Obat Herbal Asam Urat

0 Comments

Mungkin di antara Anda sudah sering mendengar istilah penyakit yang satu ini. Umumnya, penyakit ini dialami oleh orang-orang yang usianya di atas 40 atau 50 tahun. Asam urat adalah peradangan pada persendian di area kaki dan kadang tangan, yaitu pada bagian pergelangan, jempol, lutut kaki atau siku tangan, telapak kaki, dan jari-jari tangan.

Penyakit ini bisa jadi mimpi buruk bagi para penderitanya, karena biasanya rasa nyeri yang dialami tak tertahankan. Bahkan, ada yang cukup parah hingga penderitanya kesulitaan beraktivitas. Sebab, yang menjadi pemicu sakitnya adalah bagian-bagian tubuh yang selalu digerakkan dan menjadi penopang tubuh.

Asam urat bisa terjadi karena proses penguraian zat purin yang gagal, sehingga terjadi penumpukan limbah pada tiap persendirian tubuh. Idealnya, asam urat akan dibuang oleh tubuh melalui urin atau feses. Namun, kadang jumlah asam urat yang terakumulasi lebih banyak atau penderitanya kekurangan cairan (kurang minum air putih).

Ketika asam urat terakumulasi begitu banyak, ia akan membentuk kristal tajam natrium urat yang ukurannya sangat kecil (mikro). Jika Kristal tajam ini masuk ke lapisan lunak sendi, maka akan datang rasa nyeri yang bisa jadi begitu hebat. Bukan hanya menumpuk pada persendian, Kristal natrium ini juga bisa menumpuk di ginjal.

Penyakit asam urat biasanya akan ditangani dengan obat dokter. Meski begitu, beberapa orang masih banyak yang mempercayakannya dengan obat-obatan herbal. Obat herbal asam uratberasal dari tanaman obat yang dipercaya dapat meredakan rasa nyeri karena penumpukan tadi dan membuat penumpukan hilang.

Obat Herbal untuk Asam Urat

Obat herbal dari bahan-bahan alami dipercaya lebih aman untuk mengatasi penyakit asam urat dan minim efek samping dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Namun, tidak semua obat alami dari tanaman ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah asam urat. Lantas, apa saja obat alami dari kandungan bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah asam urat?

1. Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman herbal asli Indonesia yang dipercaya banyak memiliki manfaat, salah satunya adalah untuk obat pereda nyeri pada asam urat. Banyak peneliti yang telah membuktikan ini secara ilmuah, bahwa zat aktif antiradang (gingerols dan shgaol) yang terdapat pada jahe dapat mendatangkan manfaat tersebut. Bahkan, ini lebih ampuh dibandingkan paracetamol dan ibuprofen.

2. Kunyit

Tanaman yang satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Senyawa aktif pada kunyit bernama curcumin mampu menjadi antiradang yang akan membantu meredakan peradangan. Curcumin dapat menekan protein faktor nuklir kappan B (NF-kappa B) yang menghasilkan peradangan dalam tubuh. Saat produksi protein ini ditekan, maka peradangan karena pengkristalan asam urat dapat mereda.

3. Brotowali

Brotowali terkenal diyakini dapat membantu menetralkan peningkatan kadar asam urat. Hal ini dibuktikan pada banyak penelitian yang membuktikan, bahwa brotowali bisa menjadi pereda nyeri pada serangan asam urat. Namun, penggunaannya harus di bawah anjuran dokter, karena terlalu banyak juga akan berbahaya untuk tubuh.

4. Biji seledri

Seledri dikenal memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Bahkan, biji seledri bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi nyeri pada penyakit asam urat. Senyawa aktif pada asam urat, seperti luteluin dan 3-n-butylphythalide (3nB) mampu mengatasi peradangan dan mengendalikan asam urat di dalam tubuh, sehingga tidak terjadi penumpukan yang membuat nyeri.

5. Bunga dandelion

Di Indonesia, bunga ini mungkin tidak terlalu banyak digunakan sebagai obat herbal. Padahal bunga dandelion dipercaya bisa menjadi obat asam urat alami. Manfaat bunga ini, yaitu dapat menurunkan kadar asam urat dan menjadi obat bagi memiliki resiko sakit ginjal. Namun demikian, masih dibutuhkan banyak penelitian lebih lanjut.

6. Buah-buahan berry

Sejak lama buah-buahan berry, seperti strawberry, raspberry, blueberry, dan blackberry, dikenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi. Buah-buahan berry ini juga bisa jadi pilihan tepat untuk mengatasi penyakit asam urat secara alami. Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian, di mana kandungan anthocyanins di dalamnya dapat mengurangi peradangan pada sendi.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal sejak zaman nenek moyang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit, termasuk juga untuk kecantikan. Kandungan vitamin E yang begitu kaya pada minyak zaitun dapat menjadi antioksidan yang bisa meredakan peradangan. Bukan hanya itu, vitamin E pada minyak zaitun mampu mengendalikan level asam urat dalam tubuh.

Itulah tadi beberapa obat herbal asam urat yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala penyakit asam urat. Carilah toko herbal yang menjual obat-obatan herbal alami yang asli tanpa campuran bahan kimia dan terpercaya kualitasnya, seperti di toko herbal Semarang. Namun demikian, hal paling penting dari pengobatan asam urat adalah rutin meminum air putih sesuai anjuran ahli kesehatan.