Manfaat AC Untuk Bayi

0 Comments

Bagi kalian yang tidak tahu AC, AC adalah Air Conditioner atau alat pendingin ruangan. Fungsinya ya untuk mendinginkan ruangan, akan tetapi di berupa udara dingin bukan angin seperti yang dihasilkan oleh kipas angin.

Meskipun orang dewasa kadang lebih pemilih antara AC atau kipas angin dan tidak menyebabkan efek apapun jika dipakai oleh orang dewasa. Akan tetapi untuk bayi, AC memiliki kegunaan tersendiri yang bermanfaat untuk bayi.

Manfaat AC untuk bayi

Di antara manfaat AC untuk bayi adalah sebagai berikut:

Membuat bayi tidur lebih nyenyak

Bayi yang tidur di udara sejuk memiliki kualitas tidur lebih baik dibandingkan bayi yang tidur di udara panas atau dingin. Udara sejuk yang cocok untuk bayi adalag sekitar 23-25 o C.

Sedangkan untuk bayi yang baru lahir, suhu yang cocok adalag 18-20 o C dengan dibesong atau menggunakan sleepsuit. Sesuaikan dinginnya AC tidak membuat bayi kedinginan.

Pastikan juga bayi ketika tidur dengan ACmenggunakan baju yang hangat dan menggunakan selimut.

Mengatasi ruam kulit

Ruam kulit adalah kemerah merahanpada kulit bayi yang disebabkan oleh peradangan. Cirinya kulit akan terasa gatal, memiliki benjol, berwarna kemerahan, mengelupas, bersisik, bahkan terdapat iritasi.

Biasanya ruam pada kulit kemungkinan disebabkan oleh udara yang panas yang dapat mengembang biakkan bakteri penyebab ruam.

Ada banyak sekali jenis ruam kulit yang dialami oleh bayi, misalnya adalah:

  1. Eksim
  2. Biduran
  3. Impetigo
  4. Cacar air
  5. Dan lainnya.

Mengatasi biang keringat

Biang keringat bentuknya seperti bruntusan, dia berwarna kemerah merahan. Biang keringat menyebabkan gatal gatal dan pembengkakan ringan.

Biang keringat biasanya muncul di lipatan lipatan kulit,seperti leher, siku, dan belakang lutut. Hal ini disebabkan oleh udara yang panas dan lembab pada kulit bayi karena bayi memakai pakaian yang tebal.

Jadi, udara yang sejuk dapat mengatasi penyebab dari biang keringat.

Ayah ibu jangan lupa tetap memberikan ASI yang cukup untuk bayi ya meskipun dalam udara yang sejukā€¦ agar bayi tidak merasa dehidrasi atau kekurangan cairan.

Semoga artikel ini dapat membantu ya ayah ibu.