Meja Kantor

0 Comments

Sebagai salah satu furnitur yang penting dalam sebuah kantor, meja untuk bekerja di kantor tentunya harus dapat menunjang kebutuhan sekaligus menuntaskan produktivitas penggunanya. Oleh karena itu, meja untuk kantor harus dipilih dengan jeli. Berikut ini beberapa tips memilih meja kantor yang tepat dan sesuai dengan keinginan.

Sesuaikan dengan ruangan kantor

Pixabay.com

Tips memilih meja untuk kantor yang pertama adalah sesuaikan meja dengan ruang kantor. Maksudnya, pastikan kalau ukuran ruang kantor atau ruang kerja sudah sesuai dengan ukuran meja. Dengan begitu, meja tersebut tidak akan membuat kantor atau ruang kerja menjadi sesak atau sempit.

Untuk memastikan hal ini, Anda perlu memperhatikan dimensi produk yang dipilih, perhatikan apakah spesifikasi meja tersebut sudah sesuai dengan spesifikasi ruangan kantor atau belum. Artinya, Anda harus mengetahui dengan pasti tentang spesifikasi ruangan kerja di mana meja tersebut akan ditempatkan.

Selain memastikan spesifikasi meja dan ruangan sudah sesuai serta memikirkan peletakan meja, Anda juga perlu memperhatikan tentang model dan warnanya apakah sudah sesuai dengan konsep interior kantor.

Jika kantor Anda mengusung konsep yang formal, maka meja kerja dengan desain standar sudah cukup. Namun, apabila kantor Anda lebih didominasi oleh profesional muda, maka meja kerja dengan desain minimalis dan modern adalah pilihan yang tepat.

Perhatikan kualitas meja

Kualitas meja adalah hal penting yang tidak dapat ditawar dalam membeli meja untuk kantor. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memilih dengan jeli sebelum membeli. Pastikan kalau semua fitur dan fungsi dari meja untuk kantor yang akan dibeli tidak ada yang kurang dan dalam keadaan baik.

Contohnya adalah kelancaran laci saat dibuka dan ditutup. Anda juga perlu mengecek apakah permukaan meja tersebut datar atau miring. Pastikan juga kalau kaki mejanya kokoh dan tidak ringkih. Cek lagi permukaan meja kantor untuk memastikan kalau tidak ada cacat pada permukaannya, lapisan yang berlubang atau menggelembung.

Sesuaikan dengan fungsi pekerjaan

Sebelum memilih dan membeli meja untuk kantor, Anda harus tahu terlebih dahulu meja untuk kantor yang Anda butuhkan untuk pekerjaan apa. Jika pekerjaan yang akan dilakukan tidak membutuhkan komputer, maka Anda dapat memilih meja staff biasa untuk meja kantor.

Namun, pada dasarnya, meja untuk kantor masa kini sudah didesain untuk pekerjaan yang menggunakan komputer. Artinya, Anda hanya perlu memperhatikan kelengkapannya.

Apabila pekerjaan yang akan dilakukan membutuhkan komputer, maka Anda harus memilih meja komputer yang dilengkapi dengan keyboard tray, CPU dan printer compartment, serta socket untuk kabel.

Selain menyesuaikan meja dengan pekerjaan yang akan dilakukan, Anda juga perlu memperhatikan workstation yang ada di kantor. Apabila formasi workstation-nya shared space, maka Anda dapat membeli beberapa meja staff ukuran besar lalu disusun menjadi satu seperti meja besar.

Namun, Anda juga dapat memesan meja custom untuk dibuat workstation tanpa sekat yang sesuai dengan spesifikasi ruangan kantor Anda.

Sesuaikan dengan anggaran

Memilih meja untuk kantor memang perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun, selain menyesuaikan dengan kebutuhan, Anda juga perlu menyesuaikan meja untuk kantor yang telah ditemukan dengan anggaran belanja yang tersedia.

Apabila dirasa terlalu berlebihan, Anda dapat mengevaluasi kembali atau bahkan bernegosisasi dengan mitra penyedia. Harga jual tentunya akan sebanding dengan kualitas. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih meja untuk kantor yang tepat sehingga terhindar daari kerugian.

Hal ini perlu diperhatikan karena meja untuk kantor bukanlah barang yang digunakan hanya dalam waktu singkat, tetapi rekan sejati yang menemani penggunanya bekerja. Oleh karena itu, Anda dapat menganggap meja kerja kantor sebagai barang investasi jangka panjang sehingga akan menggunakannya dengan bijak dan hati-hati.

Pilih material yang tepat

Umumnya, meja kantor terbuat dari kayu. Namun, selera konsumen perlahan berubah sehingga kini model meja kerja kantor semakin beragam dengan material yang lebih beragam pula, seperti besi, kaca, rotan, bambu, laminasi, PVC, MDF, dan lain-lain.

Bagi Anda yang membutuhkan meja kerja kantor dengan desain yang modern, Anda dapat memilih meja yang permukaannya terbuat dari kombinasi kaca dan kerangka besi.

Cek ketersediaan aftersales

Pixabay.com

Barang yang dibeli tidak sesuai dengan kesepakatan adalah hal yang umum terjadi, mulai dari tipenya yang salah sampai jumlah unitnya yang kurang. Oleh karena itu,  Anda perlu memastikan adanya aftersales service untuk mencegah terjadinya hal serupa.

Selain memastikan barang yang dibeli sesuai dengan kesepakatan, Anda juga dapat melakukan hal lain  terkait dengan layanan aftersales, seperti penukaran, garansi, sampai pemilihan ekspedisi.

Standard countertop depth juga perlu diperhatikan saat membeli meja untuk kantor. Dengan memastikan kalau standard countertop depth sudah sesuai, ruang akan terasa nyaman.