Macam-Macam VSCO effect dan Cara Menggunakannya

0 Comments

Dalam dunia fotografi, terkadang ada bagian yang harus kamu edit agar hasilnya lebih memuaskan. Salah satu perangkat lunak yang bisa membantu kamu dalam proses edit foto adalah VSCO. Dengan adanya VSCO, kamu bisa menerapkan beberapa VSCO effect dengan bantuan tools yang ada. Tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu kegunaan dari masing-masing tools tadi.

Untuk menggunakan VSCO, kamu haruslah memasangnya terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan paket penggunaan gratis sementara dan dapat ditingkat sewaktu-waktu menjadi full version. Untuk kalian ingin mencoba efek full version bisa download mod APK VSCO di www.technicaltalk.net. Nantinya, kamu akan mendapatkan beragam varian VSCO effect yang bisa memanjakanmu dalam mengedit. Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai VSCO effect tersebut.

Macam VSCO Effect yang Bisa Kamu Gunakan

Sebelum mempelajari mengenai VSCO effect, sebaiknya pasang dulu aplikasi VSCO. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan dari toko aplikasi resmi yang sesuai dengan sistem operasi. Pastikan kamu mengunduh aplikasi VSCO di toko aplikasi yang terpercaya. Hal tersebut untuk menghindari adanya ancaman dari malware dan virus.

Menggunakan Pilihan Filter

VSCO sangat terkenal dengan banyaknya pilihan filter. Hal tersebut tentu sangat bagus untukmu karena kamu tidak perlu mengatur preset secara manual. Pilihan filter yang dihadirkan sudah dibuat dan dikembangkan oleh orang-orang yang profesional dalam VSCO. Untuk cara masuk ke menu filter adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu studio.
  • Klik pada foto yang ingin kamu edit.
  • Tekan pada tombol edit yang menyerupai dua garis di bagian bawah.
  • Pada bagian bawah foto, kamu bisa memilih pilihan filter yang beragam. Sesuaikan saja dengan konsep dan tema dari foto tersebut.
  • Foto yang sudah kamu edit nanti akan masuk ke menu penyimpanan telepon.

Menggunakan Tools Secara Manua

l

Kelebihan dari VSCO adalah tersedianya fitur edit foto menggunakan tools secara manual. Hal tersebut menjadikan VSCO bisa membantu kamu untuk berkreasi lebih dalam lagi. Tentunya sebelum kamu menggunakan VSCO effect tersebut, pastikan kamu memahami terlebih dahulu semua tools yang ada. Tools tersebut antara lain:

  1. Exposure. Untuk tools yang satu ini memiliki manfaat dalam mengatur kecerahan dari gambar. Tools ini bisa diatur seberapa peningkatan atau pengurangan kecerahan dari foto yang kamu pilih. Semakin tinggi nilai exposure, semakin cerah dan bersinar suatu foto. Sebaliknya, exposure dengan value negatif berarti gambar tersebut dikurangi tingkat kecerahannya.
  2. Contrast. Berbeda dengan exposure, contrast dibuat untuk menambah dan mengurangi tingkat kontras dari suatu gambar. Semakin tinggi nilai kontras akan membuat objek pada gambar semakin berbeda gelap dan terangnya.
  3. Straighten. Sesuai dengan namanya, tools ini dibuat dengan tujuan mengatur tingkat kemiringan dari objek. Nantinya, kamu bisa menyesuaikan tingkat kemiringan sesuai dengan proporsi yang pas.
  4. Cropping. Tools ini dibuat untuk memotong dan menyesuaikan proporsi dari gambar. Kamu bisa membuang bagian dari gambar yang tidak berguna dengan tools ini.
  5. Sharpening. Tools ini berfungsi untuk meningkatkan ketajaman dari gambar. Biasanya gambar yang diambil dengan pencahayaan ekstra namun memiliki kualitas yang kurang detail memerlukan tools ini.
  6. Saturation. Tools ini disediakan untuk kamu yang ingin menyesuaikan intensitas warna pada foto.
  7. Temperature. Tools ini diperlukan jika kamu ingin mengatur keseimbangan warna putih pada suatu gambar. Nantinya gambar akan menjadi terlihat lebih hangat.
  8. Shadow Save. Kegunaan dari tools ini adalah membuat bagian yang gelap menjadi lebih terang. Dengan penggunaan tools ini akan menjadikan bagian gambar yang hitam berubah menjadi abu-abu.

Menggunakan Effect Dengan Sesuai

Dalam menggunakan effect yang ada, kamu haruslah menggunakan sesuai dengan proporsi dan kebutuhan. Sebagai contoh, untuk hasil foto yang terang kamu bisa buat lebih terang dengan menggunakan exposure dan shadow save. Hal tersebut membuat hasil foto menjadi lebih nyaman dipandang. Meskipun begitu, hasil foto yang ada bukan berarti bisa menjadi secerah foto yang memang pencahayaannya bagus.

Untuk kamu yang sudah memiliki hasil foto bagus, kamu bisa menggunakan pilihan filter yang disediakan oleh VSCO. Hasil penggunaan filter pada VSCO akan membuat tampilan menjadi jauh lebih hidup. Meskipun begitu, jika kamu salah dalam menggunakan filter, hasilnya justru akan tidak nyaman untuk dilihat.

Penggunaan tools koreksi gambar ditujukan jika ada hasil foto yang kurang sempurna. Perlu diingat juga bahwa kamu harus berusaha mendapatkan hasil foto yang bagus. Penggunaan tools terjadi ketika memang foto yang ada tidak memungkinkan untuk dibuat lebih baik lagi, atau sudah terlanjur diambil.

Kesimpulan

Dari semua effect yang ditawarkan oleh VSCO, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Pilihan yang ada cukup lengkap dan memudahkan pekerjaan para editor. Cakupan pengguna VSCO sendiri sangatlah beragam, mulai dari pemula hingga para fotografer profesional.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai VSCO effect. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam menggunakan effect yang ada pada VSCO dengan lebih maksimal. Sebaiknya kamu terus berlatih dalam menggunakan effect yang ada agar semakin mahir. Selain itu, kamu juga harus menggunakan software VSCO yang resmi agar effect yang ada bisa diterapkan tanpa ada kendala.