kicauan dari jenis burung ini pun terbilang unik. Salah satunya adalah kemampuannya dalam menirukan suara burung yang lainnya.

Beragam keistimewan dimiliki oleh maskot di Provinsi Jawa Tengah ini. Mulai dari warna bulunya yang indah dan juga kicauannya yang unik. Burung ini juga memiliki perubahan warna bulu sebelum berubah menjadi emas. Tak hanya itu, burung yang memiliki beragam mitos ini pun memiliki kebiasaan yang banyak disukai. Kegemaran yang dimaksud adalah dalam hal menjaga kebersihan dari badannya sendiri.