Penyebab Sakit di Telapak Tangan Bawah Jempol

0 Comments

Kulit pada telapak tangan memang tidak luas, hanya sekitar 2% saja dari total seluru kulit di tubuh. Namun, jika telapak tangan mengalami masalah, tentu akan sangat mengganggu aktivitas dan kenyamanan. Jika telapak tangan terasa sakit, maka seseorang bisa mengalami kesulitan menyentuh atau memegang benda. Tentunya ini akan menghambat pekerjaan. Salah satu bagian telapak tangan yang sering sakit adalah di bagian bawah jempol. Lalu, apa penyebab sakit di telapak tangan bawah jempol?

Inilah Penyebab Sakit di Telapak Tangan Bawah Jempol

Telapak tangan yang sakit bisa menunjukkan terjadinya masalah kesehatan. Contohnya adalah sakit di telapak tangan bawah jempol yang bisa menjadi pertanda. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin jadi penyebabnya:

  1. Sindrom De Quervain

Sindrom ini terjadi saat dua tendon yang ada di sekitar pangkal ibu jari mengalami bengkak dan meradang. Hal ini akan menyebabkan saraf menjadi tertekan. Akibatnya, akan timbul rasa sakit. Bahkan, seringkali menyebabkan mati rasa.

  1. Stenosing tenosynovitis

Stenosing tenosynovitis adlaah penyakit yang menyerang jari-jari tangan. Penyakit ini juga sering disebut dengan trigger finger. Penyaki tersebut terjadi saat ibu jari atau jari tertekuk dan tidak dapat diluruskan kembali. Kondisi tersebut diakibatkan oleh terjadinya radang dan iritasi pada urat jari-jari telapak tangan.

  1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Sebuah kondisi yang menyebabkan tekanan pada saraf-saraf di pergelangan tangan. Akibatnya, jari-jari tangan menjadi sakit, mati rasa atau kesemutan. CTS bisa sembuh sendiri, namun butuh waktu berbulan-bulan untuk masa pemulihan. Mengistirahatkan tangan adalah cara terbaik agar kondisi ini bisa cepat pulih.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan masalah pada telapak tangan, termasuk sakit di telapak tangan bawah jempol. Perlu diketahui bahwa ada sekitar 27 tulang kecil di telapak tangan yang bisa cedera atau patah. Jika terjadi rasa tidak nyaman para telapak tangan, sebaiknya jangan sungkan untuk segera periksa diri ke dokter. Hal ini bertujuan agar masalah kesehatan tersebut bisa lebih cepat teratasi.