Masih Jadi Perdebatan, Bolehkah Ibu Hamil Bersepeda?

0 Comments

Menjadi Ibu hamil harus tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh untuk si calon buah hati. Untuk menghadapi persalinan nanti, ibu memerlukan kekuatan yang ekstra dan menguras tenaga. Oleh karena itu, dianjurkan untuk ibu hamil rutin melakukan olahraga ringan. Contohnya seperti yoga, senam ringan, berenang dan bersepeda. Mengenai olahraga bersepeda masih sering menjadi perbedabatan, bolehkah ibu hamil bersepeda? Simak ulasan dibawah ini.

Berikut Fakta Mengenai Ibu Hamil Yang Bersepeda

  1. Pendapat Ahli Kesehatan

Menurut Dr. Michele, dokter kandungan di Beverly Hills, California menjelaskan bahwa selama menjalankan trimester awal, diperbolehkan untuk ibu hamil berolahraga dengan sepeda. Karena menurut pendapatnya, berolahraga ringan dengan mengendarai sepeda merupakan pilihan yang bagus untuk ibu hamil. Namun, juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dianjurkan untuk dihindari bagi ibu hamil yang ingin bersepeda.

Ketika memasuki trimester ketiga, Dr. Michele menyarankan tidak lagi berolahraga dengan sepeda. Karena semakin besar pertumbuhan dari janin akan mempengaruhi bentuk tubuh pada si ibu juga. Oleh karena itu, pada trimester ketiga ini ibu hamil akan kesulitan untuk dapat menyeimbangkan tubuhnya selama berolahraga dengan sepeda. Apabila tetap dilakukan akan beresiko jatuh dan dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin.

  1. Tips Aman Bersepeda Untuk Ibu Hamil

Sebelum melakukan olahraga ketika sedang hamil, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan. Dokter akan memberikan saran dan dapat menilai kondisi tubuh. Sehingga dokter dapat memutuskan apakah tubuh anda mampu untuk menjalankan olahraga bersepeda. Tips kedua adalah memakai perlengkapan dan pakaian yang aman, seperti penggunaan helm standar maupun alas kaki yang nyaman.

Selanjutnya, utamakan keamanan saat bersepeda dengan memilih wilayah khusus sepeda dan menghindari jalur lalu lintas. Perlu juga untuk mengetahui cuaca di luar, agar bersepeda tetap nyaman dan tidak membahayakan ibu serta janin. Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah meminum cukup air sebelum dan setelah melakukan olahraga bersepeda. Hal tersebut dilakukan untuk mengganti cairan yang hilang akibat berkeringat.

  1. Manfaat Bersepeda Bagi Ibu Hamil

Setelah terjawab pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil bersepeda, ternyata olahraga ini memiliki begitu banyak manfaat baik untuk ibu hamil. Seperti pendapat dari Royal College of Obstetricians and Gynecologists menyatakan bahwa olahraga dengan bersepeda dapat membantu mengurangi pembengkakan, kelelahan, dan varises. Selain itu juga dapat terhindar dari masalah insomnia, kecemasan, stres dan depresi.

Seperti itulah hal – hal mengenai olahraga bersepeda untuk ibu hamil. Banyak ahli yang memperbolehkan olahraga dengan sepeda, namun juga banyak hal yang perlu untuk diperhatikan. Ibu hamil dianjurkan untuk tetap berhati – hati dan tidak memaksakan diri selama berolahraga. Oleh karena itu, diperlukan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan. Sehingga keselamatan dan kesehatan dari ibu hamil dan janin bisa tetap terjaga.