Mengetahui Faktor Panas Dan Cara Menurunkan Panas bayi 6 bulan

0 Comments

Sebagai orang tua tentunya Anda pasti khawatir ketika megetahui tubuh si kecil terasa panas. Apalagi bayi tersebut baru berumur 6 bulan. Namun, pada umunya semua bayi pasti akan mengalami demam atau panas. Ada kalanya demam pada bayi adalah suatu kondisi yang normal terjadi dan bisa ditangani sendiri di rumah, jadi Anda tidak perlu tergesa-gesa untu membawa si kecil ke dokter.

Terdapat banyak cara menurunkan panas bayi 6 bulan yang dapat Anda lakukan. Namun, sebelum Anda mengetahui cara tersebut, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui faktor dan gejala yang dialami bayi Anda ketika bayi panas. Demam pada bayi biasanya dikarenakan antibodi yang sedang menyerang virus yang masuk ke dalam tubuh. Ketika bayi demam, biasnaya muncul tanda-tanda seperti berikut:

  • Tidak nafsu makan
  • Terlihat lesu dan tidak bersemangat saat diajak bermain
  • Tidak responsif
  • Terdapat ruam pada tubuh bayi
  • Muntah dan diare
  • Bayi merasa tidak nyaman bahkan saat tidur

Demam pada bayi juga bisa disebabkan dari efek samping imunisasi. Apabila bayi Anda mengalami demam karena efek samping imunisai, cara menurunkan panas bayi 6 bulan yang dapat Anda lakukan yaitu memberikan obat yang harus sesuai dengan anjuran dokter. Namun, jika demam bayi bukan karena efek samping imunisasi, Anda dapat melakukan hal sebagai berikut:

  • Memberikan ASI atau susu formula secara rutin dan lebih sering

cara menurunkan panas bayi 6 bulan yang pertama yaitu membrikan ASI lebih sering dari biasnaya. ASI memiliki banyak manfaat untuk bayi. Salah satunya yaitu menyembuhkan demam pada bayi. Hal tersebut dikarenakan, ASI mengandung banyak sekali nutrisi yang diperlukan oleh bayi. Apabila bayi Anda memiliki alergi terhadap ASI, Anda dapat memberikan bayi Anda susu formula.

 

  • Memberikan baju yang nyaman untuk bayi Anda

Banyak orang tua yang beranggapan bahwa dengan memberikan bayi baju yang tertutup dan tebal dapat membantu bayi agar tidak mengalami kedinginan. Cara menurunkan panas bayi 6 bulan,Anda cukup memakainkan bayi Anda dengan baju tipis dan nyaman. Pemberian baju yang tipis dan nyaman pada bayi dapat membantu tubuhnya mengeluarkan panas melalui keringat dan panas.