Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian

0 Comments

Permasalahan pada pengguna sepeda motor memiliki beberapa penyebab yang membuat mesinnya tidak menyala atau mogok. Salah satu yang menjadi penyebab dari mesin tidak menyala atau mogok adalah pengapiannya tidak normal.

Sistem pengapian dalam sepeda motor menjadi bagian terpenting saat kendaraan ingin digunakan. Kendaraan atau sepeda motor yang normal semestinya memiliki sistem pengapian yang lancar tanpa adanya hambatan. Apabila sisitem pengapian tidak menyala atau tidak normal, maka dapat disebabkan beberapa komponennya ada yang bermasalah. Komponen pengapian dalam sepeda motor menjadi bagian yang penting dalam sistem menghidupkan mesinnya.

4 Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian

Sepeda motor yang mogok ketika sedang digunakan di perjalanan memang dirasa sangat mengganggu penggunanya. Setiap sepeda motor memang pernah bermasalah mulai dari rem, kopling hingga menuju sistem pengapiannya. Apabila motor Anda tidak mau menyala saat ingin digunakan, bisa jadi komponennya ada yang bermasalah. Komponen yang bermasalah tersebut adalah bagian pengapiannya karena merupakan sistem penting agar mesinnya dapat hidup dan siap digunakan. Berikut ini adalah beberapa penyebab mesin motor tidak muncul pengapiannya yang dapat dijadikan referensi untuk Anda.

1. Kehabisan Bahan Bakar

Penyebab pertama dari mesin motor yang pengapiannya tidak berfungsi adalah kehabisan bahan bakar. Tanpa Anda sadari apabila ketersediaan bahan bakar dalam tangki sepeda motor yang habis dapat menjadi penyebab masalah ini. Bahan bakar menjadi salah satu komponen penting yang dapat membantu mesin motor bisa dijalankan. Apabila pengapian sepeda motor tidak berfungi, Anda bisa mengecek tangki bahan bakar atau bisa lewat indikatornya langsung. Tanda atau penunjuk pada indikator bahan bakar yang sudah menunjukkan pada angka yang kecil bisa jadi pertalite atau pertamax di tangkinya sudah habis. Jika sudah menemukan masalah bahan bakar habis menjadi penyebab sistem pengapiannya tinggal isi ulang saja di stasiun pengisian terdekat.

2.      Busi  Sudah Rusak

Pembahasan selanjutnya tentang hal-hal apa saja yang menyebabkan pengapian motor tidak berfungsi adalah businya sudah rusak. Komponen dalam sepeda motor seperti busi menjadi salah satu komponen penting dalam pengapian karena menjadi salah satu komponen kelistrikan pada mesinnya. Apabila sepeda motornya mogok dapat mengecek businya, barangkali sudah rusak atau kotor. Buka saja bagian saklar busi dan keluarkan komponen tersebut. Anda bisa mengecek apakah busi masih berfungsi atau tidak dengan ditempelkan pada mesin lalu hidupkan motor dengan sistem selah kaki. Apabila busi masih menyala api biru berarti komponen tersebut tidak rusak.

3.      CDI

Penyebab ketiga tentang motor yang tidak memiliki pengapian adalah komponen CDI. Selain busi, komponen ini juga termasuk dalam sistem pengapian sepeda motor yang Anda miliki. CDI merupakan komponen mamang bengkel pengapian motor yang tingkat kerusakannya kecil. Hal ini membuat komponen ini lebih awet dari sistem pengapian lainnya yang bisa jadi lebih rawan mengalami kerusakan. Anda bisa mengecek CDI secara langsung apabila sistem pengapian mengalami kerusakan, dengan catatan kondisi busi masih normal.

4.     Koil

Pembahasan terakhir mengenai penyebab dari pengapian motor yang tidak berfungsi adalah koil. Anda bisa cek starter otomatis dan manual terlebih dahulu dan apabila tidak menyala dengan dua cara tersebut bisa melihat kondisi koilnya. Bagian inilah yang menyalurkan energi dari starter menuju busi untuk menimbulkan proses pengapian. Rusaknya koil dapat berasal dari kabel yang sudah putus dan memang benar-benar sudah rusak sehingga disarankan untuk membeli yang baru saja di toko sparepart.

Pembahasan mengenai penyebab pengapian motor tidak berfungsi sudah dibahas dengan beberapa poin yang ada tersebut. Tentunya setelah menyimak penjelasan kami, Anda sudah mengetahui tentang penyebab pengapian motor yang tidak berfungsi.