Model Tangga Rumah

0 Comments

Rumah bertingkat memiliki kelebihan tersendiri dibanding rumah tanpa tingkat. Salah satu keuntungan memiliki rumah bertingkat adalah Anda dapat memiliki hunian dengan lebih banyak ruang meski luasan tanahnya terbatas. Kelebihan lainnya adalah rumah Anda akan semakin menarik dengan adanya tangga rumah.

Dalam hunian bertingkat, tangga rumah memang memiliki fungsi yang jelas, yaitu sebagai jalan yang menghubungkan lantai bawah dengan lantai yang ada di atasnya. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa tangga rumah juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai elemen dekorasi yang dapat menambah nilai estetika atau keindahan suatu hunian.

Fungsi tambahan tersebut membuat tangga rumah hadir dalam berbagai variasi desain serta variasi material, tergantung dari tema atau konsep hunian yang diterapkan.

Aneka Jenis Tangga Rumah

Ada banyak sekali model tangga rumah yang dapat digunakan. Namun, sebelum memutuskan model tangga yang akan digunakan, Anda harus memastikan apakah model tangga tersebut cocok dengan konsep rumah. Berikut ini beberapa model tangga yang dapat dijadikan bahan inspirasi untuk memperindah tampilan rumah bertingkat.

Tangga Lurus atau L

Model tangga pertama yang sering digunakan pada hunian adalah tangga lurus. Model tangga ini adalah model yang paling sederhana. Walau begitu, tangga dengan model lurus pun dapat diaplikasikan dengan berbagai variasi, mulai dari variasi penempatan sampai dengan variasi bahan atau material yang digunakan.

Umumnya, model tangga yang benar-benar lurus akan diletakkan di tengah, sementara model tangga dengan bentuk L biasanya dipasang mengikuti bentuk dinding ruangan. Meski begitu, lokasi peletakan tangga ini perlu disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Jika rumah atau hunian Anda memiliki luas yang cukup, maka Anda dapat meletakkan tangga lurus dan lebar di bagian tengah ruangan. Sebaliknya, jika rumah Anda tidak terlalu luas, maka sebaiknya Anda lebih menghemat ruang dengan cara meletakkan tangga lurus di bagian pinggir ruangan atau dekat dengan dinding.

Berbeda dengan lokasi penempatan tangga yang harus menyesuaikan dengan luas ruangan, material yang digunakan untuk membuat tangga lurus justru dapat dipilih dengan lebih leluasa. Namun, tentu saja Anda harus menyesuaikannya dengan konsep rumah yang akan dibangun.

Misalnya, menggunakan material logam pada bagian railing atau pagar tangga dan induk tangga jika hunian Anda bertema industrial. Jika Anda ingin memberikan kesan alami, maka tangga yang terbuat dari kayu dapat menjadi pilihan yang tepat. Tentunya, kayu yang dipilih harus bersifat kuat sehingga mampu menopang bobot tubuh manusia.

Tangga Melengkung

Selain tangga dengan model lurus dan L, model tangga juga ada yang melengkung. Jika tangga dengan model lurus atau L dapat memberikan kesan yang tegas pada ruangan, maka tangga dengan model melengkung dapat memberikan kesan yang lebih luwes.

Tangga melengkung juga memiliki nilai seni dan keindahan tersendiri dibandingkan tangga lurus. Walau dapat diterapkan pada hunian bertingkat yang minimalis, tangga dengan model melengkung umumnya digunakan pada bangunan besar nan mewah.

Meski identik dengan kesan mewah, tangga melengkung juga dapat memberikan kesan yang sederhana jika dibuat menggunakan material yang alami seperti kayu.

Tangga Melingkar

Tangga melingkar adalah model tangga rumah yang secara fisik mirip dengan model tangga melengkung. Walau tampak mirip, model tangga melingkar berbeda dengan tangga melengkung. Tangga melingkar atau bisa juga disebut heliks adalah tangga yang bentuknya melingkar seperti spiral.

Dengan kata lain, tangga dengan model ini dibuat pada sebuah sumbu lurus yang dilingkari anak tangga. Karakter ini membuat tangga melingkar atau heliks tidak terlalu banyak memakan ruang sehingga tangga ini dapat diaplikasikan pada bangunan rumah minimalis sekalipun.

Floating stairs

Selain ketiga model tangga yang telah disebutkan, ada juga model tangga melayang atau floating stairs yang kental dengan nuansa futuristik. Seperti namanya, floating stairs dibuat dengan model melayang karena induk tangga ditiadakan pada struktur desainnya.

Ketiadaan induk tangga pada floating stairs membuat anak tangga seolah melayang tanpa ada yang menahan. Floating stairs dapat dihadirkan dalam berbagai variasi, seperti floating stairs dengan railing yang menggantung atau floating stairs tanpa railing (cantilevered stairs).

Pada cantilevered stairs, anak tangga ditempelkan atau dibuat menyatu dengan dinding sebagai satu-satunya tumpuan bagi anak tangga.

Untuk membuat tangga, Anda akan membutuhkan berbagai material. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengandalkan qhomemart, yaitu tempat jual-beli online yang tepat untuk berbelanja material bangunan maupun elemen dekorasi rumah.

Ada banyak sekali produk yang dapat dipilih di qhomemart, mulai dari furnitur, dekorasi rumah, perlengkapan dapur, cat, bahan bangunan dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, situs jual-beli online tersebut menyediakan produk yang lengkap yang terkait dengan bangunan dan dekorasi rumah.