11 Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia September 2020

0 Comments

Media sosial tidak hanya digunakan untuk kepentingan hiburan saja, kini Anda pun bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari media sosial tersebut. Tak heran jika pengguna media sosial di Indonesia kian hari kian merangkak naik. Setidaknya ada 11 media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia saat ini. Anda tentu sudah mengenal semua jenis media sosial tersebut, namun bisa jadi Anda tidak menyadari bahwa jenis tersebut masuk dalam kategori tersebut. Untuk itu, kali ini Anda akan disajikan data dan informasi yang erat kaitannya dengan penggunaan media sosial. Informasi serupa dapat Anda simak pula pada situs kangsandi.id atau menyimak langsung pada pembahasan berikut ini.

Mengapa Penggunaan Media Sosial di Indonesia Meningkat?

Sepanjang tahun 2020 ini pengguna media sosial tercatat mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan karena tingginya atensi atau minat dari para pengguna akan suatu aplikasi. Disamping itu, daya dukung konektivitas internet yang kian menunjukkan adanya peningkatan pun turut mewarnai proses tersebut. Adapun permasalahan seputar meningkatnya penggunaan media sosial tertentu pun turut dipengaruhi oleh adanya pandemi Covid-19. Adanya musibah ini menjadikan masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah, sehingga otomatis berpengaruh pada penggunaan media sosial berlebih.

11 Jenis Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Setelah menyimak alasan meningkatnya penggunaan media sosial dewasa ini. Sekarang Anda akan diajak untuk mengenal sejumlah media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Yuk simak apakah aplikasi tersebut pun digunakan oleh Anda atau tidak.

1.      WhatsApp

Saat ini hampir seluruh masyarakat dunia tentu menggunakan media sosial ini, tak hanya di Indonesia saja. Namun, aplikasi ini memang menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain memang dikhususkan untuk media komunikasi antar orang dalam satu keluarga atau bukan, aplikasi ini pun memiliki sistem pengoperasian yang ramah pengguna. Sehingga tak heran bukan jika banyak penggunanya.

2.      Pinterest

Media sosial jenis ini banyak digunakan oleh seseorang untuk membagikan suatu gambar atau desain. Tak heran jika banyak penggunanya karena selain dapat dijadikan sebagai media untuk mempromosikan karya pribadi. Aplikasi ini pun dapat digunakan untuk mempermudah seseorang ketika membutuhkan suatu media gambar.

3.      Quora

Memiliki tampilan seperti kaskus, aplikasi ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Anda bisa menuliskan berbagai macam pertanyaan dan melemparkan pada para pengguna media sosial tersebut untuk menjawabnya. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan jawaban terbaik dari seseorang yang berpengalaman.

4.      LinkeIdn

Selanjutnya ada media sosial yang sering digunakan untuk berkomunikasi atau media saat melamar pekerjaan. Mampu menjangkau jaringan komunikasi antar negara, media ini pun banyak penggunanya terutama talent ready yang menginginkan suatu pekerjaan impian.

5.      Line

Anda tentu sudah tidak asing dengan media sosial yang satu ini. Menyediakan aneka jenis stiker yang lucu dan unik, hal ini menjadikannya sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Mampu menampung ratusan anggota, tak heran jika banyak pengguna yang memanfaatkan line untuk membuat grup sesuai kebutuhan.

6.      Twitter

Saat Anda ingin mencurahkan segala keluh kesah maupun suatu pemberitaan tertentu, kini Anda bisa mengoptimalkan penggunan media sosial twitter. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur tagar yang mampu menjadikan suatu topik bahasan berada di jajaran teratas dan banyak dibicarakan oleh seluruh dunia. Tentu hal ini dapat memudahkan Anda mengetahui topik hangat yang tengah diperbincangkan.

7.      Tumblr

Jejaring sosial media yang termasuk dalam kategori mikroblog ini banyak digemari oleh masyarakat karena memungkinkan pengguna untuk memposting sejumlah media. Anda tak hanya dapat memposting tulisan dalam bentuk artikel saja, video, gambar, maupun adudio pun dapat Anda posting. Tak heran jika pengguna aplikasi ini semakin banyak seiring berjalannya waktu.

8.      Tiktok

Jejaring media sosial yang berasal dari Tiongkok ini, kini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pengguna tiktok memungkinkan untuk mengirim video pendek dengan latar belakang musik dan dilengkapi dengan fitur edit video yang mumpuni. Tak main-main, kini hampir seluruh generasi millenial pasti memiliki aplikasi ini di handphone mereka.

9.      Instagram

Ingin memiliki galeri yang dapat menampung suatu momen dalam bentuk foto dan video? Nampaknya instagram adalah pilihan tepat yang bisa Anda coba. Lazimnya di Indonesia media sosial ini akan dioptimalkan sebagai media untuk mempromosikan suatu produk yang dijual.

10.  Facebook

Pengguna media sosial facebook di Indonesia masih banyak dijumpai. Lazimnya selain dijadikan sebagai media komunikasi atau media berbagi suatu momen. Facebook pun dioptimalkan sebagai media sosial untuk mempromosikan suatu produk dagangan.

11.  Youtube

Saat ini tercatat hampir 132 juta orang Indonesia aktif menggunakan youtube. Selain dijadikan sebagai platform media sosial untuk membagikan suatu momen kebersamaan dalam bentuk vlog. Kini pengguna youtube pun diwarnai dari kalangan akademisi atau suatu lembaga non profit. Biasanya mereka akan menggunakan youtube sebagai media untuk mempromosikan suatu tugas siswa, melakukan sesi webinar dan kegiatan lainnya.

Itu dia penjabaran 11 contoh media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dari sekian banyak jenisnya apakah Anda pengguna salah satu diantaranya? Untuk mendapatkan informasi lanjutan, silakan simak terus di situs kangsandi.id. Semoga bermanfaat.