Mitos Atau Fakta? Garis Putih Di Kuku Bisa Jadi Tanda Kondisi Ini

0 Comments

Pernahkah Anda mengamati adanya garis putih di kuku? Entah itu di kuku jari tangan maupun jari kaki. Kebanyakan dari kita pasti pernah mengalami kondisi ini. Anda pasti juga sering mendengar adanya mitos-mitos terkait tanda putih ini, bukan?

Namun begitulah mitos, kebenarannya masih sangat diragukan. Apalagi ada fakta lain yang telah didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Percaya atau tidaknya, itu kembali lagi tergantung pada diri sendiri.

Kondisi munculnya garis putih pada permukaan kuku disebut dengan leukonychia. Di masyarakat kondisi ini memiliki beragam mitos. Salah satunya adalah keyakinan bahwa jika garis ada di kuku jari tangan kanan berarti ada yang menyukai kita. Sedangkan jika garis ada di kuku jari kiri, itu artinya ada yang membenci kita.

Sementara dari pandangan peneliti dan studi yang dilakukan. Kondisi leukonychia bisa dikarenakan beberapa penyebab. Seperti adanya trauma ringan atau kuku yang sedang tumbuh. Faktor lain ialah karena adanya infeksi ringan pada kuku. Atau juga alergi dan dampak dari konsumsi obat-obatan tertentu.

Garis putih di kuku juga kerap dikaitkan dengan gangguan fungsi ginjal. Namun secara umum, munculnya garis putih ini bukanlah kondisi yang serius.