Mengenal Kaldu Jamur, Pengganti Micin Yang Tak Kalah Sedap

0 Comments

 

Bagi masyarakat Indonesia micin menjadi bahan penyedap makanan yang tidak asing. Micin atau MSG ini sudah sejak lama dijadikan sebagai penguat rasa dan penyedap. Dan kini hadirlah penyedap yang dikenal dengan Nutritional yeast atau kaldu jamur. Produk ini digadang gadang bisa menjadi pengganti dari MSG. Rasa umami yang dimilikinya juga tidak kalah dengan MSG dan juga memiliki berbagai manfaat. Yuk simak ulasannya berikut.

Berkenalan Dengan Nutritional Yeast, Si Pengganti MSG Yang Juga Umami

  1. Sedikit Tentang Nutritional Yeast

Nutritional Yeast adalah bentuk dari ekstrak ragi jamur yang bernama Saccharomyces cerevisiae. Dan untuk menghasilkan ragi ini maka jamur tersebut ditanam pada media yang kaya akan gula. Dalam hal ini bisa berupa tetesan tebu yang kaya akan kandungan gulanya. Ragi tersebut nantinya akan mengalami berbagai proses yang kemudian bisa dikemas dan didistribusikan. Yang kemudian dikenal sebagai penyedap jamur.

Bahan penyedap ini banyak digunakan oleh mereka yang vegan agar kebutuhan gizinya terpenuhi. Selain itu juga membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat. Inilah mengapa banyak yang menjadikan penyedap ini sebagai pengganti MSG. Selain dijadikan penyedap pada masakan, kaldu jamur ini juga akan dijadikan perasa keju bagi vegan. Rasanya yang umami juga membuatnya dihadirkan dalam sup maupun taburan pasta.

  1. Manfaat Bagi Kesehatan

Tidak hanya banyak digunakan para vegan, ternyata Nutritional Yeast ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kaldu satu ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup kuat sehingga bisa membantu untuk melawan radikal bebas. Sehingga radikal bebas tidak akan membuat kerusakan pada tubuh karena tak diserap tubuh. Antioksidan tersebut terdiri dari selenomethioine dan juga glutathione. Jika dikonsumsi bisa menghidarkan tubuh dari penyakit kronis.

Kaldu satu ini juga bisa membuat tubuh menjadi lebih kebal karena mengandung alfa manan serta beta gluken. Dimana kedua senyawa tersebut akan membantu tubuh agar kekebalannya meningkat. Menurut penelitian yang ada di Nutrition Facts, risiko kambuh dari penyakit akan menurun hingga 25% untuk mereka yang mengkonsumsi Nutritional Yeast sebanyak satu sendok setiap harinya. Bahkan ½ sdm bisa menurunkan flu.

Penyedap satu ini juga bisa memenuhi gizi penting yang ada di dalam tubuh. Karena mengandung 9 jenis asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino jenis ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga bergantung pada makanan yang masuk ke tubuh. Bukan hanya itu kaldu ini juga ternyata mengandung banyak vitamin B. Setiap merk Kaldu Jamur akan memiliki kandungan mineral dan vitamin yang berbeda.

Dengan melihat berbagai informasi tentang Nutritional Yeast, tidak salah jika saat ini banyak yang sudah beralih ke penyedap satu ini. Rasanya juga umami yang akan membuat masakan menjadi lebih lezat. Dan ternyata juga diperkaya oleh berbagai vitamin serta mineral yang sangat baik untuk tubuh. Setelah mengetahuinya, apakah anda berniat untuk beralih dari MSG ke Nutritional Yeast?