Daftar Harga Niagahoster VPS Terbaru dan Fungsi VPS

0 Comments

VPS atau Virtual Private Server merupakan server pribadi yang seluruh resourcenya hanya digunakan atau diperuntukan bagi satu pengguna saja dan tidak bisa dipengaruhi oleh pengguna lain. Dengan begitu maka pengguna dapat leluasa mengelola secara penuh semua yang ada pada VPS, baik konfigurasinya dan juga resource yang ada di dalamnya sesuai dengan keinginan kalian.

VPS menggunakan teknologi virtualisasi hardware server fisik yang dibagi menjadi beberapa resource yang berbeda. Kenapa teknologi yang digunakan VPS disebut virtual, pasalnya pembagian resource dilakukan dengan menggunakan software maka dalam satu server fisik hanya terdapat beberapa VPS yang berjalan.

Untuk bisa mendapatkan layanan VPS yang berkualitas tidak ada salahnya untuk menggunakan Niagahoster. Berapa harga hosting VPS di Niagahoster?

Harga Cloud VPS Niagahoster

Berdasarkan informasi terbaru dari website resmi niagahoster.co.id, untuk harga Niagahoster VPS disini mulai dari 104 ribu per bulan untuk paket Nano dengan spek RAM 1 GB, CPUz 2,4 Ghz, Disk spacenya 20GB dan memiliki bandwidth sebesar 1000 GB.

Dan paket termahal Niagahoster VPS di paket Enterprise dengan RAM 8GB, CPU z 19.2 Ghz, disk spacenya mencapai 160 GB, untuk bandwidth 8000 GB memiliki harga sewa per bulannya Rp 900.000 dan ketika memasukan Kode promosi niagahoster akan mendapatkan Discount 30% menjadi Rp 630.000/bln.

Fungsi VPS Niagahoster Yang Sering Diterapkan Pengguna

Setelah mengetahui pengertian VPS selanjutnya akan dibawah mengenai fungsi dari VPS yang dapat kalian simak dibawah ini.

pexels.com

Web Hosting

Adapun salah satu fungsi VPS adalah sebagai web hosting. Pasalnya VPS sebagian besar banyak digunakan untuk mengeksekusi atau menjalankan halaman website oleh karena itu VPS disebut juga dengan layanan web hosting. Penggunaan VPS biasanya akan dilakukan ketika layanan atau traffic membutuhkan resource yang cukup tinggi.

Dengan tingginya permintaan resource maka hal tersebut membuat layanan hosting tidak dapat memenuhi permintaan resource tersebut. Untuk dapat mengatasi masalah permintaan resource yang tinggi maka digunakanlah VPS. Biasanya pengguna VPS merupakan seorang developer yang memiliki klien ataupun perusahaan dengan resource atau load yang tinggi.

Meskipun tidak jarang pula pengguna pribadi yang menggunakan layanan VPS untuk mengelola websitenya yang memiliki traffic yang padat.

File Hosting

Dengan menggunakan VPS pengguna dapat menyimpan berbagai file pribadi supaya dapat diakses menggunakan jaringan internet dimanapun. Umumnya file hosting hanya diperbolehkan pada layanan VPS saja.

Dengan kata lain tidak diizinkan pada layanan hosting, pasalnya jika file hosting diperbolehkan pada layanan hosting maka hal tersebut akan membebani server yang dapat mengganggu pengguna lain.

Adapun besarnya kapasitas penyimpanan yang ada pada VPS ditentukan berdasarkan paket yang digunakan oleh pengguna. Apabila kapasitas penyimpanan yang ada pada VPS semakin besar maka biaya yang dikeluarkan untuk berlangganan setiap bulan nya juga akan semakin besar.

pexels.com

Server Remote Desktop

Tidak sedikit pengguna VPS yang yang memanfaatkannya sebagai mesin otomatis untuk menjalankan bisnisnya. Untuk mewujudkan hal tersebut maka pengguna perlu menggunakan bot di dalam server.

Dimana bot tersebut nantinya akan menjalankan perintah tertentu yang sudah diatur secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Pada saat booming BitCoin atau banyak orang yang membicarakan BitCoin ada beberapa pengguna VPS yang mencoba menggunakan VPS untuk mendapatkan BitCoin.

Namun hampir semua penyedia layanan VPS melarang penggunaan VPS untuk menambang BitCoin. Pasalnya hal tersebut bisa membuat server berada pada posisi load yang tinggi dalam waktu lama.

Layanan VPN

Banyak pengguna VPS yang memanfaatkan layanan VPS untuk dijadikan sebagai server Virtual Private Network (VPN). Adapun yang dimaksud dengan VPN yaitu sambungan koneksi pribadi yang hanya dapat digunakan oleh pengguna yang sudah terdaftar ataupun sudah memiliki username dan password untuk melakukan sambungan.

Untuk bisa menggunakan VPN diperlukan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar perangkat. Adapun server VPN dapat berupa VPS yang didalamnya sudah terinstall VPN server atau bisa juga berupa komputer..

Mesin Percobaan

Ketika kalian membuat atau sedang mengembangkan sebuah website tentu kalian biasanya akan melakukan pengetesan terlebih dahulu. Dimana pengetesan tersebut mencakup kebutuhan sistem yang nantinya akan dijalankan.

Apabila kalian melakukan pengetesan menggunakan VPS maka semua kekurangan yang ada setelah dilakukan pengetesan dapat diubah dengan cepat. Selain itu dengan menggunakan VPS maka dapat memudahkan pengembangan untuk menggunakan hosting yang sesuai dengan kebutuhan website kalian.

Backup Server Utama

Perlu diketahui bahwa semua server sangat rentan terjadinya kehilangan data. Adapun penyebab terjadinya kehilangan data pada server bermacam-macam. Salah satu penyebabnya bisa saja karena kesalahan konfigurasi ataupun pembobolan server yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan adanya backup server tentu bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah kehilangan data yang ada di server. Pasalnya dengan backup server maka data terakhir yang ada di server akan dapat tersimpan secara up-to-date. Sehingga jika sewaktu-waktu data yang ada di server hilang, kalian bisa melakukan restore data pada server tersebut.

Demikianlah beberapa informasi mengenai fungsi VPS yang paling banyak dilakukan oleh pengguna. Namun untuk memilih VPS tidak boleh sembarangan. Pasalnya banyak penyedia layanan VPN yang menawarkan spesifikasi yang menarik kepada pengguna namun hal tiu tidak sesuai kenyataan.

Untuk memilih VPS yang bagus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Adapun salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memilih VPS adalah hardisk yang digunakan. Apabila hardisk yang digunakan bertipe SSD maka dapat membaca data dengan cepat dibandingkan dengan hardisk bertipe SATA dan SAS.

Selain hardisk untuk memilih VPS yang bagus kalian juga harus mempertimbangkan lokasi server VPS. Apabila lokasi server VPS dekat dengan kalian maka dapat mengurangi delay saat melakukan pengiriman data dari server ke kalian ataupun dari kalian ke server.