Pilihan Cara Meredupkan Layar Komputer Secara Tepat dan Mudah

0 Comments

Bagi sebagian orang, bekerja di depan komputer dalam kurun waktu yang cukup lama akan dapat membuat mata menjadi lelah. Hal ini disebabkan adanya radiasi yang keluar dari layar laptop yang dapat membuat mata menjadi lelah.

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa orang menyiasatinya dengan mengatur kecerahan yang ada pada layar komputer. Dengan kecerahan yang lebih redup membuat mata bekerja lebih ringan dibandingkan bekerja dengan kecerahan yang cukup tinggi.

Layar komputer yang dibuat agak redup juga berpengaruh pada penggunaan baterai. Kamu mungkin menyadari jika menggunakan komputer dalam keadaan terang akan menghabiskan daya baterai lebih cepat dibandingkan saat menggunakan komputer dengan layar redup. Oleh karena itu, meredupkan layar komputer bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghemat baterai. Apalagi jika komputer yang digunakan memiliki kapasitas baterai yang kecil.

Lantas, bagaimana caranya agar dapat meredupkan layar komputer dengan mudah? Ada beberapa pilihan cara melalui beberapa pilihan tool yang bisa digunakan untuk meredupkan layar komputer. Kamu bisa memilihnya berdasarkan cara yang paling mudah dan sesuai dengan operating system (OS).

Prosedur Meredupkan Layar Komputer dengan Mudah

Pixabay.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada banyak cara yang bisa digunakan untuk meredupkan layar komputer. Hal ini disesuaikan dengan operating system serta tipe komputer yang kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan Windows 10, kamu bisa menggunakan cara klik kanan pada halaman utama Windows. Setelah klik kanan, maka akan muncul beberapa tool pilihan. Kamu bisa memilih pilihan Display Setting. Setelah itu, kamu akan menemukan kotak dialog tentang pengaturan layar. Pilihlah menu Brightness and Color. Kemudian klik pilihan Change Brightness. Pada menu ini, kamu bisa mengatur tingkat kecerahan layar komputer dengan cara menggeser kursor ke kiri atau ke kanan.

Jika kamu ingin meredupkan layar komputer, maka geserlah kursor ke kiri. Setting tingkat kecerahan layar tersebut akan tersimpan secara otomatis. Sehingga, kamu bisa meninggalkan kotak dialog Display Setting tanpa menyimpan perubahan pengaturan yang telah kamu buat.

Jika kamu menggunakan Windows 7, kamu bisa menggunakan slider Windows 7 untuk dapat meredupkan layar yang ada pada komputer. Caranya adalah dengan memilih icon battery yang biasanya terletak di pojok bawah layar komputer. Klik icon battery tersebut. Setelah itu, akan ada beberapa menu pilihan tool yang bisa kamu pilih. Selanjutnya adalah dengan memilih menu Adjust Screen Brightness. Setelah itu, akan muncul slider tentang kecerahan komputer. Kamu bisa memilihnya dengan menggeser slide ke kiri agar tingkat kecerahan komputer meredup. Cara ini merupakan salah satu cara yang umum dilakukan karena mudah dan pratis.

Salah satu cara yang paling mudah dalam mengatur tingkat kecerahan layar komputer adalah dengan menggunakan tombol kombinasi yang ada pada keyboard. Biasanya simbol dari pengaturan kecerahan adalah matahari yang redupdan terang atau matahari dengan tanda negatif (-) atau positif (+).

Setiap komputer memiliki kombinasi tombol yang berbeda. Beberapa komputer harus menggunakan kombinasi tombol Fn + simbol brigthness. Akan tetapi, beberapa komputer keluaran terbaru hanya tinggal menekan simbol brightness saja untuk meredupkan layar komputer. Cara ini merupakan salah satu cara paling mudah karena tidak harus menekan beberapa menu.

Kamu juga bisa menggunakan menu slider yang ada pada Windows 10. Langkah ini hampir mirip dengan cara slider yang ada pada Windows 7. Kamu bisa mengklik icon battery yang ada pada pojok bawah layar komputer. Setelah itu, pilih menu yang mengatur tingkat kecerahan layar. Menu ini terletak di samping pengaturan batterai. Kemudian, atur agar layar komputer menjadi lebih redup.

Pilihan lain dari meredupkan layar komputer adalah dengan menggunakan kombinasi Windows + X yang ada pada keyboard. Dengan menekan tombol Windows + X yang ada pada keyboard, maka kamu akan masuk ke beberapa pilihan menu. Pilihlah menu Mobility Center atau Windows Mobility Center.

Pixabay.com

Setelah itu, kamu akan mendapati kotak dialog yang berisi beberapa pengaturan. Klik menu Display Brightness. Jika kamu ingin meredupkan, maka geser ke kiri slider tingkat kecerahan yang ada menu tersebut. Maka tingkat kecerahan dari layar komputer telah tersimpan dengan otomatis. Langkah meredupkan layar komputer dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + X ada pada komputer dengan OS Windows 7, 8, dan 10.

Sementara itu, cara yang umum digunakan adalah dengan menggunakan menu yang ada pada Personalize. Untuk dapat masuk ke kotak dialog Personalize, kamu bisa klik kanan pada dekstop Windows. Setelah itu, pilih menu Display. Kemudian, kamu bisa klik Adjust Brightness yang ada pada kotak dialog Display. Setelah itu, geserlah ke kiri slider yang ada untuk meredupkan layar komputer. \

Tips Mengatur Beberapa Personalize yang ada di Komputer

Jika kamu ingin mengatur beberapa pilihan personalize yang ada pada komputer selain tingkat kecerahan, kamu bisa menyimak beberapa tips dari https://wasiswa.com/. Dalam website tersebut juga tersedia tips memilih antivirus maupun merawat komputer yang bisa kamu gunakan agar komputermu dapat berjalan dengan semestinya.