Kenali Dulu Penyebabnya, Berikut 4 Ciri Ciri Terlambat Datang Bulan

0 Comments

 

Haid atau menstruasi merupakan suatu perubahan fisiologis pada tubuh wanita yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Dalam hal ini, haid memiliki siklus yang normalnya 21 hingga 35 hari. Namun, tidak semua orang mengalami siklus yang teratur di setiap bulannya. Mengapa demikian? Sebelum mengetahui ciri ciri terlambat datang bulan, yuk simak penyebabnya.

Penyebab Terlambat Datang Bulan yang Wajib Anda Tahu

  1. Stres yang Berkepanjangan

Bagian otak yang mengatur siklus menstruasi dikenal sebagai hipotalamus. Apabila anda mengalami stres, maka kinerjanya akan terganggu. Stres ini bisa saja karena fisik dan mental yang akan membuat siklus haid anda mengalami keterlambatan. Maka dari itu untuk mengatasinya, anda dapat mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, rutin berolahraga dan relaksasi.

  1. Kelebihan Berat Badan (Obesitas)

Ketika wanita mengalami kelebihan berat badan yang tidak normal atau obesitas, maka akan memicu gangguan hormonal. Hal ini dikarenakan tubuh memproduksi hormon estrogen lebih banyak dari pada biasanya. Akibatnya hal ini akan menghambat pelepasan telur atau ovulasi dan menebalkan lapisan endometrium. Sehingga darah menstruasi tidak teratur dan menjadi banyak.

  1. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS atau yang disebut dengan Polycystic Ovarium Syndrom merupakan salah satu kelainan hormonal dengan beberapa gejala khas yang ditandai dengan adanya kista pada ovarium atau indung telur. Pada remaja yang mengalami PCOS, maka proses pelepasan sel telur tidak akan dapat terjadi. Karena ovarium wanita dengan PCOS akan dipenuhi dengan folikel yang mencegah sel telur terlepas.

Kondisi seperti ini akan menyebabkan menstruasi menjadi terlambat, bahkan pada beberapa kasus tidak menstruasi sama sekali. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita yang mengidapnya. Selain menyebabkan sulit untuk datang bulan, PCOS juga menyebabkan munculnya gejala lainnya yaitu penambahan berat badan, jerawat dan lain sebagainya.

  1. Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid pada tubuh dari sistem endokrin berlokasi di leher bagian depan. Kelenjar ini akan menghasilkan hormon yang membantu tubuh untuk menjalankan tugasnya. Selain itu, hormon kelenjar tiroid juga dapat berperan penting dalam perkembangan organ, seperti otak, jantung, dan fungsi reproduksi normal.

Maka dari itu fungsi tiroid untuk memastikan sistem tubuh anda bekerja seperti yang sudah seharusnya. Jika anda mengalami gangguan kelenjar tiroid, maka akan berdampak pada siklus menstruasi rutin. Ciri ciri terlambat datang bulan yang sering muncul akibat gangguan tiroid yaitu tubuh merasa lelah, rambut rontok, dan sensitif terhadap suhu dingin atau panas.

Perubahan fisiologis tersebut terganggu karena beberapa penyebab dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi yang tidak normal. Kondisi tersebut membuat wanita mengalami terlambat datang bulan yang disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari obesitas, gangguan tiroid, Sindrom Ovarium Polikistik, stres yang berkepanjangan, hingga gangguan tiroid.