Jerawat Di Leher Bikin Gak Percaya Diri? Yuk Intip Penyebabnya Di Sini!

0 Comments

Jerawat selalu menjadi masalah kulit yang memerlukan penanganan ekstra. Jerawat sering kali muncul di wajah, tetapi juga tidak jarang melebar hingga ke leher. Meski tidak terlalu tampak, tetapi dapat mengganggu penampilan anda. Jerawat pun terkadang disertai radang dan rasa nyeri, sehingga harus segera diobati agar kondisinya tidak semakin parah. Jerawat di leher ini disebabkan oleh berbagai hal dan diatasi dengan cara yang unik. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Penyebab Jerawat Leher

Ternyata sumber permasalahan dari manusia memang masih seputar jerawat yang muncul di area wajah dan sekitarnya. Salah satu tempat muncul jerawat yang mengganggu adalah leher karena jarangnya anda membersihkan area tersebut. Leher tentu tetap kotor karena debu atau keringat, sehingga harus dibersihkan saat anda mandi. Jika anda jarang membersihkan leher, tentu dapat memicu masalah karena pori porinya tersumbat kotoran dan terinfeksi bakteri.

Jerawat memang disebabkan oleh pori pori yang tersumbat, tetapi banyak hal yang membuat pori pori tersebut tersumbat. Salah satunya adalah tidak membilas leher dengan bersih saat anda mandi. Meskipun leher tidak terlalu tampak, tetapi tentu anda harus membersihkan leher dengan sabun. Oleh karena itu, anda harus membilas sabun yang ada hingga bersih agar tidak menyebabkan munculnya jerawat di leher. Anda dapat menggunakan air mengalir agar sabun hilang.

Tidak hanya itu, bahkan membersihkan kulit terlalu semangat pun juga tidak disarankan karena kulit memiliki kelenjar keringat. Kelenjar keringat ini dapat mengatur kadar kelembaban kulit agar terhindar dari wajah keriput dan iritasi. Sering membersihkan wajah juga dapat merusak pH kulit sehingga menyebabkan jerawat. Selain itu, menggosok kulit terlalu keras saat anda membersihkan wajah juga tidak disarankan karena dapat melukai dan menyebabkan kulit anda ditumbuhi jerawat.

Jerawat yang muncul juga sering kali dikarenakan oleh hormon dalam tubuh yang berubah pada saat tertentu. hormon yang tidak seimbang menjadi pemicu utama jerawat leher anda seperti pada saat masa pubertas atau menstruasi. Oleh karena itu, tidak heran jika seseorang yang sedang memasuki masa pubertas akan memiliki jerawat di wajahnya. Wanita yang sedang mens pun sering kali ditumbuhi jerawat karena hormon dalam tubuhnya sedang melonjak drastis.

Tahukah anda bahwa stres dapat memicu berbagai penyakit dalam tubuh, jerawat di leher salah satunya? Jerawat juga dipengaruhi oleh tubuh seseorang yang sedang mengalami stres. Oleh sebab itu, sebaiknya anda selalu menjaga wajah tetap bersih dan menjauhkan pikiran dari hal hal yang negatif. Pikiran anda pun harus selalu positif agar tidak ada penyakit yang ada di dalam tubuh anda. Ajaklah diri anda untuk menyegarkan pikiran dengan suasana yang baru.

Biasanya wanita memang sangat menyukai make up yang dapat membuatnya tampak cantik dan percaya diri saat bepergian keluar rumah. Akan tetapi, tahukah anda bahwa make up juga memiliki dampak yang kurang bagus bagi wajah anda? Riasan yang terlalu tebal dan dipakai dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit tidak dapat bernapas dan pori porinya tertutup, sehingga menyebabkan munculnya jerawat di sekitar wajah dan leher anda.

Tubuh yang berkeringat dalam waktu yang lama juga menjadi penyebab utama munculnya jerawat di leher, sehingga kondisi akan diperparah jika anda tidak langsung mandi. Melakukan sebuah aktivitas yang membuat anda berkeringat justru harus segera dibersihkan agar kotoran dan keringat tidak bergesekan dengan kulit anda. Inilah yang membuat anda berjerawat atau dapat memperparah kondisi jerawat anda. Pastikan tubuh selalu bersih dengan mandi dan bersihkan diri.

Memilih pakaian yang tepat dengan cuaca tempat anda tinggal memang sangat penting agar jerawat tidak mampir di kulit anda. Hal ini harus semakin diperhatikan jika anda juga memiliki masalah kulit, seperti kulit yang sensitif. Anda dapat memiliki pakaian yang menyerap keringat, seperti kain yang berbahan katun. Terutama untuk baju yang memiliki kerah tinggi, yang dapat memicu tumbuhnya jerawat leher yang sangat mengganggu penampilan anda tentunya.

Apakah anda memiliki rambut yang panjang hingga melebih leher? Anda harus rajin keramas dan memastikan rambut selalu bersih. Rambut yang kotor dan berminyak dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit anda. Kotoran rambut yang bercampur dengan minyak memicu tumbuhnya jerawat di leher. Oleh karena itu, anda harus selalu menjaga kebersihan rambut anda dan memastikan tidak ada sisa sisa sampo atau kondisioner yang anda gunakan saat mandi.

Jerawat yang muncul di kulit anda dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti hormon yang tidak seimbang, masalah genetik, makanan, pakaian, tempat tidur yang kotor, dan obat obatan tertentu. Jika anda sedang mengkonsumsi obat obatan tertentu sebaiknya waspada terhadap kandungan obat tersebut karena dapat menyebabkan alergi. Tubuh yang menolak obat dapat bereaksi dengan bermacam macam cara, salah satunya dengan munculnya jerawat di kulti.

Kulit yang terpapar sinar matahari dan terkena berbagai produk guna merawat kelembaban, memang memiliki sel kulit mati. Oleh karena itu, anda harus rajin membersihkannya dengan scrub. Akan tetapi, harus diperhatikan penggunaan scrub terutama untuk kulit yang sensitif. Jerawat leher yang anda derita dapat disebabkan oleh kurangnya membersihkan leher atau scrub kulit leher sehingga membuat pori pori anda tersumbat. Sebaiknya anda scrub secara teratur.

Cara Mengatasi Jerawat Leher

Cara pertama yang dianggap ampuh dan banyak dilakukan adalah dengan memberikan obat jerawat. Banyak obat yang dapat anda gunakan, baik yang bebas maupun yang dengan resep dokter. Tentu anda harus cermat dalam memilih bahan aktifnya, seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Cara kedua mengompres jerawat di leher dengan es batu agar tidak meradang. Selain itu, anda juga dilarang untuk memencet jerawat agar tidak semakin parah.

Jika anda sering diolok olok karena jerawat yang tumbuh di wajah anda, tidak perlu khawatir karena jerawat sangat wajar dialami oleh manusia. Anda tidak boleh berkecil hati atau stres karena hal itu dapat memperparah kondisi jerawat anda. Yang harus anda lakukan adalah menjaga kulit tetap bersih dan memberikan obat yang tepat untuk jerawat leher, seperti obat jerawat punggung yang ampuh untuk menghilangkan jerawat di punggung. Sudahkah anda melakukannya?