Mengenal Jenis Udang Windu

0 Comments

Black Tiger shrimp adalah julukan dari udang windu, udang ini asli berasal dari  Indonesia.  Udang windu ini merupakan salah satu dari komoditas ekspor Indonesia selain udang vaname. Di perairan udang windu ini beratnya bisa mencapai 260 gr serta panjangnya mencapai 35 cm. Namun berbeda jika udang windu ini dipelihara di tambak,beratnya hanya bisa mencapai 140 gr. Sedangkan panjangnya sekitar 20 cm.

Ciri Khas Udang Windu

Ciri udang windu ini mempunyai kulit tubuh yang keras, serta memiliki warna hijau kebiruan. Disamping itu yang menjadi ciri khas adalah adanya badannya yang berwarna loreng-loreng,mungkin ini yang menjadikannya mendapat julukan black tiger. Tempat hidup udang windu ini berpindah dari perairan yang dangkal jika udang ini masih muda, serta jika sudah dewasa menuju ke perairan laut dalam.

Manfaat Udang Windu

Udang memiliki berbagai macam manfaat termasuk juga didalamnya udang windu ini. Kandungan udang windu antara lain vitamin,mineral protein, asam amino serta kalsium. Walaupun udang windu banyak sekali manfaatnya tetapi kolesterol yang terdapat pada udang ini lumayan tinggi yaitu 250 miligram setiap 100 gram udang. Oleh sebab itulah jika mempunyai kolesterol yang tinggi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui berapa jumlah udang yang boleh dikonsumsi. Selain itu bagi kamu yang mempunyai alergi terhadap seafood terutama udang agar berhati-hati.

Selain kandungan nutrisi yang terdapat pada udang windu, udang ini juga mendatangkan manfaat lain dari limbahnya antara lain bagian kepala dan kaki dari udang windu bisa dimanfaatkan untuk dijadikan terigu sebagai pakan udang budidaya. Kulit udang yang mengandng chitin sebesar 25% di berbagai negara maju dimanfaatkan dalam bidang farmasi, bioteknologi, kosmetik, tekstil,kertas,pangan dan sebagainya.

Udang windu juga banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat kerupuk dan terasi. Pengolahannyapun sangat beragam dari mulai dibekukan, dikeringkan ataupun dimasukkan ke dalam kemasan kaleng.

Itulah sedikit ulasan mengenai udang windu. Banyak juga manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi udang ini untuk tubuh, serta manfaat limbah udang dan hasil olahan udang windu untuk bahan pangan. Semoga bermanfaat.