Mari Mengenal Ciri-Ciri Janin Sehat 1 s.d. 9 Bulan

0 Comments

Memiliki keturunan jelas menjadi harapan bagi setiap pasangan di dunia ini, baik itu pasangan muda maupun pasangan yang sudah cukup berumur. Tentu harapannya agar sang buah hati selalu sehat baik ketika masih dalam kandungan maupun ketika lahir kelak. Itulah mengapa banyak sekali orang tua yang rela melakukan berbagai hal demi sang buah hati dan tentu saja sang ibu yang mengandungnya.

Dalam masa kehamilan, seringkali seorang ibu hamil mengeluhkan berbagai hal seperti mual, pusing hingga muntah. Hal tersebut seringkali membuat khawatir apakah kondisi janin bermasalah atau tidak. Padahal kondisi ibu hamil yang dirasa kurang baik belum tentu menunjukkan hal yang kurang baik juga pada sisi si janin. Itulah mengapa perlu adanya edukasi mengenai ciri-ciri janin yang sehat sejak usia 1 hingga 9 bulan itu.

  1. Pada tri semester pertama

Pada tri semester pertama atau tiga bulan pertama usia kehamilan, para ibu bisa menjadikan kenaikan berat badan yang konsisten sebagai bentuk nyata sehatnya sang janin dalam kandungan. Pasalnya dengan kenaikan berat badan ibu hamil yang konsisten menandakan janin juga berkembang dengan baik pula. Akan lebih baik jika memperhatikan tabel kenaikan berat badan normal untuk ibu hamil sebagai pedoman, karena siapa tahu kenaikannya justru terlalu signifikan.

  1. Pada tri semester kedua

Pada awal tri semester kedua gerakan-gerakan dari si buah hati di dalam kandungan sudah mulai amat terasa oleh sang ibu yang mengandungnya. Hal tersebut menunjukkan si janin cukup aktif yang artinya cukup baik dan sehat. Sehingga sang ibu khususnya tidak perlu merasa khawatir meski rasa mual, keram dan beberapa keluhan kehamilan lainnya masih terjadi.

  1. Pada ttri semester ketiga

Pada tri semester akhir ini merupakan masa paling dinantikan karena sudah mendekati masa persalinan. Tanda janin sehat masih kurang lebih sama dengan pada masa tri semester kedua yaitu bagaimana aktifnya gerakan janin dalam kandungan. Tetapi tentu saja apa yang dirasakan jauh lebih terasa dibandingkan dengan masa sebelumnya.

Itulah beberapa informasi singkat yang dapat diperhatikan terkait apakah kondisi janin dalam kandungan sehat atau tidak. Untuk informasi yang lebih valid jelas perlu melakukan konsultasi dengan dokter kandungan.