Manfaat daun kumis kucing

0 Comments

Seperti kita ketahui, tanaman kumis kucing memiliki beragam khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu bagian yang paling berkhasiat dari tanaman kumis kucing ini adalah bagian daunnya.

Pada bagian daun kumis kucing ini terdapat beberapa kandungan bahan alami yang sangat beragam dan bisa dijadikan sebagai bahan utama untuk pembuatan obat-obatan tradisional maupun obat herbal.

Maka dari itu, banyak orang yang menanam kumis kucing untuk kemudian dikonsumsi sebagai obat-obatan alami untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Untuk itu, berikut beberapa manfaat daun kumis kucing yang perlu anda ketahui sehingga daun kumis kucing ini bisa anda manfaatkan semaksimal mungkin.

Dapat mengobati rematik dan encok

Mengkonsumsi daun kumis kucing yang telah diolah dijadikan sebagai teh secara rutin dapat mengobati rematik dan encok. Pada daun kumis kucing terdapat kandungan enzim flavonoid yang dapat meringankan gejala rematik maupun encok.

Selain dijadikan olahan sebagai the, anda juga bisa mengkonsumsi daun kumis kucing ini secara mentah maupun dengan mencampurkannya dengan tanaman herbal lainnya dengan mencampurkannya dan menjadikannya ramuan.

Mengatasi gusi bengkak

Daun kumis kucing ini juga berkhasiat untuk mengobati atau mengatasi gusi yang membengkak, caranya adalah dengan merebus daun kumis kucing dengan air secukupnya. Kemudian gunakanlah air rebusan daun kumis kucing tersebut untuk berkumur 2 kali dalam sehari. Maka gusi yang membengkak tersebut akan cepat sembuh dan membaik.

Membantu menurunkan berat badan

Ternyata kandungan pada daun kumis kucing juga dapat digunakan sebagai obat untuk membantu menurunkan berat badan, caranya yakni dengan mengkonsumsi daun kumis kucing yang telah di eksak dan dijadikan sebagai pil, obat maupun teh guna membantu menurunkan berat badan.

Tentunya agar berat badan turun dengan optimal maka harus di imbangi dengan olahraga teratur dan makan makanan yang seimbang dan bergizi lengkap. Karena obat atau daun kumis kucing ini hanyalah berguna sebagai penunjang saja.

Itulah beberapa Manfaat daun kumis kucing yang bisa kalian ketahui, semoga sedikit informasi tentang daun kumis kucing ini bermanfaat untuk kita semua.