Obat Belekan Pada Bayi

0 Comments

Sebagian besar kasus mata belekan tidak perlu dikhawatirkan dan dapat dirawat di rumah. Namun jika kondisinya tidak kunjung membaik, mungkin hal itu disebabkan oleh bakteri yang berasal dari proses persalinan dan memerlukan perawatan medis.

Penyebab Belekan

Bayi baru lahir mengalami belakan saat saluran air mata tersumbat oleh cairan ketuban atau sel kulit. Penyebab umum keluaranya cairan kental yang disebut belek adalah saluran air mata yang tersumbat. Penyumbatan membuat mata sangat berair dan kotoran lengket terbentuk di sudut mata.

Kotoran mata pada bayi baru lahir juga bisa menjadi tanda konjungtivitis yaitu peradangan pada selaput tipis yang melindungi bagian depan mata (konjungtiva). Beda dengan saluran mata yang tersumbat, konjungtivitis sering kali menyebabkan bagian putih mata menjadi merah dan kelopak mata bengkak.

Perawatan di Rumah

Sebelum menyentuh area dekat mata, penting untuk mencuci tangan dengan sabun dan air hangat terlebih dahulu untuk mencegah infeksi. Bilas hingga bersih dan keringkan tangan mengguakan kain bersih.

Untuk membersihkan kotoran, celupkan kain lembut bersih ke dalam air hangat, lalu seka sudut mata dengan lembut. Jika mengalami belekan pada kedua mata, gunakan bagian yang baru pada kain untuk membersihkan mata yang lainnya.

Angin, cuaca dingin, dan sinar matahari dapat memperparah gejala sehingga penting bagi Anda untuk menjaga mata bayi Anda.

Kapan Harus Konsultasi Dokter

Bayi baru lahir dengan kotoran mata atau mata yang sangat berair harus menemui dokter anak atau dokter mata anak. Tenaga kesehatan ini dapat mendiagnosis penyebab keluarnya cairan dan memeriksa tanda-tanda infeksi.

Penting juga untuk melakukan konultasi medis untuk bayi jika saluran air mata mereka tetap tersumbat setelah 6 sampai 8 bulan .

Bayi baru lahir dengan tanda-tanda infeksi mata harus segera ke dokter. Tanda-tanda infeksi mata bisa meliputi:

  • Mata merah, sakit, atau sembab
  • Kelopak mata bengkak
  • Nanah atau cairan berwarna kuning bahkan berubah hijau
  • Benjolan atau bengkak di sudut dalam mata

Jangan memberikan obat atau perawatan alternatif sebelum Anda konsultasi dengan dokter. Karena ini masalah serius yang menyerang salah satu bagian tubuh penting.