Persyaratan Mendaftar Institut Pemerintahan Dalam Negeri Terbaru 2020

0 Comments

Kementerian Dalam Negeri memiliki lembaga pendidikan dibawah naungannya yaitu Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN. Tahun ini, Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN kembali membuka peluang dan kesempatan untuk segenap anak bangsa yang ingin meniti jenjang karir di bidang kementerian dalam negeri. Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN memiliki kampus utama di wilayah Jatinangor dan beberapa wilayah lain.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai sekolah kedinasan dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri tersebut mulai dari fakultas, cara mendaftar, dan syarat-syarat mendaftar di sekolah Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN.

Fakultas dan Jurusan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Terbaru 2020

Institut Pemerintahan Dalam Negeri memiliki dua fakultas dengan jumlah keseluruhan jurusan di dalamnya adalah 6 jurusan. Dua fakultas yang ada di Institut Pemerintahan Dalam Negeri tersebut antara lain adalah fakultas politik pemerintahan dan juga fakultas manajemen pemerintahan. Kedua fakultas tersebut bisa berlaku bagi yang mengambil program D4 maupun program S1.

Fakultas politik pemerintahan memiliki dua jurusan utama yang antara lain adalah jurusan Kebijakan Pembangunan Dan jurusan Pemberdayaan Masyarakat. Sementara itu, fakultas manajemen pemerintahan memiliki empat macam jurusan yang antara lain adalah jurusan Manajemen Sumber Daya Aparatur, jurusan Manajemen Sumber Daya Masyarakat, jurusan Manajemen Keuangan Daerah dan juga jurusan Manajemen Kependudukan dan Catatan Sipil.

Kamu bisa memilih untuk mengambil fakultas dan jurusan apa yang sesuai dengan keinginan kamu. Perlu kamu ketahui, untuk mendaftar di sekolah kedinasan Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini tidak dipungut biaya sama sekali. Sehingga kamu perlu hati-hati bilamana ada yang mengatasnamakan Institut Pemerintahan Dalam Negeri dan meminta uang pembayaran. Tak hanya gratis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini akan memberikan berbagai fasilitas pendidikan yang tak perlu kamu bayar.

Nanti setelah kamu diterima masuk di Institut Pemerintahan Dalam Negeri, maka kamu akan mendapatkan fasilitas pendidikan berupa asrama, uang makan, transportasi, dan beberapa yang lain. Adapun sistem seleksi yang dijalankan oleh Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini adalah sistem gugur. Nanti akan ada beberapa macam tes seleksi. Setiap pendaftar harus berhasil mengikuti tes seleksi tersebut untuk dapat mengikuti tahapan seleksi lebih lanjut.

Perlu kamu ketahui juga, Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini akan mewajibkan kamu untuk mengabdi di kementerian dalam negeri atau kemendagri setelah lulus. Karena memang tujuan dari adanya lembaga Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini adalah untuk mencetak aparatur sipil negara atau ASN di bidang kementerian dalam negeri. Sehingga di lembaga tersebut sudah ada orang yang benar-benar ahli dalam bidang masing-masing.

Persyaratan Mendaftar Institut Pemerintahan Dalam Negeri Terbaru 2020

Untuk mendaftar di sekolah kedinasan Institut Pemerintahan Dalam Negeri, ada berbagai macam syarat yang harus terpenuhi. Syarat tersebut dibagi menjadi dua macam yaitu syarat umum dan juga syarat khusus. Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap dan tuntas mengenai syarat-syarat mendaftar di Institut Pemerintahan Dalam Negeri tersebut.

Syarat Umum Pendaftaran Institut Pemerintahan Dalam Negeri

  1. Calon peserta didik yang mendaftar di Institut Pemerintahan Dalam Negeri adalah merupakan warga negara Indonesia, dibuktikan dengan memiliki kartu tanda penduduk atau KTP.
  2. Calon peserta didik telah berusia paling minimal 17 tahun dan usia paling maksimal untuk dapat mendaftar di Institut Pemerintahan Dalam Negeri adalah 21 tahun.
  3. Tinggi badan untuk peserta pendaftaran di Institut Pemerintahan Dalam Negeri bagi laki-laki adalah paling minimal 160 cm. Sedangkan bagi peserta pendaftaran berjenis kelamin perempuan memiliki batas tinggi badan minimal adalah 155 cm.

Syarat Khusus Pendaftaran Institut Pemerintahan Dalam Negeri

  1. Peserta pendaftaran merupakan lulusan pendidikan sma sederajat atau paket c dengan nilai rata-rata ujian nasional dan nilai hasil rapor adalah 70.
  2. Sedangkan untuk peserta didik yang berada di wilayah provinsi Papua dan Papua Barat memiliki nilai rata-rata ujian nasional dan nilai rapor paling minimal adalah 65.
  3. Peserta pendaftaran telah memiliki Ktp elektronik. Namun bagi yang belum sempat membuat ktp elektronik bisa menggunakan kartu keluarga untuk membuktikan bahwa usia peserta minimal 17 tahun.
  4. Peserta melampirkan surat keterangan telah mengikuti ujian nasional yang dibuat atau diterbitkan oleh kepala sekolah di SMA masing-masing.
  5. Bagi peserta didik yang berdomisili di provinsi Papua, harus melampirkan surat keterangan Orang Asli Papua dengan meminta kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten atau Kota di masing-masing domisili tempat tinggal. Bersamaan dengan surat tersebut juga harus diketahui oleh Majelis Rakyat Papua.
  6. Pendaftar memiliki alamat email yang aktif dan valid.
  7. Melampirkan pas foto versi terbaru.

Cara Mendaftar Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Peserta harus melakukan pendaftaran secara online melalui laman website resmi yakni https://dikdin.bkn.go.id/. Nanti peserta mendaftar menggunakan email aktif dan mengisi berbagai identitas yang dibutuhkan sampai dengan proses akhir mencetak kartu seleksi.

Nah itulah ulasan lengkap tentang cara mendaftar di Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Dan untuk dapat lolos seleksi masuk sekolah kedinasan Institut Pemerintahan Dalam Negeri,  kami sarankan kalian mulai sekarang mendaftar bimbel ipdn. Karena dengan mengikuti bimbingan belajar ini, kalian bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang cara lolos seleksi pendaftaran dengan mudah.