Keuntungan Membuat Sirup Markisa Sendiri

0 Comments

Sesuai dengan namanya, markisa memiliki aroma kuat yang manis dan menggoda. Mereka tidak punya banyak hal untuk dimakan saat anda membukanya karena banyak biji di dalamnya. Itulah mengapa markisa lebih banyak tentang aroma dan rasanya daripada sebagai buah yang anda makan untuk makanan.

 

Banyak orang yang sangat menyukai buah markisa namun buah ini jarang ditemukan dijual di pasar atau tempat lain, padahal Indonesia termasuk iklim tropis yang cocok untuk perkembangbiakan tumbuhan ini. Untuk memenuhi kebutuhan para pecinta markisa dengan mudah, banyak industri yang juga telah bereksperimen dengan mengubah markisa menjadi sirup. Akan tetapi yang menjadi masalahnya adalah karena suhu tinggi yang terlibat dalam proses pembuatan sirup dapat menghancurkan banyak aroma dan mengubah warna oranye yang cerah menjadi cokelat karamel. Jika anda tidak masalah dengan hal tersebut, anda bisa membelinya. Selain itu, jika anda mempunyai buah markisa dan ingin menjadikannya sirup agar lebih tahan lama maupun sebagai kenikmatan pribadi, anda bisa membuatnya secara mandiri di rumah. Bahan dasar untuk membuat sirup markisa yang biasa sangat sederhana yaitu hanya menggunakan air, gula, dan buah markisa.

 

Dengan anda membuat sirup anda sendiri dan menyesuaikan selera anda, hasilnya akan lebih baik. Anda bisa menciptakan sirup kental dengan parfum yang intens dan warna oranye yang hidup yang bahkan lebih intens daripada buah mentah. Anda juga bisa menguji batas umur simpan. Meski demikian, mengingat jumlah gula dan keasaman yang alami sangat disarankan agar sirup ini harus disimpan di lemari es untuk waktu yang cukup lama.

 

Akan lebih baik jika anda membuat sirup dengan menggunakan buah markisan dengan kematangan tepat. Buah markisa yang matang seharusnya terlihat seperti kismis ungu raksasa. Jika buah yang anda miliki belum matang, biarkan saja di atas meja agar matang dengan sendirinya. Lalu ketika buah tersebut matang, anda bisa membuat sirup anda. Dengan membuat sirup sendiri, ada bisa bereksperimen berkali-kali untuk mendapatkan hasil terbaik untuk anda nikmati bersama dengan keluarga. Tidak menutup kemungkinan proses ini juga bisa menjadi jalan bisnis anda.