Kenali Keindahan Taman Nasional Teluk Cendrawasih

0 Comments

Teluk Cendrawasih adalah salah satu taman nasional yang ada di Indonesia atau lebih tepatnya berada di Papua. Taman nasional ini mempunyai luas hingga 1,453 juta hektar. Hal inilah yang membuat taman ini dinobatkan sebagai taman nasional terluas yang ada di Indonesia di bawah naungann TN Lorentz.

Taman nasional ini juga menjadi destinasi wisata yang sangat populer di Papua. Setiap wisatawan, baik lokal maupun asing yang berlibur ke Papua wajib mengunjungi taman nasional ini untuk menikmati keindahan alam tanah Papua yang masih asri. Walaupun sebenarnya hal tersebut juga dapat mengancam kawasan konservasi ini.

Secara administratif, Teluk Cendrawasih berlokasi di Provinsi Papua Barat dan berbatasan dengan Desa Manci. Banyaknya sungai yang mengalir, yakni mencapai 82 anak sungai di sekitar taman nasional membuat kondisi udaranya tidak terlalu panas dan memiliki curah hujan yang normal untuk rata-rata per tahunnya.

Kawasan taman nasional ini terdiri dari wilayah hutan dan juga lautan. Hal tersebut membuat keindahan alam di sekitar taman nasional semakin tidak tertandingi. Berbagai macam ekosistem juga dapat Anda temukan, seperti ekosistem hutan pantai, ekosistem hutan mangrove, ekosistem hutan tropis, dan juga ekosistem terumbu karang.

Terdapat empat pembagian zonasi di kawasan nasional yang perlu Anda ketahui.

  1. Zona inti yang berfungsi untuk melindungi spesies langka yang saat ini sudah terancam keberlangsungannya.
  2. Zona pelindung yang berfungsi sebagai pelindung zona inti supaya terhindar dari adanya kegiatan yang ada pada zona setelahnya.
  3. Zona pemanfaatan terbatas yang berfungsi sebagai penyedia sumber daya alam bagi masyarakat setempat. Akan tetapi, pemanfaatan sumber daya ini tetap berada dalam pengawasan.
  4. Zona penyangga yang berfungsi sebagai zona yang mengamankan zona-zona sebelumnya.

Berbagai macam flora dan fauna juga hidup di dalam kawasan taman nasional Teluk Cendrawasih. Beberapa flora yang hidup di taman nasional ini adalah cemara laut, ketapang, alga merah, dan rumput laut. Sedangkan fauna yang ada adalah lumba-lumba, duyung, paus biru, kanguru tanah, kuskus, dan rusa timor.