Hindari Berbagai Kesalahan Saat Memilih Furniture!

0 Comments

Salah satu hal terpenting dari sebuah desain interior rumah adalah furnitur. Ada banyak pilihan furnitur yang tersusun dari banyaknya model, bahan yang digunakan dalam proses pembuatan, serta ukuran furnitur.

Memilih sebuah furnitur yang cocok dengan desain rumah merupakan hal yang harus dilakukan. Furnitur yang tidak cocok akan menyebabkan desain rumah menjadi terlihat aneh. Selain itu, pemilik rumah juga akan merasa tidak nyaman saat menggunakannya.

Akan tetapi, ada banyak orang yang justru melakukan kesalahan dalam memilih sebuah furnitur yang cocok digunakan di rumah. Kesalahan tersebut membuat desain rumah menjadi tampak aneh. Selain itu, furnitur yang dipilih juga tidak bisa menampilkan fungsi furnitur sebagaimana mestinya. Akhirnya, furnitur tersebut harus diganti dengan yang baru.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu mengetahui apa saja kesalahan yang sering dilakukan saat akan memilih furnitur. Sehingga, kamu bisa memilih furnitur yang benar-benar cocok dan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Apa Saja Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memilih Furnitur?

Pixabay.com

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat memilih furnitur adalah ukuran furnitur yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan. Hal ini sering terjadi jika pembeli hanya melihat model furnitur tanpa menyesuaikannya dengan ukuran ruangan.

Ukuran furnitur yang salah akan membuat ruangan menjadi tidak nyaman. Sebagai contoh, jika furnitur yang dipilih terlalu besar maka ruangan akan terasa sangat sempit dan sesak. Sebaliknya, jika furnitur yang dipilih terlalu kecil, maka ruangan akan terasa lengang dan tidak menarik. Oleh karena itu, pastikan ukuran furnitur yang kamu pilih sesuai dengan ukuran ruangan.

Kesalahan lain yang sering dilakukan saat memilih furnitur adalah desain furnitur yang tidak sesuai dengan desain interior. Misalnya, desain interior ruang tamu yang kamu buat adalah desain interior modern – minimalis. Akan tetapi, furnitur yang dipilih justru merupakan furnitur yang cocok untuk desain klasik. Tentunya hal ini akan berdampak pada suasana ruangan yang tidak sesuai. Oleh karena itu, sebelum membeli furnitur, kamu bisa mencari berbagai referensi furnitur yang cocok sesuai dengan desain interior yang kamu buat.

Salah satu kesalahan yang juga sering dilakukan saat memilih furnitur adalah memilih furnitur yang mempunyai fungsi minimalis. Misalnya, meja makan yang hanya bisa digunakan untuk makan. Jika kamu memiliki rumah yang luas, hal ini tidak akan terlalu menimbulkan masalah. Akan tetapi, bagi orang yang memiliki rumah minimalis, pembelian furnitur dengan satu fungsi bisa menghabiskan banyak ruang.

Oleh karena itu, pilihlah furnitur yang memiliki banyak fungsi. Sebagai contoh, meja makan yang juga bisa digunakan untuk bekerja. Kamu juga bisa menggunakan meja makan lipat yang bisa dilipat menjadi meja ruang tamu. Sehingga, tidak terlalu banyak barang yang ada di rumahmu. Selain itu, sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur juga direkomendasikan bagi rumah yang hanya memiliki ruangan sempit.

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah membeli furnitur dengan harga murah tanpa memperhatikan kualitas dari furnitur. Harga murah memang menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli. Akan tetapi, bebebrapa furnitur yang dijual dengan harga murah memiliki kualitas yang cukup rendah. Sehingga, setelah digunakan selama beberapa waktu, furnitur tersebut akan cepat rusak. Hal ini tentu saja tidak terlalu menguntungkan bagi pembeli karena mereka harus membeli furnitur yang baru. Oleh karena itu, pastikan furnitur yang kamu beli terbuat dari bahan yang memiliki kualitas tinggi sehingga bisa digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah memilih furnitur yang desainnya kurang aman bagi anggota keluarga terutama anak – anak. Sebagai contoh, beberapa furnitur memiliki ujung yang lancip. Hal ini tentu berbahaya bagi anak – anak karena mereka sering berlarian sehingga kemungkinan mereka untuk terkena ujung lancip menjadi sangat tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memilih furnitur yang aman bagi anggota keluarga.

Memilih paduan warna furnitur yang tidak sesuai juga merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan. Sebagai contoh, warna sofa ruang tamu yang tidak sinkron dengan warna meja ruang tamu juga menjadi masalah. Hal ini dikarenakan desain ruang tamu menjadi tampak aneh. Oleh karena itu, pastikan warna furnitur yang dipilih saling berkesinambungan satu sama lainnya.

Tips Membeli Furnitur yang Cocok

Pixabay.com

Jika kamu ingin membeli furnitur yang sesuai dengan desain interior, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut. Pertama, tentukan ukuran ruangan yang ingin kamu isi dengan furnitur. Setelah itu, buat daftar macam-macam furnitur yang ingin kamu beli beserta ukuran masing-masing furnitur. Kamu bisa mencari berbagai macam referensi desain sehingga furnitur yang akan kamu pilih tampak serasi.

Setelah itu, carilah beberapa toko yang menyediakan furnitur yang kamu butuhkan. Kamu bisa mencarinya dengan mudah di beberapa toko furniture online. Beberapa toko menyediakan berbagai macam furnitur lengkap dengan spesifikasinya. Setelah itu, pastikan kualitas furnitur sesuai dengan harga yang ditawarkan. Kemudian, kamu bisa membeli beberapa furnitur dan mengaturnya menjadi sebuah desain interior yang cantik.