Cara Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris untuk Karyawan

0 Comments

Fakta di Indonesia bahwa banyak masyarakatnya yang tidak memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik. Ada juga yang tidak percaya diri dengan apa yang dimilikinya. Padahal memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik menjadi salah satu syarat perusahaan untuk calon karyawannya.

Bagaimana jika tidak memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik? Segera kursus di lembaga yang kredibel dan berpengalaman. Anda bisa meluangkan sedikit waktu setelah kerja untuk belajar bahasa inggris. Meski ini tidak mudah dilakukan namun bukan berarti tidak bisa mencobanya.

Ada beberapa cara untuk memilih tempat kursus bahasa inggris untuk karyawan. Cara yang diberikan sebisa mungkin menyesuaikan jadwal kerja yang dimiliki. Inilah beberapa cara memilih tempat kursus bahasa inggris untuk karyawan.

4 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Mengambil Kursus Bahasa Inggris

1. Menentukan Modul Apa yang akan Dipelajari

Ada banyak materi bahasa inggris yang bisa dipelajari. Namun, apa yang dipelajari harus sesuai dengan output yang akan didapatkan. Apabila ingin meningkatkan kemampuan berbicara, maka diharuskan mengambil kelas conversation. Kelas ini memungkinkan Anda untuk lebih banyak belajar mengenai praktik berbicara menggunakan bahasa inggris.

2. Mengetahui Level Pada Diri Sendiri

Perlu diketahui jika dalam bahasa inggris memiliki berbagai level dan umumnya menggunakan skala 1 (Beginner) hingga 9 (Very Advanced). Sebelum menentukan tempat kursus bahasa inggris sebaiknya terlebih dahulu mengetahui sudah sampai mana level yang dimiliki. Supaya bisa mengetahuinya Anda akan diberikan tes terlebih dahulu. Setelah itu baru memilih program kursus.

3. Ketersediaan Waktu

Sebelum mengambil kursus sebaiknya memahami tentang ketersediaan waktu yang dimiliki. Mengingat Anda adalah seorang karyawan yang memiliki jam kerja cukup padat.  Biasanya jadwal kursus bisa disesuaikan sepulang kerja atau saat akhir pekan.

4. Biaya Kursus yang Tidak Murah

Namanya juga kursus bahasa inggris pastinya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih jika Anda memilih untuk mengambil les privat atau tutor profesional. Disarankan untuk menyesuaikan biaya kursus dengan kondisi finansial yang dimiliki. Sebenarnya ada tempat kursus bahasa inggris dengan biaya murah tetapi berada di Kampung Inggris.

6 Cara Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris untuk Karyawan

1. Perhatikan Biaya yang Harus Dikeluarkan

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk memilih tempat kursus bahasa inggris untuk karyawan adalah biayanya. Saat ini sudah ada banyak tempat kursus yang telah menawarkan biaya dengan harga yang sangat terjangkau. Anda boleh memilih yang murah asalkan tetap berkualitas. Fakta ini bisa Anda dapatkan jika memilih untuk datang ke Kampung Inggris Pare.

2. Fasilitas yang Diperoleh

Selanjutnya Anda harus mencari tahu fasilitas apa saja yang akan diperoleh saat ikut kursus bahasa inggris. Fasilitas tersebut bisa dalam bentuk program belajar, tutor atau tenaga pengajar, jenis kelas, lokasi kursus dan jadwalnya. Satu hal yang paling penting apakah tempat kursus tersebut menyediakan tempat untuk tes TOEFL supaya bisa mengukur kemahiran dalam berbahasa inggris.

3. Materi Belajar yang Diberikan

Materi belajar atau modul yang diberikan juga menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Poin satu ini sangat berpengaruh terhadap proses belajar karyawan. Disarankan untuk memilih tempat kursus bahasa inggris untuk karyawan yang memiliki modul sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

4. Kualitas Tempat Kursus

Cara selanjutnya adalah memilih tempat kursus bahasa inggris yang berkualitas. Biasanya bisa dilihat apakah memberikan post test dan pre test kepada peserta atau tidak. Post tes dan pre test dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui sejauh mana progres peserta sebelum dan sesudah mengikuti kursus.

5. Utamakan Pelajaran Native Speaker dan Speaking Focus

Cara selanjutnya dan menjadi pertimbangan adalah mencari tempat kursus yang memfokuskan kemampuan dalam berbicara atau speaking focus. Kenapa demikian? Karena kemampuan bahasa inggris yang dibutuhkan dalam dunia kerja itu berbeda. Di dalam dunia kerja lebih mengutamakan berbicara. Maka dari itu, speaking focus dan native speaker lebih diutamakan.

6. Memilih Tempat Kursus dengan Jadwal Malam

Sudah bukan hal yang asing lagi jika seorang karyawan pulang kerja pada sore hari. Maka dari itu, ketika memutuskan untuk kursus bahasa inggris sebaiknya memilih jadwal malam atau setiap akhir pekan saja.

Nah itulah 6 cara memilih tempat kursus bahasa inggris untuk karyawan. Diharapkan uraian di atas bisa membantu Anda untuk memilih lembaga kursus yang tepat dan berkualitas. Semoga keputusan untuk belajar bahasa inggris bisa memberikan banyak manfaat.