Mengenal Control Panel Hosting Dan Manfaatnya Bagi Pengguna

0 Comments

Tahukah Anda mengenai pengertian control panel hosting? Ini merupakan sebuah program terpenting dalam pembuatan website. Ditawarkan pada setiap pengguna dengan beragam jenis yang diharapkan bisa memudahkan dalam pengelolaan sebuah website.

Kemudahan yang ditawarkan berkaitan dengan konfigurasi sebuah website. Karena hanya dengan memberikan perintah sederhana, seseorang bisa mengatur website sesuai keinginan.

Berbeda jika tidak menggunakan control panel. Pembuat website perlu memberikan perintah dalam bentuk teks. Dan kebanyakan orang belum memahaminya sehingga mengalami kesulitan dalam mengelola website.

Pengertian Dari Control Panel Hosting

Secara umum, pengertian control panel hosting merupakan kumpulan panel atau menu yang digunakan untuk mengatur fungsi yang terdapat dalam hosting server. Ini semua telah dikumpulkan dalam satu program server oleh penyedia layanan.

Control panel sendiri biasanya telah disediakan oleh penyedia web hosting. Contohnya seperti di Hosting Indonesia.

Sewaktu Anda melakukan pembelian hosting dan domain, Anda sudah memiliki akses untuk memasuki panel tersebut. Di panel ini, Anda bisa melakukan berbagai hal untuk menunjang aktivitas seperti pembuatan website.

Contohnya ialah menu instalasi software softaculous. Ini merupakan menu khusus untuk menginstall wordpress. Proses install hanya dalam hitungan menit. Hasilnya, website Anda akan terlihat di internet meskipun masih dalam keadaan kosong.

Tak hanya itu saja, fungsinya sangat banyak. Di antaranya ialah mengelola akun email, melihat statistic web, upload file dalam server, memberikan password pada folder dan lain sebagainya.

Intinya, control panel ini memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengelola server yang telah disewa. Pengelolaan yang mudah memungkinkan seseorang untuk mendapatkan hasil maksimal. Contohnya menghasilkan tampilan website yang sesuai keinginan.

Jenis Control Panel Yang Tersedia

Program ini memainkan peran sangat krusial dalam pembuatan website. Makanya, setiap pembuat situs akan memanfaatkannya.

Dan perlu diketahui bahwa Control Panel ini terbagi menjadi beberapa jenis. Anda bisa memilih software mana yang ingin Anda gunakan.

Di antara jensinya adalah CPanel, DirectAdmin, Plesk, dan ISP Manager. Namun yang paling sering digunakan oleh blogger di Indonesia adalah CPnel.

Alasannya adalah mudah dalam mengoperasikannya. Fiturnya juga lengkap sehingga penggunanya tidak membutuhkan tambahan fitur untuk mengembangkan website professional dengan biaya lagi.

Menariknya, CPanel ini sangat ramah pada pengguna baru. Artinya, seseorang yang baru belajar pun bisa mengoperasikannya. Jadinya, pengguna baru tidak kesulitan dalam membangun sebuah situs seperti kebanyakan pengembang web professional.

Poin Penting Dalam Memilih Control Panel

Sebagai kunci dalam pembuatan website, tentunya Anda tidak boleh main-main dalam menentukannya. Jangan sampai program ini mempersulit diri sendiri. Atau, program tersebut merugikan Anda. Contohnya ialah sering mengalami permasalahan yang menyebabkan situs terancam di internet.

Menyadari akan hal ini, sudah semestinya Anda lebih jeli dalam memutuskan untuk memanfaatkan jenis control panel. Supaya sesuai keinginan, perhatikan poin penting berikut ini.

  • Keamanan

Sistem keamanan yang bagus harus diutamakan. Jangan sampai sistem ini mudah dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya, banyak data penting yang Anda simpan di dalamnya.

Contohnya ialah data pelanggan yang terekam di email. Anda tentunya akan kehilangan data tersebut jika sistem keamanannya diserang. Akibatnya, Anda kehilangan pelanggan yang mana membuat bisnis Anda di internet jatuh dalam hitungan detik.

  • Software Pendukung

Pahami apa saja software yang terdapat di dalamnya. Usahakan agar software tersebut memang cukup untuk mendukung dalam pembuatan website. Begitu pula, software tersebut bisa dioperasikan tanpa kesulitan.

Alasannya ialah berkaitan dengan waktu. Tentunya, Anda tidak pernah berharap jika website yang dibuat menyita banyak waktu. Karena Anda ingin segera mengisinya dengan berbagai konten yang mana bisa di konversi sesuai keinginan. Contohnya adalah website untuk jualan produk.

  • Harga Software

Hampir setiap orang menginginkan keluar biaya minim dengan hasil maksimal. Ini tentunya bukan sebatas bualan belaka. Nyatanya, Anda bisa melakukannya lantaran kebanyakan provider sudah menawarkannya.

Contohnya ketika Anda melakukan pembelian hosting, Anda telah mendapati akses ke Control Panel secara gratis. Dan Anda bisa menjalankan aktivitas seperti mengatur tampilan, menginstall wordpress, mengatur email dan lain sebagainya.

  • Dukungan Layanan

Meskipun tampak mudah, sebagian orang juga masih mengalami kesulitan. Jika ini terjadi, Anda masih bisa bertanya langsung pada provider. Dengan catatan bahwa provider memberikan dukungan layanan. Misalnya memberikan panduan dalam menjalankan dan siap membantu dalam memecahkan masalah terkait penggunaan program.

Kesimpulannya, pengertian control panel hosting tidak lain merupakan program yang berisi berbagai menu yang bisa digunakan oleh pengguna dalam menjalankan fungsi dalam server. Dan pemilihannya sebaiknya mengacu pada kemudahan dalam penggunaan supaya hasil yang dicapai lebih maksimal.