Lingkar perut normal

0 Comments

Sudah sewajarnya bukan, jika lingkar perut normal merupakan dambaan setiap orang? Tak peduli laki-laki maupun perempuan pasti cukup mendambakan nya. Akan tetapi, ukuran perut yang normal bukan hanya bermanfaat sebagai penunjang bodi ideal, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai acuan mengetahui tingkat kesehatan manusia serta kekebalan mereka terhadap penyakit?

Tak percaya? Berikut di bawah ini akan dipaparkan poin mengenai fakta-fakta yang dapat diketahui dari ukuran lingkar perut. Simak sampai habis ya,,

  1. Ukuran lingkar perut sebagai tolak ukur kesehatan

Ukuran normal lingkar perut wanita dewasa ialah 80 cm sedangkan pada pria ideal nya 90 cm. Kelebihan maupun kekurang dari angka tersebut dikatakan tubuh kurang ideal. Jika berada di bawahnya pertanda bahwa orang tersebut terlalu kurus dan dalam makna yang lain masih kekurangan nutrisi. Sedangkan kelebihan nomor, menandakan seseorang obesitas dan terlalu banyak lemak. Biasa disebut perut buncit.

Perut buncit sendiri kadang diabaikan dengan berbagai alasan. Lemak visceral dan lemak subkutan dibiarkan mengendap di perut sehingga menimbulkan perut buncit. Jika sudah demikian, terdapat kemungkinan-kemungkinan penyakit yang bisa menyerang, diantaranya darah tinggi, kolesterol, diabetes, dan lain sebagainya.

  1. Cara menghitung lingkar perut yang benar

Tidak kalah penting dibandingkan ukuran perut ideal ialah bagaimana cara anda mengukur nya. Jangan sampai salah mengukur sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Adapun caranya ialah sebagai berikut:

  • Taruh pita meteran pas diatas pusar secara melingkar melewati punggung bawah
  • Jangan menarik pita terlalu longgar atau terlampau ketat. Pasangkan secara biasa.
  • Tarik nafas dengan santai, kemudian buang. Ketika posisi membuang nafas ini, lihat ukuran pada pita. Angka tersebut merupakan nomor valid besar ukurang lingkar perut anda.

Apabila anda tertarik mengetahui secara lebih detail mengenai ukuran lingkar perut, tindakan tersebut dapat dilakukan dengan berkonsultasi kepada dokter. Dengan menggunakan CT scan, pasien dapat mengetahui jenis lemak di perut, area perut manakah yang terdapat lemak, serta volume lemak perut.

Demikian penjelasan lengkap mengenai Lingkar perut normal. Semoga bermanfaat.