Jenis-Jenis Olahan Dari Singkong Ini Lezat Dan Yummy

0 Comments

 

 

Singkong, kita kenal sebagai umbi tumbuhan yang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Tak jarang ketika pergi ke pasar, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai makanan dari singkong yang lezat dijadikan camilan.

Bahkan beberapa di antaranya bisa anda praktekkan sendiri cara pembuatannya di rumah. Penasaran akan makanan apa saja yang terbuat dari singkong? Oleh karena itu, ikuti pembahasan kami di bawah ini, ya.

 

Jenis Olahan Dari Singkong Yang Lezat dan Yummy

Jika ditilik kembali, ternyata ada banyak sekali makanan dari singkong yang sangat lezat. Berikut ini diantaranya :

  1. Keripik singkong

Siapa sih, yang tidak mengetahui olahan dari singkong yang satu ini? Keripik singkong adalah olahan singkong yang sangat mudah ditemui di pasaran. Rasanya sangat crispy, dengan rasa asam atau manis dan pedas sesuai dengan topping yang digunakan. Rasa apa yang merupakan kesukaan anda?

  1. Singkong goreng

Singkong atau ketela goreng berbeda dengan keripik singkong. Singkong goreng biasanya bertekstur lebih tebal dan empuk. Biasanya olahan ini diberi bumbu seperti bubuk balado dan berbagai bumbu lain sesuai dengan keinginan. Cara membuatnya sangat mudah lho!

  1. Jemblem atau Misro

Bagi masyarakat Pulau Jawa, mungkin olahan singkong berupa jemblem atau Misro sangat mudah ditemui di pasaran. Olahan yang satu ini seringkali hadir sebagai pelengkap hidangan yang ada di berbagai acara tradisional seperti ngunduh manten. Bentuknya bundar dengan lelehan gula merah di bagian tengahnya.

  1. Lemet

Olahan lemet juga merupakan jajanan pasar yang terbuat dari singkong. Olahan yang satu ini biasanya dibungkus dengan daun pisang dan berisi gula merah serta parutan kelapa. Rasanya sangat lezat, terlebih jika disajikan hangat!

  1. Sawut

Olahan lain yang tidak kalah populer dan terbuat dari singkong sebagai bahan bakunya adalah sawut. Makanan yang dinamakan sawut merupkan singkong yang diparut kasar serta dicampur gula merah. Sebagai topping, biasanya sawut diberi taburan parutan kelapa.

  1. Gethuk

Olahan yang satu ini juga merupakan olahan yang terbuat dari singkong. Gethuk memiliki tekstur yang sagnat lembut dengan warna-warni yang cukup menarik hati. Gethuk biasanya diberi taburan parutan kelapa.

Itulah beberpaa olahan dari singkong yang lezat dan sangat layak anda jadikan santapan ketika berbuka puasa maupun berkumpul bersama keluarga. Manakah yang menjadi favorit anda?