Coba Obat Herbal Diabetes Alami Berikut

0 Comments

Gaya hidup tidak sehat sangat riskan menyebabkan diabetes. Penyakit ini merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu jenis penyakit kronis dan sulit disembuhkan. Dalam stadium akut, luka karena diabetes juga akan memaksa penderita memotong bagian tubuh yang mengalami luka tersebut.

Bahkan, pada kondisi terparah, metode pengobatannya hanya berlaku untuk menurunkan kadar gula darah saja. Anda bisa menggunakan obat herbal untuk diabetes sebagai salah satu alternatifnya. Obat herbal diabetes ini bisa ditemukan secara mudah di lingkungan sekitar. Berikut ini ulasan lebih lanjut untuk pilihan obat herbal diabetes yang bisa Anda coba.

Obat Herbal Diabates Alami

Obat herbal diabetes sudah sejak lama dijadikan sebagai pilihan dalam mengontrol gula darah. Untuk mendapatkan obat alami, Anda bisa memanfaatkannya dari tanaman-tanaman yang ada di sekitar. Berikut ulasan selengkapnya.

Bawang Putih

Di dalam bawah putih, terkandung zat yang bisa mengurangi kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein yang juga bisa menjadi senyawa ampuh penurun gula darah. Kadar kolesterol baik yang meningkat juga akan membuat sirkulasi darah lancar.

Gejala diabates akan semakin berkurang dengan kadar kolesterol baik yang tinggi. Namun, imbangi konsumsi bawang putih dengan makanan-makanan sehat. Hal ini bertujuan agar proses pengurangan kadar gula darah menjadi lebih lancar.

Kulit Manggis

Meskipun sekilas tampak biasa, ternyata kulit manggis memiliki nutrisi yang begitu tinggi. Tak heran banyak produsen obat herbal yang mengolahnya menjadi ekstrak. Di dalam kulit manggis terdapat xanthone. Zat satu ini bermanfaat menurunkan resistensi tubuh pada gula darah.

Selain sebagai obat diabates, kulit manggis juga begitu populer sebagai antikanker. Biasanya, orang-orang mengonsumsi kulit manggis dengan cara direbus setelah dikeringkan atau dengan mencari ekstraknya di toko-toko obat herbal.

Beras Merah

Beras merah bisa menjadi pengganti nasi putih untuk dikonsumsi penderita diabates. Kandungan karbohidrat kompleks yang ada pada beras merah sangat baik untuk pencernaan. Tak heran jika dokter juga merekomendasikannya sebagai makanan pokok penderita diabetes. Selain itu, kadar nutrisi lainnya juga sangat tinggi.

Beras merah merupakan salah satu bahan makanan yang indeks glikemiknya sedang. Anda bisa mengonsumsinya sebagai bahan makanan pokok. Selain beras merah, kentang juga kerap digunakan sebagai pilihan pengganti nasi putih.

Pare

Meskipun pahit, ternyata manfaat pare untuk diabetes sangat optimal. Kandungan bahan aktifnya membuat tubuh tidak sensitif terhadap insulin. Di dalam pare, terkandung senyawa alkaloid, charantin, cicine, hingga peptida.

Cara kerjanya adalah dengan menstimulasi aktivitas pelepasan insulin sehingga lebih baik lagi. Selain itu, senyawa tersebut juga akan melawan resistensi insulin karena komplikasi diabetes.

Gingseng

Tanaman ini sudah dikenal lama sebagai obat herbal diabates yang baik. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya mampu menurunkan kadar gula darah. Biasanya, gingseng diolah menjadi ekstrak dan diseduh dengan air hangat.

Jangan lupa, tetap jaga pola makan dan hidup sehat Anda sebab konsumsi gingseng tidak akan memberikan efek apa pun apabila tidak diimbangi dengan menjaga pola hidup sehat.

Tips Sebelum Mengonsumsi Obat Herbal Diabetes

Obat herbal diabetes dapat dijumpai di mana pun. Selain menggunakan tanaman-tanaman alami seperti yang dibahas di atas, Anda juga bisa mencarinya di distributor herbal. Namun, sebelum menggunakan obat herbal diabetes, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Bagi yang akan mencoba menggunakan obat herbal diabetes, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan memberikan arahan sesuai kondisi kesehatan Anda.
  • Pastikan tidak muncul kontradiksi sebab obat herbal diabates juga bisa berinteraksi dengan obat pemberian dokter. Jika kedua obat itu dikonsumsi bersamaan, ada dua kemungkinan yang terjadi: meningkatkan efek samping atau justru menguranginya.
  • Jika mencari obat di distributor herbal, pastikan distributor tersebut sudah terdaftar di BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan.
  • Obat herbal diabetes hanya bisa digunakan sebagai pendamping.
  • Hentikan penggunaan jika terdapat tanda-tanda alergi atau efek samping. Segera cari pertolongan medis.
  • Imbangi dengan pola hidup sehat. Jangan sembarangan mengonsumsi makanan, terlebih yang kaya akan gula.
  • Hindari stres agar imunitas tubuh membaik.
  • Cari distributor herbal yang terpercaya agar Anda mendapatkan obat dengan jaminan kualitas baik.

Bukanlah pilihan buruk untuk mencoba obat herbal diabetes. Hanya saja, jangan sembarangan memilihnya. Selain itu, terapkan gaya hidup sehat agar kadar gula darah tetap stabil. Semoga bermanfaat.